3 Alasan Firefox Quantum adalah Browser Terbaik Android

Jellykom.com - Firefox Quantum merupakan versi update dari Firefox lama yang performanya telah mengalami perbaikan signifikan. Quantum terdiri dari beberapa komponen yang mengoptimalkan engine rendering Gecko untuk kecepatan browsing yang lebih baik dan juga peningkatan pada sisi performa. Jika sobat juga merupakan seorang pengguna Firefox Quantum di browser, maka akan jauh lebih baik jika sobat juga mengonstalnya di android sobat karena beberapa hal berikut.

3 Alasan Firefox Quantum adalah Browser Terbaik Android

1. Peningkatan Kinerja dan Performa

Firefox Quantum menerapkan sejumlah perubahan yang berfokus pada peningkatan kinerja secara keseluruhan, termasuk dukungan yang lebih baik pada CPU multi-core, penggunaan memori yang lebih sedikit, dan tampilan antarmuka yang lebih cepat sob.


Foton (Photon) UI adalah antarmuka hasil upgrade Firefox Quantum yang meningkatkan tampilan browser sehingga load halaman makin cepat. Dengan Photon, navigasi seluruh menu dan tab jauh lebih cepat daripada dengan UI yang lama.

Perubahan besar-besaran Firefox untuk Android telah membuat dampak positif yang signifikan pada performa secara keseluruhan. Selain itu, akan ada juga update engine Servo dalam beberapa bulan kedepan untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat dari yang telah dirilis saat ini.


2. Ad Blocker dan Privacy

Firefox adalah browser open-source yang dibangun untuk menjaga privasi sobat dari perusahaan-perusahaan yang menggunakan pelacak/trackers untuk mengumpulkan informasi tentang kebiasaan yang sobat lakukan. Firefox juga memungkinkan sobat untuk secara otomatis menghapus riwayat browsing dan data pribadi lainnya setiap kali sobat keluar dari browser agar lebih aman.

Adanya fitur guest (sesi tamu) memungkinkan sobat untuk meminjamkan ponsel sobat kepada teman sobat tanpa memiliki akses login sobat yang sebelumnya sudah disimpan atau mampu melihat riwayat browsing sobat. Jadi temen sobat tidak akan bisa mengintip akses login sobat.

Namun, keunggulan utama Firefox di bidang privasi dan keamanan berasal dari penggunaan ekstensi atau add on. Ekstensi sendiri bisa sobat anggep seperti aplikasi miniatur yang dapat ditambahkan ke browser sobat untuk mengubah/menambah beberapa fungsi tertentu, sobat dapat menemukan ekstensi di dalam menu "Add-ons". Sobat dapat menggunakan add-on seperti addblock untuk mengatasi masalah iklan dan juga adware yang menjengkelkan

Ada juga ekstensi yang disediakan khusus untuk privasi yang mencakup banyak nama yang cukup populer. Beberapa contohnya adalah HTTPS Everywhere, Disconnect, and LastPass Password Manager. Baca juga: 6 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Firefox Quantum


3. Extensions & Tema

Ekstensi Firefox tak hanya berisi add-pn privasi. Sobat dapat menemukan berbagai program yang akan meningkatkan pengalaman browsing sobat seperti advenced bookmark, rss reader, vpn, dan antivirus adalah beberapa contoh fitur yang sobat dapat tambahkan di Firefox. Inilah salah satu kelebihan utama firefox sob, ada banyak sekali add-on yang bisa sobat pasang layakanya browser pada PC.

Tema adalah kategori lain dari add-on yang membantu Firefox sobat makin enak dilihat. Tema yang gunakan akan mengubah elemen antarmuka, termasuk address bar dan layar awal. Tema memungkinkan sobat untuk mempersonalisasikan tampilan browser sobat.

Nah, itulah beberapa kelebihan Firefox Quantum yang layak sobat coba di Android sobat. Meskipun update untuk engine servo belum dirilis, apa salahnya untuk mencobanya sekarang?

Artikel Menarik Lainnya: