Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Mempercepat Animasi Transisi Android Agar Gesit

Jellykom - Mempercepat Animasi Transisi Android | Hallo sobat jellykom, kali ini saya akan membagikan sedikit trik yang yang saya dapat dari main ke blog Droidtuanku. Sebelum itu, sobat sudah tahu tentang efek Animasi Transisi kan? Bagi yang belum tahu, efek animasi transisi adalah gerakan yang terjadi pada tampilan ketika sobat mengganti, merubah ataupun menggeser menu pada saat masuk ataupun keluar aplikasi.

Baca juga : 5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Android Tanpa Root

Dengan mempercepat efek transisi animasi, otomatis nantinya android sobat akan terasa menjadi lebih responsif dari sebelumnya. Selain bisa membuat android sobat terasa gesit, cara ini juga bisa membuat baterai sobat menjadi lebih awet karena memepersingkat animasi yang tentunya juga membutuhkan energi. Dan yang paling penting, untuk melakukan trik ini sobat tidak perlu melakukan root. Sobat hanya perlu mengaktifkan fitur Developer Option/Opsi Pengembang yang sudah disediakan.


Untuk mencoba trik ini, silahkan sobat ikutin langkah-langkahnya dibawah ini

1. Buka Pengaturan, lalu pilih Opsi Pengembang (Developer Option) yang ada pada grup system.


Apabila sobat tidak menemukannya, berarti fitur tersebut belum sobat aktifkan atau masih tersembunyi. Untuk menampilkannya, ikutin triknya dibawah.


Asus Zenfone
Settings > About > Software Information > Build Number (Tekan Build Number 7x dengan cepat)

Samsung Galaxy
Setting > More > Software Information > About Device > Build Number (Tekan Build Number 7x)

Untuk gadget lain, meskipun tidak sama persis, tapi kurang lebih pengaturannya sama.


2. Jika sobat sudah masuk pada menu Developer Option, geser tombol ON pada pojok kanan atas untuk mengaktifkan fitur-fitur yang masih tidak aktif.


3. Cari menu yang ada pada gambar dibawah ini


4. Ubah nilai yang ada (default 1x), kemudian ubah nilainya menjadi 0.5x.



Dengan mempercepat waktu transisi animasi, maka efeknya akan membuat android sobat menjadi terasa cepat dan gesit saat masuk menu ataupu transisi lainnya sob. Buat cepet gak harus ribet kan.

Ok, mungkin ini dulu yang bisa saya share pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar