10 Cara Sederhana Menghemat Baterai pada Windows 10

Jellykom.com - Apakah laptop sobat gampang ngedrop pas lagi enak-enaknya browsing di kampus? Jika sobat telah mengupdate Windows 10 sobat, maka sobat punya beberapa fitur/tools untuk membantu memperpanjang durasi daya tahan baterai laptop sobat alias membuat batre leptop makin awet.

Baca juga: Cara Download Update Microsoft Fall Creator Terbaru: Otomatis dan Manual


10 Cara sederhana menghemat baterai pada windows 10


1. Turunkan kecerahan layar/brigthness

Memberikan daya pada semua piksel pada layar merupakan penyebab utama habisnya daya baterai. Cara paling pertama dalam menghemat daya baterai laptop adalah dengan mengatur kecerahan layar.

Untuk mengatur kecerahan layar, sobat memiliki dua cara mudah. Pertama, sobat dapat menemukan slider kecerahan dengan masuk ke Settings > System > Display. sobat juga dapat menemukan slider untuk kecerahan layar di Windows Mobility Center, yang ada di Control Panel. Kemudian atur kecerahan seminim mungkin tapi jangan sampai mengganggu kenyamanan mata sobat.


2. Pilih Background Gelap

Background desktop yang terang membutuhkan daya yang lebih besar untuk menerangi tiap piksel layar sobat yang membuat batre boros. pilihlah gambar/walpaper gelap atau hitam sekalian dengan masuk ke Settings > Personalization > Background. lalu pilih background yang berwarna gelap.


3. Matikan lampu latar Keyboard


Seperti layar, keyboard backlighting pada beberapa laptop juga dapat menguras baterai laptop sobat, matikan saja ketika tidak diperlukan. laptop sobat mungkin memiliki tombol Function yang memungkinkan sobat mengaktifkan lampu latar keyboard dan mematikannya. Jika tidak ketemu, sobat dapat mencarinya di Windows Mobility Center.


4. Fitur slider baterai baru


OK, inilah tools baterai baru di windows 10. Alih-alih harus masuk ke dalam pengaturan baterai untuk beralih dari high performance ke battery saver atau sebaliknya, kini sobat bisa klik atau tekan ikon baterai di taskbar. Sobat dapat memindahkan slider dan menyesuaikan antara menghemat baterai atau memilih performa.


5. Periksa Power & sleep setting


Masuk ke Power & Sleep Settings dengan mengklik link di menu baterai dari taskbar (atau dengan pergi ke Settings > System > Power & sleep), lalu sobat dapat mempersingkat waktu sebelum layar mati atau laptop sobat masuk ke mode sleep ketika laptop sobat sedang berjalan pada daya baterai atau tidak sedang di charge. Semakin pendek sobat mengatur waktu,maka semakin lama baterai sobat akan bertahan hidup.


6. Gunakan Battery Saver

Built-in Battery Saver Mode Windows 10 ini akan aktif ketika baterai sobat tersisa di bawah 20 persen. Windows akan otomatis menonaktifkan sinkronisasi email dan kalender, push notification dan aplikasi di latar belakang. Fitur ini biasanya aktif secara default, tetapi sebaikny sobat periksa untuk memastikannya dengan masuk ke Settings > System > Battery. Jika sobat menemukan bahwa Battery Saver tidak mengganggu aktifitas sobat, maka sobat dapat menaikkan ambang batas di atas 20 persen.


7. Periksa Battery usage by app


Sobat dapat melihat aplikasi yang menggunakan sumber daya yang paling baterai dengan Settings > System > Battery dan klik Battery usage by app. Akan ada daftar yang menunjukkan persentase baterai yang telah digunakan aplikasi dalam 6 atau 24 jam atau seminggu terakhir. Jika sobat menemukan sebuah aplikasi yang sobat pikir itu menggunakan daya secara berlebihan, klik di atasnya dan lalu switch off pada Managed by Windows dan kemudian pastikan kotak tetap dicentang untuk Memungkinkan aplikasi dapat berjalan latar belakang.


8. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak diperlukan

Teknologi jaringan wireless ini juga dapat mengkonsumsi daya baterai. Sobat dapat menonaktifkan keduanya dengan menggunakan mode Airplane. Klik ikon Wi-Fi di taskbar dan kemudian klik tombol mode Airplane. Tapi jika sobat sedang menggunakan WiFi, sebaiknya matikan saja bluetoothnya sobat juga dapat menonaktifkan hanya Wi-Fi dengan mengklik tombol Wi-Fi pada taskbar menu Wi-Fi. Untuk menonaktifkan Bluetooth, pergi ke Settings > Devices > Bluetooth & other devices dan pilih off untuk Bluetooth.

9. Kurangi email sync (singkronisasi email)


Terus-menerus memeriksa pesan email baru dapat menguras baterai sobat. Jadi, atur frekuensi Windows sobat untuk memeriksa email baru lebih lama. Carayanya dengan masuk ke Settings > Accounts > Email & app accounts. Klik pada akun sobat, klik Manage dan kemudian untuk Download new content, atur untuk setiap 30 menit, 1 jam atau secara manual dan kemudian klik Done.


10. Coba Edge Browser

Microsoft mengklaim Browser Edge merek memungkinkan baterai sobat berjalan 36-53 persen lebih lama dibandingkan Chrome, Firefox atau Opera alias lebih irit. Meskipun itu hanya klaim dari pihak Microsoft, namun tidak ada salahnya untuk dicoba sob.

Artikel Menarik Lainnya: