6 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Firefox Quantum

Jellykom.com - Pada pertengahan 2000-an, Firefox menjadi browser populer terutama karena Internet Explorer yang lemot untuk browsing. Namun, Firefox mulai memudar karena serangan negara api alias Google Chrome pada tahun 2008.

Sekarang, Mozilla telah kembali dengan kekuatan baru di Firefox 57 alias Quantum!
Baca juga: 3 Alasan Firefox Quantum adalah Browser Terbaik Android

Browser yang satu ini baru dirilis dan diklaim dua kali lebih cepat Firefox enam bulan yang lalu dan menggunakan 30% lebih sedikit memori dari Google Chrome sob. Selain menjadi cepat, Quantum juga datang dengan fitur baru dan desain yang benar-benar dirombak ulang. Versi baru tersedia untuk pengguna Linux, Mac, dan Windows.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sobat harus coba Firefox Quantum

1. New Foton UI



Perubahan terlihat pertama di Firefox Quantum adalah desain UI yang fresh dan telah menyingkirkan tampilan yang tidak perlu. Dijuluki sebagai Desain Photon, pihak Mozilla mengatakan bahwa itu diteliti dari bagaimana orang melihat-lihat web dan mengaplikasikannya dalam browser mereka.

UI baru memiliki antarmuka putih dengan highlight biru. Hal ini menjadikan firefox lebih terlihat ramping dan menghasilkan tampilan yang jauh lebih bersih.


2. Berbagai Tools Tambahan

Selain UI baru, Firefox juga menambahkan beberapa tools berguna yang membuat sobat lebih mudah untuk melakukan beberapa hal. Pertama adalah kemampuan untuk mengambil screenshot dari browser. Sobat juga bisa meng-klik dan drag secara manual memilih area untuk mengambil screenshot.


Sobat dapat mengakses fitur ini dengan mengklik tiga titik menu pada address bar. Setelah sobat telah mengambil screenshot, browser secara otomatis akan meng-uploadnya, sehingga memudahkan sobat untuk berbagi gambar secara online. Sobat juga dapat men-download atau menyalin ke clipboard sobat.


Updet selanjutnya adalah integrasi Pocket yang juga mencakup rekomendasi halaman yang paling sering sobat dikunjungi. sobat dapat menyimpan halaman web dan video dalam satu tempat. Hal ini akan berguna karena sobat dapat menyimpan artikel yang sobat belum selesai baca pada saat browsing berguna dan mudah mengaksesnya kapanpun sobat inginkan.


Fitur lain yang keren adalah Perpustakaan/Library yang terdiri dari bookmark, history, daftar Pocket, download, tab Syncronisasi, dan tangkapan layar yang diambil dengan Firefox Screenshots. sobat dapat mengakses semua hal ini dengan hanya satu klik loh.


3. Peningkatan Kecapatan

Salah satu pembaruan terbesar dalam Quantum adalah peningkatan kecepatan yang besar. Dengan Engine multi-core CSS, tab prioritas, dan penghapusan bug adalah beberapa alasan utama di balik kecepatan browsing yang cepat.

Baca juga : 10 Cara Sederhana Menghemat Baterai pada Windows 10

Akibatnya, sobat akan mengalami render lebih cepat dalam memuat halaman Web, meningkatkan kecepatan scrolling, dan kecepatan beralih antar tab.

Cekidot video yang dirilis oleh Mozilla mana membandingkan load halaman antara Firefox Quantum dan Google Chrome dibawah.


4. Meminimkan Memory Usage

Firefox Quantum mengklaim menggunakan 30% lebih sedikit memori dari Chrome. Menggunakan Engine CSS baru yang disebut Stylo, yang telah dirancang untuk mengambil keuntungan dari sistem multi-core modern.

Hal ini dapat berjalan paralel di beberapa core CPU untuk lebih mengambil keuntungan dari CPU multi-core modern. Stylo dikembangkan dengan bantuan dari komunitas global developer, berkat sifat Open Source dari Quantum.


sobat bahkan dapat menyesuaikan jumlah proses menggunakan Firefox untuk membatasi penggunaan memori. Hanya klik ke menu > Options dan gulir ke bawah ke Performance bagian dari General tab. Setelah itu, hapus centang Gunakan recommend setting dan mengubah batas proses Konten pilihan.

Catatan : Menggunakan proses yang lebih dapat memberikan kinerja yang lebih tetapi juga akan menggunakan lebih banyak memori.


5. Pilihan Customizable

sobat dapat menyesuaikan toolbar sesuai pilihan sobat. Hanya masuk ke menu dan klik Customize. sobat akan melihat daftar Tools yang dapat sobat drag dan drop ke dalam toolbar atau address bar. Browser sekarang dapat memiliki URL bar dan menu pencarian yang terpisah atau bahkan keduanya.


Firefox Quantum juga memungkinkan sobat memilih dari tema yang berbeda. Selain default , light, dan gelap , browser merekomendasikan beberapa tema lainnya. Akhirnya, sobat bahkan dapat memilih dari berbagai tema dengan mendapatkan Tema paling sesuai


6. Add-ons Baru

Firefox 57 atau Quantum sekarang hanya mendukung ekstensi yang dirancang di bawah WebExtensions API. Ini berarti bahwa ekstensi lama dirancang menggunakan API lain tidak lagi kompatibel. Add-ons yang dinonaktifkan kini terdaftar di bawah layar ekstensi lama/old.


Pergi ke menu Firefox dan pilih Add-ons. Ini akan membuka layar daftar semua kerja add-ons yang dipasang di browser sobat. Lalu cari Pengganti sebuah tombol yang akan menampilkan add-ons yang dapat digunakan untuk menggantikan yang lama dan yang dinonaktifkan.


Beberapa add-ons yang bisa sobat peroleh di Pushbullet, LastPass, BlockAds, dan Grammarly.


Perubahan Besar Firefox Quantum

Browser Firefox Quantum menampilkan UI menyegarkan yang membantu sobat untuk menavigasi internet dengan lancar. Yakin sobat masih setia dengan browser jadul yang sobat pakai? Apakah sobat belum mencoba Firefox Quantum? Cobalah...!

Artikel Menarik Lainnya: