Cara Flash Asus Zenfone 4 untuk Mengatasi Bootloop

Jellykom - Cara Flash Asus Zenfone 4 | Ini merupakan pengalaman admin saat si zenie ngambek dan nggak masuk ke menu Android. HH hanya mentok pada logo Asus kemudian restart dan kembali ke logo Asus tanpa mau masuk ke menu android seperti biasanya. Proses gadget restart berulang-ulang pada logo asus ini biasa disebut dengan Bootloop. Untuk yang baru mengalaminya, pasti langsung galau setengah mati. Tapi tenang sob disini saya akan sedikit menjelaskan tentang cara mengatasinya, yaitu dengan melakukan flashing.

Baca juga : Bahaya Menghubungkan Aktif Speaker/Salon ke HP Terlengkap

Bagi sobat yang belum tau tentang flash/flashing, akan mimin jelasin dikit. Flashing atau yang bisa juga disebut Install Ulang Android merupakan sebuah tehnik dalam proses install ulang OS pada gadget android yang fungsinya untuk memperbaiki atau memperbaharui software bawaan yang mengalami kerusakan ataupun kegagalan sistem.

Ada banyak penyebab android mengalami bootloop, diantaranya yaitu:

1. Melakukan mod atau modifikasi sistem android

2. Rooting yang gagal

3. Gagal melakukan upgrade/downgrade dll

Untuk melakukan flashing, ikuti langkah- langkah dibawah ini:

1. Download Stock Firmware Zenfone4 sobat yang sudah mimin sediain dibawah ini:
Firmware JellyBean SKU WW v4.3.11 (700MB - Mediafire)
Firmware Kitkat ww v6.5.27 (830 - Mediafire)

Untuk yang versi jellybean, setelah selesai download ubah namanya menjadi A400CG_all_WW_user_V4.3.11.raw

2. Letakan firmware (berformat .RAW) yang telah selesai didownload kedalam memori exterenal (MICRO SD). Usahakan gunakan microSD yang kosong/format dahulu agar tidak mempersulit sobat nantinya.

3. Kemudian Matikan gadget sobat, lalu masuk ke Mode DroidBoot/FastBoot Dengan Cara menekan Vol up + Power (tahan terus sampai muncul robot ijo pake helem kuning)

4. Setelah masuk menu droidboot, pilih Factory Reset

5. Kemudian Pilihlah SD Download, lalu cari stock firmware. setelah itu flahsing akan berjalan otomatis

Kalau sobat kurang paham, silahkan tonton video dibawah ini


KETERANGAN TAMBAHAN!

Untuk kasus tertantu, terkadang setelah proses flash selesai, namun hanya mentok pada logo Asus Incridible (lebih dari 30M). Matikan HH kemudian masuk Droidboot lalu pilih Factory Reset.

Semoga trik ini bisa membatu sobat sekalian. Bila ada yang kurang paham silahkan tanyain ke admin, insyaallah akan langsung mimin bales.


Artikel Menarik Lainnya: