Cara Membuat Powerbank Rakitan (Batre Laptop Bekas/18650) UPDATE!



Jellykom - Cara Membuat Powerbank Rakitan (Batre Laptop Bekas/18650) | Hallo sobat jellykom, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Power Bank atau yang biasa kita singkat dengan PB kan? Sebuah perangkat yang biasa kita gunakan untuk mencharge device mulai dari Gadget, MP3 Portable dan device lainnya.



Sekarang ini banyak sekali beredar berbagai jenis dan model power bank yang ada dipasaran, mulai dari yang berkapasitas 2500 mAH sampai yang berukuran jumbo, 40000 mAH yang bisa digunakan untuk mencharge Laptop. Harga yang ditawarkan pun juga bervariasi, mulai dari puluhan, ratusan atau bahkan jutaan rupiah.

Mengingat permintaan konsumen akan powerbank terus bertambah, kini banyak pula beredar powerbank palsu alias KW, yang ternyata sangat laris. Biasanya modus yang digunakan adalah memasang label kapasitas (mAH) yang besar dengan harga sangat murah. Namun, soal kualitas, harga gak bisa bohong. Powerbank KW berkapasitas 25000 mAH nyatanya cuman bisa buat 2x charge gadget berkapasitas 1500 mAH. So, daripada beli powerbank yang tidak jelas, gak ada salahnya kalo kita bikin sendiri.

Untuk membuat powerbank rakitan, siapkan dulu bahan-bahan dibawah ini


Bahan:


1. 1 Atau Lebih Batre tipe 18650 / Cell Batre Laptop Bekas/ Batre Baru


2. Modul Input (Untuk mencharge batre 18650)


3. Modul Output (Untuk mencharge gadget)


4. Saklar

5. Kabel

6. Tenol (Timah)


Alat:

1. Pisau

2. Gunting

3. Solder

4. Isolasi

Untuk merangkainya, silahkan sobat ikutin rangkaian dibawah ini:

Rangkaian 2 Batre


Rangkaian 4 Batre


Contoh powerbank yang saya rakit menggunakan casing bekas wadah modem, silahkan berimproviasasi untuk membuat casingnya


UPDATE!

Karena saat ini ada inovasi baru pada modul powerbank, maka saya juga akan mengapdet postingan ini. Dengan adanya modul 2 in 1 (Step UP dan Charge) maka akan semakin memperkecil biaya pembuatan sekaligus meringkas skema elektronik perakitan pb.

Pada modul ini, kita hanya memerlukan 1 buah karena sudah merupakan kombinasi dari 2 modul. untuk gambarnya, lihat gambar.



(Modul 2 in 1 dengan 2 output caas)


(Modul 2 in 1 dengan 1 output cas)

Untuk merakitnya, hampir sama seperti cara yang ada diatas, akan tetapi menjadi lebih ringkas dan mudah. Silahkan sobat ikutin dibawah..

UPDATE 2!

Buat sobat yang males, gak punya solder dll ataupun kurang paham dengan elktronika, mungkin agan bisa coba beli modul powerbank + casing. Jadi, sobat hanya perlu memasangkan baterai pada slot yang tersedia.



(Modul + Casing)

Selamat Berkreasi..

Artikel Menarik Lainnya: