Jenis-Jenis Processor pada Smarphone



Jellykom - Jenis-Jenis Processor pada Smarphone | Processor atau juga bisa disebut dengan singkatan CPU (Central Processing Unit) merupakan bagian yang sangat sentral pada setiap komputer ataupun smartphone/device. Karena, pada bagian tersebutlah (processor)  semua data diproses dan dikendalikan, sehingga bisa pula kita sebut bahwa processor merupakan inti atau otak dari smarphone.

Ada banyak jenis processor yang telah diciptakan dan kini juga telah diintergasikan dengan smarphone-smarphone yang beredar dipasaran, dan hal ini terkadang juga membuat kita para konsumen menjadi bingung saat ingin membeli smarphone. Mulai dari mempertanyakan seperti apa kinerja dan performa yang diusung oleh processor yang tertanam, hingga menyesuiakan kebutuhan yang diperlukan.

Ada beberapa jenis processor smartphone yang dikeluarkan oleh beberapa perusahaan semikonduktor, diantaranya yaitu:


1. Exynos


Processor ini merupakan prosesor yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan raksasa asal Korea Selatan, yaitu Samsung Electronics. Dengan menggunakan basis System on a Chip (SoC), processor ini dibuat khusus untuk perangkat Smatphone, Tablet PC dan perangkat mobile lainnya. Processor Exynos memiliki banyak varian dan spesifikasi yang dimilikinya. Pada produksi pertamanya, perusahaan ini mengeluarkan jenis processor Exynos dengan diawali angka 3, yaitu Exynos 3 Single dengan Seri 3110 atau codename (Hummingbrid) dengan jumlah core atau inti single core (1 Inti) berarsitektur Cortex-A8 pada tahun 2010. 

Processor buatan Samsung Electronics yang terbaru yaitu Exynos 7 Octa dengan seri 7420 yang memiliki jumlah core atau inti Octa Core (8 Inti) dengan kombinasi arsitektur CPU 4-Core Cortex-A57 + 4-Core Cortex-A53 yang diproduksi pada Kuartal ke-2 tahun 2015.



MediaTek atau yang biasa disebut MTK Mi Tek-Tek merupakan salah satu processor produksi MediaTek Inc. asal Taiwan yang banyak diintegrasikan pada smartphone terkini, mulai dari Samsung, Xiaomi dan mobile device lainnya mengingat budget untuk memiliki processor ini yang murah namun kinerjanya yang tidak murahan.

Processor MediaTek pertama kali diluncurkan untuk mobile deveice atau smarphone pada tahun 2009 dengan tipe number  MT6235 yang memiliki desain ARM9 (ARM v5) dengan jumlah inti Single Core dan Clok Speed 218 MHz. Sampai saat ini, processor MediaTek telah mengeluarkan hingga puluhan seri processor yang memili performa semakin baik. 
Hinga pada Kuartal ke-4 tahun 2015, MediaTek merupakan produsen pertama didunia yang berhasil menciptakan processor dengan jumlah inti Deka Core (10 Inti) pada Chipnya. Jenis Processor ini diberinama Helio X20 dengan kombinasi chip  Dual-core ARM Cortex-A72 2 GHz quad-core ARM Cortex-A53 1.4 GHz quad-core ARM Cortex-A53.


3. Atom

Tak hanya memproduksi processor komputer, produsen raksasa dididang produsen semikonduktor, Intel juga mulai memproduksi chip processor untuk device mobile yang mereka namai dengan Atom (system on chip). Berbeda dengan produsen lainnya, processor buatan intel tidak menggunakan instruction set ARM, namun menggunakan Intel x86 untuk 32-bit dan Intel x64 untuk processor 64-bit setelah melakukan kerjasama dengan Google Inc. selaku pemilik Sistem Operasi Android pada 13 September 2011.

Atom Z2460 (codename Penwell) merupakan processor Atom seri pertama yang diproduksi Intel untuk smarphone dengan instruction set x86 dan menggunakan inti Single-core berkecepatan 1,6 GHz. Dan baru-baru ini Intel telah mengeluarkan 3 varian baru dari Intel Atom dengan codename "SoFIA", yaitu Atom X3 untuk smartphone kelas entry-level. Atom X5 dan X7 untuk smatphone ataupun tablet perangkat 2-in-1 dengan basis Android dan Windows.



Qualcomm merupakan salah satu produsen processor pertama yang menciptakan chip processor untuk mobile deveice. Selain itu, Snapdragon juga merupakan jenis processor yang memiliki banyak sekali varian yang digunakan pada berbagai merek smartphone. Sebagai senior produsen processor mobile device, Qualcomm tentunya mempunyai segudang kemampuan utuk membangun processor yang berkualitas.

Snapdragon S1 merupakan processor Qualcomm pertama yang diproduksi pada tahun 2007 dengan model MSM7225 dengan CPU ARMv6  berkecepatan 528 MHz. Snapdragon Series S memiliki 3 varian lainnya, yaitu S2-S4 yang menggunakan CPU ARMv6-ARMv7. 
Versi terbaru dari Snapdragon yang diproduksi sampai saat ini yaitu Snapdragon 820, dengan spesifikasi ARMv8-A dengan 8 inti (Octa-Core) berkecepatan 2,86 GHz.


5. Tegra

NVIDIA, perusahaan yang terkenal dengan Kartu Grafis (Graphic Card) pada perangkat komputer ini juga memproduksi processor untuk mobile device yang mereka beri nama Tegra. Processor ini dulunya merupakan processor yang pertama kali menggunakan teknologi Quad-core pada saat produsen yang lain masih sibuk memproduksi processor Dual-core. NVIDIA Tegra merupakan processor yang memiliki keunggulan terutama pada pengolahan grafis, sehingga visualisasi yang ditampilan saat bermain game sangat halus.

Processor NVIDIA Tegra yang yang terbaru adalah Tegra X1 dengan Model Number T210 dengan jumlah inti Octa Core (8 inti) gabungan dari Cortex-A57Cortex-A53.


Berhubung mata udah ngantuk, sekian dulu yang bisa saya share kepada sobat sekalian.
sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments

Mohon berkomentar menggunakan bahasa yang sopan ya sob EmoticonEmoticon