4 Fitur Gesture Android yang Wajib Anda Ketahui

Saat ini Android merupakan sistem operasi yang paling populer di perangkat mobile di seluruh dunia. Berbicara mengenai android, pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan fitur gesture. Yap, fitur yang bisa sobat gunakan dengan melakukan gerakan tertentu pada layar untuk mengaktifkan suatu perintah.

Baca juga : Trik Screenshot Panjang (Capture Scrolling) pada Android

Di sini kita akan membahas lima gerakan gesture yang terintegrasi dengan Android yang akan membantu sobat meningkatkan produktivitas dan mempermudah dalam mengoperasikan ponsel android sobat.

4 Fitur Gesture Android yang Wajib Anda Ketahui


1. Zoom Satu Jari



Kita semua terbiasa melakukan zooming dengan menggunakan dua jari tetapi tidak banyak dari kita tahu bahwa smartphone Android sobat bahkan dapat melakukannya menggunakan satu jari.

melakukan zooming dengan satu jari dapat berguna dalam banyak kasus. Misalnya, jika sobat mengemudi dan perlu melihat lebih dekat pada peta tapi tidak mungkin menggunakan kedua tangan sobat karna memegang kemudi, One Finger Zoom In datang pasti sangat bermanfaat untuk sobat.


2. Split Screen Shortcut (Nougat)



Ada banyak fitur baru yang luar biasa pada Android Nougat, salah satunya adalah kemudahan untuk menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dengan menggunakan fitur Split Screen.

Meskipun begitu, ternyata terdapat kelemahan tersendiri untuk mengatur fitur split screen tersebut. Untuk memudahkan sobat, sobat dapat mengktifkan Sistem UI tuner dan membuat shortcut untuk menggunakan tampilan Split Screen tersebut. Hal ini tentu akan memudahkan memilih aplikasi dari aplikasi baru yang dibuka dan menampilkannya dalam tampilan layar yang tersplit.


3. Drag and Drop Text Gesture



Meskipun fitur ini belum sepenuhnya didukung oleh semua aplikasi, fitur Drag and Drop Text Gesture sangat berguna ketika sobat sedang dalam modus layar split dan ingin menyalin sepotong teks dari satu jendela ke yang lain.

Fitur ini akan membuat sobat lebih mudah karna sobat hanya perlu memilih teks lalu drag dan drop ke jendela lain. Misalnya saja saat sobat menemukan kata-kata humor dari internet dan ingin mengirimnya ke bbm teman, sobat hanya perlu drag n drop menggunakan text gesture


4. Swipe Gestures pada Browser Chrome



Google Chrome adalah browser default untuk Android yang juga telah mrmiliki banyak fitur yang pengguna biasanya tidak menyadarinya.

Sebenarnya untuk beralih dari satu tab ke yang lain pada Chrome sobat dapat memilih pada jumlah tab yang terbuka di bagian kanan atas atau hanya dengan swipe/geser dari kanan atau kiri pada address bar untuk beralih dari satu tab ke yang lain. Menggesekkan bawah pada address bar juga dapat digunakan untuk membuka daftar semua tab yang telah dibuka sebelumnya.


Artikel Menarik Lainnya: