Awas Baterai Meledak! Pantau Suhu Baterai Androidmu!



Jellykom - Awas Baterai Meledak! Pantau Suhu Baterai Android | Pernah mendengar berita tentang baterai gadget/smarphone meledak? Sangat menakutkan bukan, bila gadget Android yang sedang sobat kantongi atau saat sedang digunakan tiba-tiba meledak.

Memang cukup sedikit yang pernah mengalami musibah atau kecelakaan yang disebabkan karena baterai ponsel yang meledak dan menyebabkan luka bakar yang cukup serius. Dan tentunya kita semua tidak mau mengalaminya bukan. Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai pada ponsel mengalami overheat (kelebihan panas) dan akhirnya meledak.


1. Baterai cacat produksi

Cacat produksi bisa saja terjadi pada baterai yang terpasang pada gadget sobat. Namun, untuk produk yang berasal dari produsen ternama, mungkin peluang baterai meledak cukuplah kecil. Mengingat qulity control yang tinggi, maka tingkat cacat produk sekitar 1:10.000.000. Selain adanya quality control, baterai dari produsen bagus biasanya juga menanamkan sirkuit pengaman elektronik, yang dapat mencegah korslet dan panas.
Jadi, untuk sobat yang memiliki baterai yang sering drop dan berniat menggantinya dengan yang baru, sebaiknya ganti dengan baterai yang berkualitas/original. Sesuaikan juga spesifikasi baterai dengan gadget sobat. Jangan pernah tergiur dengan iming-iming harga baterai KW yang murah namun kualitasnya masih diragukan.


2. Mengoperasikan Gadget Saat Sedang Dicharge

Pada point 2 ini, saya yakin sobat pernah atau bahkan sering melakukannya, entah itu untuk sekedar browsing, main game ataupun saat sedang menelfon. Kebiasaan buruk yang satu ini sebaiknya harus segera sobat hilangkan. Pasalanya saat gadget sedang dicas, maka panas yang ditimbulkan akan lebih tinggi bila sedang tidak dioperasikan karena adanya proses arus dua arah, yaitu arus keluar untuk daya gadget dan arus masuk dari charge ke baterai.
Terlebih lagi, jika sobat menggunakannya untuk proses yang cukup berat seperti bermain game. Namun, bila dibandingkan bermain game sambil dicas, menelfon sambil mencas gadget jauh lebih berbahaya lagi, karena bila sampai baterai meledak, posisinya sangat dekat dengan kepala atau wajah sobat. So, mulai dari sekarang jangan menggunakan gadget saat sedang dioperasikan ya..


3. Menaruh Ditempat yang Tidak Tepat

Mungkin ada sebagian orang yang merasa lebih nyaman bila meletakan gadget dibawah bantal, entah itu karena merasa lebih aman atau memang sudah menjadi kebiasaan. Satu hal yang perlu sobat ketahui, saat gadget diletakan dibawah benda lain, entah itu bantal, guling, ataupun selimut, maka secara otomatis hal itu akan membuat gadget sobat bekerja lebih keras untuk menangkap sinyal karena antenanya terhalang sama benda lain. Jadi, hal ini juga cukup berpotensi bisa bikin baterai overheat.

Untuk menanggulangi hal-hal diatas, maka disini saya akan mengshare sebuah aplikasi monitoring baterai untuk gadget Andrid. Apps ini nantinya akan muncul di status bar, sehingga sobat bisa terus memantau suhu baterai secara intertaktif. Selain itu, apabila suhu baterai sudah cukup panas, nantinya akan muncul notivikasi. So, silahkan download di Google Playstore, Gratis kok. kalo berminat, silahakn klik link dibawah:

Temperature Guard Free via Playstore
Temperature Guard Free via Evozi



Tested On: Zenfone 4 with OS Kitkat (4.4.2)

Sekian dulu yang bisa saya share kepada sobat sekalian, semoga bisa membantu...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Thursday, September 14, 2017 at 2:40:00 PM GMT+7 delete

wah bahaya juga kalau bisa sampai meledak smartphonennya, makasih min sudah share infonya ini...
tempat thinner

Reply
avatar

Mohon berkomentar menggunakan bahasa yang sopan ya sob EmoticonEmoticon