Hard Disk/SSD Internal dan Eksterna yang Cocok untuk PC dan Laptop Mac

Jellykom.com - Jika sobat adalah pengguna MacBook Air, MacBook Pro, Mac Mini, atau iMac, maka ada beberapa pertimbangan tambahan yang sobat harus perhatikan ketika sobat akan membeli hard drive baru.

Baca Juga : 5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Hard Disk dan SSD Baru

Hard Drives Internal untuk Mac

Yang paling penting adalah bahwa mengupgrade hard drive Mac sudah banyak dilakukan oleh orang-orang dluar sana dengan melakukan oprek sendiri alias DIY (Do It Yourself). Yang pasti, sobat harus punya cukup keahlian dan keyakinan untuk membongkar perangkat tuntuk menemukan lokasi drive internal. Pastikan sobat berhati-hati saat menggantinya, dan kemudian pasang kembali seperti sediakala. Bahkan penggantian termudah butuh waktu setidaknya satu jam. Ini juga mungkin akan menghilangkan garansi sobat dan asuransi AppleCare sobat.

Baca juga : Pantau Suhu Laptop Secara Real Time (CPU GPU HDD)

Semua MacBook Air, MacBook Pro, Mac Mini, dan iMac model 2012 dan yang lebih baru menggukan ukuran hard drive 2,5 inci. Kecuali untuk iMac 27-inci, yang menggunakan hard drive ukuran 3,5 inci.


Nah, yang membuat pusing mungkin ukuran atau jenis interface yang digunakan apakah menggunakan SATA, PCIe, NVMe, dan AHCI. Misalnya, iMac 21,5 inci pada tahun 2017 hanya memiliki slot PCIe jika perangkat awalnya dilengkapi dengan Fusion Drive. sobat tidak akan tahu mana koneksi yang tersedia di perangkat yang tepat sobat kecuali sobat secara khusus mencarinya sendiri.

Baca juga : SATA vs PCIe: Tipe SSD Mana yang Lebih Cepat dan Baik


Hard Drives Eksternal untuk Mac

Untuk drive eksternal, sobat memiliki beberapa pilihan koneksi dengan perbedaan kecepatan transfer data, yaitu: USB 2.0, USB 3.0, USB 3.1, Thunderbolt 2, dan Thunderbolt 3 (juga dikenal sebagai USB Tipe-C). Admin merekomendasikan USB 3.0 sebagai pilihan terendah yang bisa sobat gunakan, dan Thunderbolt 3 adalah pilihan terbaik meskipun sekali lagi dengan harga yang lebih mahal pula.


Perangkat Mac menggunakan sistem file yang unik dari Apple sehingga sebelum sobat menggunakannya, hard drive eksternal harus diformat baik HFS + (Mac OS Extended) atau Apple File System (APFS) untuk kinerja paling maksimal.

Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser