Hasil Pengumuman Hasil Kelulusan UN SMA/SMK/SMP/MTS 2016



Pengumuman UN atau Ujian Nasional untuk SMA/SMK/MA/SMP/MTS saat ini dapat dicek dengan cara offline ataupun online. Pada saat ini kita akan membahas tentang pengumuman ujian kelulusan tahun 2016 yang tentunya telah sobat tunggu-tunggu karena ada jutaan siswa/peserta ujian yang mengikutinya.

Untuk pengumuman kelulusan tahun ini memang terdapat sedikit perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pengumuman UN kali ini hanya sebagai pelengkap dikarenakan kebijakan kelulusan tergantung pada sekolah sobat masing-masing. Tidak seperti tahun sebelumnya yang pengumuman ini menjadis sebuah kabar yang menakutkan bagi sobat karena nasib sekolah selama 3 tahun hanya ditentukan dalam waktu 3 hari saja.

Saat ini ada beberapa ketentuan kelulusan dimana penilaian memiliki beberapa kategori, yaitu sangat baik, baik, cukup , dan kurang. Untuk saat ini, tidak ada lagi ketentuan nilai kelulusans secara pasti, bahkan dengan nilai 0 sekalipun sudah bisa lulus tanpa perlu lagi mengerjakan dengan cara mencontek maupun mencari kunci jawanan karena nilai UN tidak sepenuhnya berasal dari Ujian Nasional saja. Pertimbangan lain dari nilai rapor dan US kini sangat mempengaruhi hasil. Jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan tahun 2011 dimana ketentuan dari kelulusan siswa hanya bergantung pada UN. Jadi tidak heran jika banyak yang akan menghalalkan segala cara untuk dapat lulus UN.

Pengumuman hasil UN akan dilaksanakan pada 07 mei 2016 pukul 00.00, jadi sobat bisa langsung mengaksesnya langsung dari poin 1-3 terlebih dahulu karena informasinya akan lebih cepat diumumkan melalui poin tersebut, baru diteruskan ke sekolah.

Sekarang ini sistem pendidikan negara kita sudah semakin baik, tanpa perlu lagi membuat ketentuan yang dapat mengorbankan siswa/siswinya yang tidak lulus. Pengumuman kelulusan UN untuk SMP/MTS/SMA/SMK/MA sekarang ini dapat diakses melalui sistus resmi kementrian pendidikan secara onine ataupun juga dapat langsung mengecek di kantor dinas pendidikan setempat di kota sobat, ataupun dari sekolah.

Untuk tata cara mengecek hasil pengumuman ujian nasional sobat dapat menyimaknya dibawah ini.

1. Cek online melalui Kemdikbud

Saat ini cara online merupakan cara yang paling populer karena hampir semua pelajar dapat melakukannya melalui internet. Selain paling mudah, cara ini juga yang paling cepat. sobat hanya perlu melakukan pengecekan melalui situs http://un.kemdikbud.go.id/, http://kemdikbud.go.id atau juga http://litbang.kemdikbud.go.id. Disana sobat dapat melihat panel pengumuman hasil UN, kemudian tinggal memasukan beberapa ketentuan untuk mengecek hasilnya menggunakan NISN, Asal Sekolah dan Wilayah beserta tahun ajaran dan ketentuan lain yang diminta.


2. Cek Pengumuman melalui SIAP PPBD

SIAP PPBD adalah situs yang digunakan untuk semua aktivitas pendaftaran hingga pengumuman kelulusan UN. Namun tidak semua sekolah dan kabupaten tergabung dalam SIAP PPBD. Jadi, buat sobat yang wilayah atau sekolahnya masuk menjadi perserta SIAP PPBD dapat mengakses pengumuman melalui situs https://siap-ppdb.com. Ingat, tidak semua wilayah masuk dalam situs ini.


3. Cek Pengumuman melalui Dinas Setempat

Apabila kebetulan tempat tinggal atau kosan sobat dekat dengan kantor DInas Pendidikan, sobat juga dapat mengecek daftar kelulusan secara langsung dengan cara mendatanginya. Biasanya akan ada papan pengumuman dari daftar peserta ujian yang lulus dan tinggal lihat saja nama sobat disana.


4. Cek Pengumuman UN melalui Sekolah

Untuk sobat yang males ribet, mungkin menunggu pengumuman lansung dari sekolahan adalah pilihan yang paling tepat. Biasanya siswa akan dikumpulkan dihalaman dan kemudian pihak sekolah akan mengumumkannya secara langsung atau memberikan surat keterangan bahwa sobat telah lulus.


Untuk sobat yang lulus dengan hasil sesuai apa yg diharapkan, selamat.. tapi disini saya tidak menyarankan untuk mencoret-coret baju, sebaiknya baju sobat disumbangkan saja atau diberikan kepadak adik sobat. Bagi yang kurang beruntung, jangan berkecil hati karena sobat bisa mengikuti ujian susulun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mohon berkomentar menggunakan bahasa yang sopan ya sob EmoticonEmoticon