Bahaya Menghubungkan Aktif Speaker/Salon ke HP Terlengkap

Jellykom.com - Bahaya Menghubungkan Aktif Speaker/Salon ke HP Terlengkap | Mendengar musik di smartphone adalah hal yang sering kita lakukan, entah itu didengerin secara langsung lewat speaker, ataupun menggunakan headset melalui jack audio 3.5 mm yang telah disediakan pada smartphone.

Baca juga : Cara Mencari Judul Lagu dengan Mudah

Sobat, pernahkah sobat memperhatikan colokan pada jack audio gadget sobat? Ternyata lubang jack audio pada gadget sobat tidak bisa asal colok lho.. Ada 3 jenis colokan pada jack audio 3.5 mm yang pasangan antara lubang (female) dan tipe colokan (male) jack audio harus sama.

Nah, untuk itu sobat harus tahu perbedaan dari ketiga tipe jack audio 3.5 mm yang ada dibawah ini ya sob. Jangan asal colok-colok hehe..

1. Tipe Tip-Ring-Ring-Sleeve (TRRS)



Tipe ini adalah tipe jack audio standar yang digunakan pada pabrikan smartphone sob. Terdiri dari 4 bagian yang mendukung untuk mendengar audio stereo dan microphone. Untuk fungsi tiap bagiannya yaitu, bagian Tip untuk headphone kiri, Ring yang atas untuk headphone kanan, Ring yang bawah untuk ground, dan bagian Sleeve untuk mic.

Baca juga : 5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Android Tanpa Root

Sedangkan untuk tata letak antar bagian tip, ring, atau slave biasanya tidak sama antar pabrikan sob. Jadi, ada kalanya headset merk A kadang tidak bunyi atau mic tidak berfungsi bila dipasang pada smartphone tipe B.

Jadi sebelum beli headset, sebaiknya sobat periksa dulu apakah headset tersebut suport dengan gadget sobat. Kalau perlu test langsung ditempat biar lebih puas.

2. Tipe Tip-Ring-Sleve (TRS)


Jenis jack audio yang satu ini memiliki 3 bagian sob, dan fungsi dari jack audio tipe ini adalah untuk memutar musik tipe stereo tanpa ada mic. Jadi hanya sekedar untuk mendengar musik doang.

Untuk fungsi perbagian yaitu, bagian Tip untuk headphone kiri, bagian Ring untuk headphone kanan, dan bagian Sleeve untuk ground. Jack audio tipe ini tidak suport mic sob, dan umumnya juga tidak didesiain untuk smartphone, tetapi untuk aktif speaker dan pc/laptop.

3. Tipe Tip-Sleeve (TS)


Tipe jack audio yg terahir yaitu tipe TS. Tipe ini mungkin sudah jarang digunakan karena rata-rata audio player sudah beralih ke audio stereo. Untuk fungsi perbagian, bagian Tip untuk headphone dan bagian sleeve untuk ground.

Tipe ini bisa sobat temukan di perangkat jadul jaman si mbah mungkin hehe..

Setelah sobat tahu dan paham tentang tipe jack audio yang sudah admin jelaska diatas, kita bahas ke topik selanjutnya.

Bahaya menyambungkan HP dengan aktif speaker/salon!

Mungkin ada sebagian dari sobat yang pernah atau suka menggunakan aktif speaker/salon untuk memutar musik di hp sobat. Ya, memutar musik di aktif speaker/salon pake hp emang mantap sob, selain lebih kenceng suaranya, bassnya juga keluar.

Tapi, sebaiknya mulai sekarang hentikan memutar musik di hp dengan menghubungkan ke aktif speker/salon menggunakan colokan headset atau jack audio! Bahaya sob! Admin jamin, cepat atau lambat hp atau smartphone sobat bakalan rusak!

Kerusakan yang umum terjadi karna menghubungkan hp melalui jack audio ke aktif speaker/salon yaitu:

1. Bootloop
Percaya gak percaya ada teman admin yang mengalami hal ini setelah colokin hp ke aktif speaker/salon. Meskipun hanya beberapa kasus, tapi hal ini masih bisa terjadi.

2. Ic Audio jebol
Nah, yang ini pernah admin alami sendiri. Gejala awal kerusakan ini biasanya saat sobat menggunakan headset, mic tidak bisa digunakan, kemudian suara yang aktif hanya sebelah. Dan akhirnya audio mati total, dicolokin headset atau dicolokin ke aktif speaker tidak keluar suara sama sekali.

3. Mati total/matot
Ini yang paling parah sob. HP atau smartphone sobat mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi. Kerusakan ini bisa terjadi karena ada arus balik dari aktif speaker yang berlebihan sob

Kenapa tidak dianjurkan menghubungkan hp ke aktif speaker/salon menggunakan colokan headset atau jack audio?

1. Bisa korslet
Tipe jack audio pada hp atau smartphone berbeda dengan jack audio pada aktif speaker/salon. Smartphone menggunakan jack audio tipe TRRS sedangkan aktif speaker menggunakan TRS.

2. Arus listrik bocor
Aktif speker/salon yang sobat gunakan sebenarnya mengeluarkan arus listrik di kabel jack audio. Jika arus listrik tersebut besar, maka dapat dipastikan hp sobat bakalan rusak.

Solusi menghubungkan hp ke aktif speaker/salon yang aman

Untuk cari amannya, sebaiknya sobat menghubungkan hp ke aktif speaker menggunakan bluetooth. Sobat bisa menggunakan perangkat tambahan bluetooth receiver jika aktif speker sobat belum ada bluetootnya. Harganya juga gak bikil kantong jebol kok sob, cuman sekitar 20rb-an .


Kelebihan menghubungkan hp ke aktif speaker dengan bluetooth yaitu:
1. Gak butuh kabel
2. Jangkauan lebih jauh (10-30m)
3. Lebih modern
4. Lebih aman tentunya

Nah, gimana sob sudah paham kan dengan apa yang admin jelaskan seputar jack audio dan juga bahanya menghubungkan aktif speaker ke hp diatas. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan sobat tanyakan di kolom diskusi dibawah ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya

Artikel Menarik Lainnya: