Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Mudah Kalibrasi Layar Sentuh (Touchscreen) Android Yang Tidak Akurat

Pernahkah sobat merasa bahwa layar sentuh Android sobat tidak bereaksi dengan benar ketika sobat menyentuhnya? Jika sobat mengalami hal demikian, mungkin sudah waktunya bagi sobat untuk mempelajari cara melakukan kalibrasi layar sentuh di Android sobat.

Arti dari kalibrasi sendiri yaitu proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan suatu standar tertentu. Dalam hal ini yaitu membandingkan keakuratan titik-titik touchscreen yang dibaca sistem (software) dengan keadaan alat fisiknya (hardware) haruslah sama atau singkron.


Cara Mengkalibrasi Layar Sentuh Android

ANDROID VERSI 4.0 DAN SEBELUMNYA

Bafi sobat pengguna android versi lama atau jadul yaitu Android pertama hingga Android 4.0 Ice Cream Sandwich biasanya sudah memiliki opsi bawaan untuk mengkalibrasi sendiri.

Tergantung pada perangkat dan versi Android, lokasi pengaturan ini dapat bervariasi, namin sebagian besar dapat ditemukan dengan masuk ke Menu > Settings > Language & keyboard > Touch Input > Text Input . Di bawah Finger touch precision, tekan salah satu Calibration tool atau Reset calibration .

ANDROID VERSI 5.0 DAN YANG LEBIH BARU

Smartphone Android mulai dari lolipop dan versi terbaru  sudah tidak memiliki tools kalibrasi bawaan lagi. Namun, ada cara lain untuk mencapai tujuan yang sama. Salah caranya adalah dengan melakukan factory reset atau reset kepengaturan pabrik, yang berarti mengembalikan android sobat ke pengaturan default dan menghapus semua data dan aplikasi di dalamnya.

Pilihan lain yang lebih rama yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi tersebut adalah Touchscreen Calibration, yang memungkinkan sobat untuk mengkalibrasi layar saat dibutuhkan atau saat touchscreen sudah mulai tidak akurat. Aplikasi ini gratis dan dapat sobat download langsung melalui Google Play Store.

Cara Kalibrasi Layar Sentuh (Touchscreen) dengan Touchscreen Calibration

1. Silahkan sobat download dan install Touchscreen Calibration terlebih dahulu kemudian buka aplikasinya.

2. Tekan tombol Calibrate untuk mulai mengkalibrasi layar sentuh sobat.


3. Ikuti instruksi di aplikasi sampai sobat lulus semua tes mulai dari sentuhan biasa hingga pinch (cubit)


4. Setelah semua tes selesai, sobat akan menerima pemberitahuan yang menunjukkan kalibrasi telah selesai dilakukan. Pilih OK .


5. Restart ponsel sobat untuk melihat hasilnya. Namun jika dirasa belum pas, sobat dapat mengulangi langkah-langkah diatas.

Itulah cara mudah mengkalibrasi layar sentuh (Touchscreen) pada ponsel android. Dengan trik tersebut sobat akan dapat merasakan touchscreen sobat menjadi lebih akurat dalam menangkap tiap senduhan jari sobat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar