Mengatasi Baterai Cepat Habis Pada Android Beserta Penyebabnya

Jellykom - Tips Mengatasi Baterai Cepat Habis Pada Android (Penyebab dan Solusi) | Baterai adalah salah satu titik vital bagi semua gadget elektronik. Karna tanpa baterai, gadget sobat tidak akan dapat dioperasikan. Nah, ngomongin masalah baterai. Apakah sobat saat ini mengalami gadget android yang baterainya cepat habis dan boros? Jika iya, berarti kita sama sob.

Masalah borosnya baterai pada gadget biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal sob, bisa karena kebiasaan si pemakai saat mengoperasikan gadget, bisa juga dari perangkat lunak yang ada pada gadget android sobat yang memakan banyak daya.

Baca juga : 5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Android Tanpa Root

Untuk lebih jelasnya, disini admin akan menjelaskan beberapa point hal yang bisa menyebabkan gadget sobat cepat habis baterainya alias boros dan juga solusinya:

Mengatasi Baterai Cepat Habis Pada Android Beserta Penyebabnya


1. Pencahayaan layar (brightness)
Layar pada gadget adalah bagian yang paling banyak memakan daya baterai. Semakin cerah pencahayaan pada layar gadget sobat, maka daya baterai juga akan semakin cepat terkuras. Jadi, jangan mengatur pencahayaan terlalu terang sob. Atur seredup mungkin sekitar 30-40%, tapi usahakan tetap nyaman bagi mata.

Oh iya, atur juga screen timeout pada layar gadget sobat agar tidak terlalu lama aktif.


2. Aplikasi yang berjalan
Aplikasi yang sobat buka meskipun sobat sudah beralih ke aplikasi yang lainnya sebenarnya aplikasi yang lama masih tetap berjalan dibelakang (background). Nah dengan begitu, tanpa sobat ketahui daya baterai sobat masih tetap terkuras. Untuk itu, matikan aplikasi yang sudah tidak sobat gunakan.


3. Matikan fitur yang tidak terpakaiJadikan kebiasaan ya sob, setelah sobat mengaktifkan WiFi, GPS, Bluetooth, NFC dll, matikan kembali bila sobat selesai menggunakannya. Meskipun pada saat tidak saling terhubung, fitur tersebut masih tetap memakan daya baterai.


4. Wallpaper dan Widget
Agar tidak boros baterai, usahakan sobat tidak menggunakan walpaper berbentuk flash/bergerak. Gunakan wallpaper berbentuk gambar saja sob. Selain itu, jangan terlalu banyak memasang widget pada tampilan layar juga. Cukup gunakan widget jam saja.


5. Konektivitas Jaringan Internet
Sinyal yang buruk dapat membuat gadget sobat bekerja lebih keras dalam menangkap sinyal. Buntutnya gadget jadi lebih cepat panas dan baterai jadi cepat habis. Sesuiakan atau tentukan pengaturan jaringan sobat ke yang paling baik sinyalnya. Bila sinyal 4G buruk, maka sobat dapat mengaturnya ke jaringan 3G atau sebaliknya. Jika sobat ingin baterai awet, ubah kejaringan 2G.


6. Lakukan Reboot
Setelah cukup lama aktif, terkadang ada beberapa aplikasi yang mengalami beberapa masalah kecil yang mungkin tidak sobat sadari. Untuk itu, lakukan reboot jika sobat merasa gadget terasa kurang responsif performanya.


7. Jangan gunakan gadget saat sedang di charge
Mengoperasikan gadget saat sedang di charge dapat memperpendek usia baterai sob. Jadi meskipun sobat telah mengisi baterai sampai full, baterai akan tetap cepat habis karna performanya menurun karna penggunaan yang salah tadi. Untuk itu, jangan lakukan kebiasaan buruk ini seperti admin ye..

kalau diibaratkan, makan sambil eek kan gak enak sob.


8. Matikan gadget saat sobat tidur
Untuk memperpanjang usia baterai, biasakan untuk mematikan gadget sobat saat tidur. Kalaupun tidak dimatikan, sobat bisa mensetnya pada modus penerbangan.

Selain untuk keawetan baterai, itu juga menjaga kesehatan sobat karna sobat tidak terpapar gelombang elektromagnetik ketika gadget tidak aktif.

JANGAN PERCAYA PADA APLIKASI SAVE BATERAI DAN LAINNYA, SEMUANYA HOAX!


Nah, mungkin cukup sekian beberapa point yang dapat admin bagikan kepada sobat. Meskipun tidak seberapa, semoga bisa sedikit bermanfaat. Sampai jumpa dipostingan berikutnya. Wassalam..

Artikel Menarik Lainnya: