8 Aplikasi Mendaki Gunung (Hiking) Terpopuler

Jellykom - 8 Aplikasi Mendaki Gunung (Hiking) Terpopuler | Dengan kemajuan zaman yang semakin canggih, saat ini telah banyak aplikasi yang dapat mempermudah bagi sobat yang sering atau hobi melakukang hiking atau mendaki gunung.

Bagi anak muda, tentunya tren yang satu ini cukup banyak peminatnya, entah itu karena tergabung sebagai anggota pecinta alam (PA) sampai yang hanya sekedar iseng mendaki gunung untuk melihat pemandangan yang indah.

Baca juga :
Cara Agar Bermain Game Online/Offline Tidak Lag
Untuk mendaki gunung tentunya memiliki banyak persiapan yang harus sobat lakukan terlebih dahulu, dari mulai persiapan fisik, barang bawaan seperti ransel dan makanan, sampai yang nggak boleh ketinggalan yaitu smartphone atau ponsel.

Nah, pada postingan kali ini admin akan share aplikasi yang bisa membantu sobat pada saat mendaki gunung. Apa sajakah itu? simak dibawah ini sob.

8 Aplikasi Mendaki Gunung (Hiking) Terpopuler 

1. Aplikasi Prakiraan Cuaca (AccuWeather)


Sebelum memutuskan kapan sobat akan mendaki gunung, sobat harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cuaca di tempat atau lokasi sobat akan melakukan pendakian. Dengan begitu, sobat bisa mempersiapkan barang apa saja yang harus dibawa.

Baca juga : Cara Streaming Radio Online Android dengan Mudah

Selain itu, dengan mengetahui prakiraan cuaca, sobat bisa memutuskan apakah cuaca sedang baik atau buruk. Jika cuaca cukup buruk, sebaiknya sobat menunda pendakian karena akan sangat berbahaya. Untuk itu, pantau terus cuaca dengan Aplikasi Prakiraan Cuaca (AccuWeather).


2. Kompas (Compass)


Kehilangan arah dan tak tau arah tujuan tentunya akan sangat lucu kan sob. Untuk itu sobat butuh aplikasi yang namanya kompas, yaitu alat upenunjuk arah mata angin. Jadinya sobat meskipun kesasar setidaknya tau ke arah mana sobat berjalan.

Nah, sobat bisa menginstall aplikasi kompas pada gadget sobat, dengan aplikasi ini sobat akan mendapatkan fungsi yang lebih maksimal bila dibandingkan dengan kompas konvensional sob. Tapi sebelum itu, pastikan dulu kalau gadget sobat sudah ada fitur kompasnya dulu ya.


3. Aplikasi Hiking Trails (ViewRagner)


Aplikasi hiking yang satu ini sangat lengkap sob. Dengan aplikasi ViewRagner sobat akan merasa seperti memiliki GPS sungguhan. Didalamnya sudah tersemat berbagai fitur seperti Topografi Maps, Tracking Area, GPS tanpa perlu sinyal seluler, melihat peta dengan citra satelit dan masih banyak yang lain lagi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengolah data tracking yang berasal dari GPS sob. lengkap kap pokoknya..

Aplikasi ini seperti gabungan dari AllTrails dan Map My Hike, jadi dengan 1 aplikasi sobat bisa mendapat dua fungsi sekaligus.

Dengan aplikasi Hiking Trails, sobat bisa juga merekam jejak pendakian yang sobat lakukan. Dan bila dikemudian hari sobat akan melakukan pendakian di tempat yang sama, sobat bisa mengikuti jejak yang sebelumnya telah sobat rekam. Jadi, gunungpun bukan sebagai halanagan buat para hikers.


4. Aplikasi Peta Bintang (Sky Map)


Jika sobat mendaki gunung dan melakukan camping, tentunya momen pada saat malam hari adalah membuat api unggun atau juga bisa memandangi rasi bintang. Ya, karna di puncak gunung tentunya sobat akan lebih mudah mengamati indahnya bintang di langit kan..

Tapi pasti tidak akan lengkap rasanya jika sobat memandangi bintang tanpa tahu dari rasi bintang itu sendiri. Jika sobat belum terlalu paham dengan rasi bintang, sobat bisa memakai aplikasi yang satu ini


5. Aplikasi Senter (FlashLight)


Senter adalah hal wajib jika sobat melakukan hiking, jika lupa atau tidak punya? gampang sob, pakai aja gadget sobat sebagai senter. Untuk senter ini, gadget sobat harus ada kamera flashnya ya..

Oh iya, selain untuk penerangan biasa, dengan aplikasi ini sobat juga dapat menggunakannya sebagai sinyal SOS. Jadi untuk berjaga-jaga jika sesuatu hal yang tak diinginkan, sobat bisa menggunakan fitur yang satu ini.


6. Aplikasi Survival (Buku Pintar Bertahan Hidup)


Bertahan hidup di alam liar adalah bagian dari seorang survival hikers. Dengan aplikai panduan ini, sobat akan mendapatkan informasi apa saja yang dibutuhkan bagi seorang pendaki.

Dengan aplikasi ini, sobat bisa mengetahui hal apasaja yang bisa sobat dan harus sobat lakukan disaat-saat darurat seperti ketika terluka di hutan, tergigit ular sampai tersesat ditengah hutan.


7. Aplikasi Kamera Panorama (Panorama360 camera)


Bagi pecinta hiking, tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen-momen yang telah dilewati saat melakukan pendakian. Telebih saat ini dikalangan anak muda suka sekali ngeksis dan menguploadnya di sosmed.

Untuk itu, sobat butuh aplikasi kamera panorama yang bisa mengambil gambar 360 derajat sob. Dengan begitu, cantiknya pegunungan disekitar sobat bisa sobat abadikan dan membagikannya kepada kenalan via sosial media.


8. APlikasi Jadwal Sholat dan Arah Kiblat (Muslim Pro)


Bagi sobat hikers muslim, tidak boleh lupa menjalankan ibadah meskipun sobat sedang mendaki gunung sob. Dengan ibadah, sobat bisa berdoa kepada Allah agar sobat bisa mendapatkan perlindungan dan kelancaran selama proses pendakian.

Sekian yang bisa admin share, semoga bisa membatnu sobat hikers dalam menaklukan pegunungan. Semoga sukses. . .

Artikel Menarik Lainnya: