Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Hapus Adware dan Iklan Pop-up pada Windows 10 (Panduan Lengkap)

Jika sobat sering melihat iklan pop-up yang tiba-tiba muncul secara konstan, iklan yang tidak diinginkan atau pengalihan halaman pada Windows 10 yang sangat menjengkelkan, maka komputer sobat mungkin terinfeksi oleh adware.

Iklan yang tidak diinginkan ini biasanya disebabkan oleh program yang memang mengandung iklan, yang dihubungkan pada akun monetisasi (adsense) selama proses instalasi. Program jahat biasanya ditambahkan ketika sobat menginstal perangkat lunak lain yang free (perekaman video / streaming, download-manager (biasa ini sering kedownload) atau PDF converter) yang telah dibundel selama proses instalasi dan tidak sobat sadari

Ketika program adware diinstal pada komputer sobat, sobat akan melihat iklan pop-up yang berbeda ketika menggunakan web browser entah itu Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge atau Internet Explorer. Dan gejala biasanya:
  • Banner iklan yang disusupkan dengan halaman web yang sobat kunjungi.
  • Teks acak pada halaman web yang berubah menjadi hyperlink.
  • Browser popup muncul yang merekomendasikan update palsu.
  • Program adware yang mungkin akan diinstal tanpa sepengetahuan sobat.
Selain menampilkan iklan dan mengumpulkan data, adware pada Windows 10 umumnya tidak membuat kehadirannya dikenali karna tidak  ada info dari program di system tray dan tidak ada indikasi dalam menu program sobat bahwa file telah diinstal pada PC sobat. Adware dapat memperlambat PC sobat dan menghambat koneksi Internet sobat dengan men-download iklan yang tidak jelas.

Cara Hapus Adware dan Iklan Pop-up pada Windows 10 (Panduan Lengkap)


LANGKAH 1: Uninstall program berbahaya pada Windows 10

Pada langkah ini kita akan mencoba untuk mengidentifikasi dan menghapus program jahat yang mungkin terinstall pada komputer sobat yang mungkin tidak sobat sadari.

1. Buka menu uninstall program.
Untuk menghapus program pada Windows 10 atau Windows 8, silahkan klik kanan pada tombol Start Windows dan pilih Control Panel pada menu pop-up.


2. Pada menu  Control Panel lalu klik  Uninstall program yang ada dibawah kategori Program.


3. Pada menu  Programs and Features, akan muncul daftar program yang terinstal dan hapuslah program yang terindikasi sebagai adware.


Contoh daftar aplikasi adware: Dns Unlocker, Cinema Plus, Price Minus, SalesPlus, New Player, MediaVideosPlayers, Browsers_Apps_Pro, PriceLEess, Pic Enhance, Sm23mS, Salus, Network System Driver, SS8, Save Daily Deals, Word Proser, Desktop Temperature Monitor, CloudScout Parental Control, Savefier, Savepass, HostSecurePlugin, CheckMeUp and HD-V2.2., DLL.
Malware mungkin memiliki nama yang berbeda pada komputer sobat. Untuk itu, coba lihat program yang paling terinstal dan 'mungkin' merupakan adware. Sobat dapat klik pada pada kolom Installed On untuk mengurutkan program sobat berdasar tanggal penginstalan
Jika sobat tidak dapat menemukan program yang 'mungkin' merupakan adware di komputer sobat, sobat dapat melanjutkan dengan langkah berikutnya
Jika sobat mengalami masalah ketika mencoba untuk meng-uninstall program, sobat dapat menggunakan Revo Uninstaller untuk menghapus program yang 'mungkin' merupakan adware  dari PC sobat.

LANGKAH 2: Gunakan AdwCleaner untuk menghapus adware di Windows 10

Malwarebytes AdwCleaner adalah aplikasi gratis dapat meng-scan Windows 10 untuk memberantas program adware yang mungkin telah terinstall tanpa sepengetahuan sobat.

1. Download Malwarebytes AdwCleaner dari link di bawah.
Download Malwarebytes Gratis

2. Jika Malwarebytes AdwCleaner selesai sobat download dan install. Jika ada pesan notigikasi User Account Control, silakan klik Yes untuk melanjutkan.


3. Ketika aplikasi Malwarebytes AdwCleaner telah terbuka, klik pada tombol Scan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


4. Untuk menghapus file berbahaya yang terdeteksi pada langkah sebelumnya, silakan klik tombol Clean. Kemudian reboot PC sobat

Baca juga:

LANGKAH 3: Scan Malware pada Windows 10 dengan Malwarebytes

Malwarebytes Anti-Malware adalah aplikasi scanner on-demand yang dapat menghapus malware dari komputer sobat tanpa ada konflik dengan aplikasi Antivirus sobat yang lain

1. Download Download Malwarebytes Anti-Malware pada link di bawah.
Download Malwarebytes Anti-Malware 
kemudian install seperti saat menginstall AdwCleaner sebelumnya.

2. Setelah terinstal, Malwarebytes secara otomatis akan memulai dan memperbarui database antivirus yang ada jika sobat sedang terhubung dengan internet. Untuk memulai meng-scan sobat dapat mengklik tombol Scan Now. Tunggu sampai proses selesai


3. Setelah proses scan selesai, aplikasi ini akan menampilkan infeksi malware yang terdeteksi. Untuk menghapus malware yang terdeteksi, silahkan klik pada tombol Quarantine Selected. Lalu reboot PC sobat


Jika masih belum yakin komputer sobat terbebas dari adware dan malware yang tidak terbantai pada proses sebelumnya, silahkan lakukan double-cek dengan mendownload lalu meng-scan ulang dengan aplikasi HitmanPro


LANGKAH 4: Scan menggunakan Zemana antimalware Portable untuk menghapus browser hijackers

Zemana antimalware Portable adalah aplikasi gratisan yang dapat meng-scan Windows 10 untuk menghapus browser hijackers dan program berbahaya lainnya.
Langkah ini harus dilakukan hanya jika masalah sobat belum diselesaikan dengan langkah-langkah sebelumnya

1. Download Zemana antimalware Portabel dari link di bawah:
Download Zemana antimalware Portabel

2. Karna ini program portable, maka sobat dapat langsung membukanya tanpa proses instalasi. Setelah program terbuka, silakan klik tombol Scan


Ketika Zemana telah selesai meng-scan maka akan menampilkan setiap malware yang telah terdeteksi. Untuk menghapus semua file berbahaya, klik pada tombol Next dan lanjutkan proses yang ada.


(OPTIONAL) STEP 5: Reset Pengaturan Browser

Jika sobat masih mengalami masalah dengan iklan pop-up di Internet Explorer, Firefox atau Chrome, sobat perlu untuk mereset browser ke pengaturan default.
Langkah ini harus dilakukan hanya jika masalah sobat belum diselesaikan dengan langkah-langkah sebelumnya

CARA RESET BROWSER GOOGLE CHROME
1. Klik pada tombol menu pada Chrome, ditsobati oleh tiga garis horizontal dipjok kanan atas, lalu pilih Settings.


2. Lalu, gulir ke bawah halaman dan klik pada Show advanced settings


3. Gulir ke bawah sampai ketemu lalu klik Reset browser


4. Setelah muncul notifikasi, lalu klik Reset Browser


CARA RESET BROWSER MOZILLA FIREFOX
1. Di sudut kanan atas jendela Firefox, klik tombol menu Firefox kemudian klik pada tombol Bantuan dengan ikon ?


2. Lalu pilih Troubleshooting Information


3. Klik tombol “ Refresh Firefox ” di sudut kanan atas


4. Untuk melanjutkan, setelah muncul notifikasi klik pada Refresh Firefox

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar