Tips Memilih Hard Disk Drive (HDD) dan SSD Game untuk Playstation (PS) dan Xbox

Jellykom.com - Seiring dengan perkembangan dunia game yang semakin canggih dengan tampilan grafik yang sangat realistis bahkan hampir mendekati grafik objek di dunia nyata, maka tidak heran jika ukuran game sekarang ini semakin besar.

Mengatasi hal tersebut, maka dibutuhkan ukuran memori yang besar pula. Lalu apa solusinya? tentu saja memasang Hard Drive di PlayStation (PS) atau Xbox sobat untuk menampung game-game tersebut.


Pilihan hard drive secara signifikan dapat berdampak pada kinerja game, itulah sebabnya admin lebih menyarankan SSD dibandingkan HDD. Hal ini berlaku untuk PC, Xbox One, Xbox One X, PlayStation 3 (PS3), PlayStation 4 (PS4), PlayStation 4 (PS4) Slim, PlayStation 4 (PS4) Pro, atau konsol game yang lebih baru.

Sejak kecepatan SSD jauh melebihi kecepatan HDD, game akan berjalan lebih cepat dan loading pun lebih cepat saat pertama dibuka, perubahan level, dan membuka peta. Serius! perbedaan antara SSD dan HDD untuk game seperti langit dan bumi. Sobat akan menyesal jika lebih memilih HDD dibanding SSD, jadi jangan memnggunakannya kecuali jika sobat tidak punya pilihan atau memiliki keterbatasan dana.

Baca juga : 5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Hard Disk dan SSD Baru

Ketika memilih sebuah hard drive/Hard disk/HDD/SSD, sobat sebaiknya memperhatikan parameter dibawah:

1. Untuk PC
Setiap jenis hard drive bisa dipasang selama sobat tahu ukuran/bentuk hard drive dan jenis sambungan pada motherboard sobat. Sekali lagi, kemungkinan besar untuk desktop umumnya 3,5 inci dan 2,5 inci untuk laptop. Untuk interface atau kabel penghubung umumnya menggunakan koneksi SATA.

2. Untuk PlayStation 3 (PS3)
Semua model PlayStation 3 (PS3) memiliki ukuran hard drive 2,5 inci tipe SATA yang dapat diganti dan diupgrade oleh sobat tanpa perlu pengaturan lagi.

3. Untuk PlayStation 4 (PS4)
Semua model PlayStation 4 (PS4), termasuk Slim dan Pro, memiliki ukuran Hard Drive 2,5 inci tipe SATA yang dapat diganti dan diupgrade oleh pengguna tanpa perlu pengaturan lagi. PS4 juga mendukung hard drive eksternal melalui koneksi USB 3.0 yang telah disediakan.

4. Untuk Xbox 360
Umumnya Xbox 360 menggunakan Hard drive ukuran 2,5-inch hard drive yang harus dicustom sendiri. Untuk meng-upgrade atau mengganti, sobat harus membeli salah memori buatan Microsoft langsung yang harganya mahal. Hard Drive/SSD pihak ketiga dapat digunakan tetapi perlu diseting dengan firmware Xbox yang kompatibel, yang jauh di luar lingkup artikel ini.

5. Untuk Xbox 360 S dan E
hard drive yang digunakan dalam Xbox 360 S dan konsol E tidak kompatibel dengan Xbox asli 360, dan sebaliknya. Model Xbox dengan memori 4GB memiliki memori flash internal yang tidak dapat dihapus atau diganti. Model 250GB dapat upgrade untuk 500GB dengan membeli memori dari Microsoft yang sangat mahal.

6. Untuk Xbox One
Xbox One mendukung drive eksternal melalui koneksi USB 3.0, yang berarti sobat dapat menggunakan cukup banyak memori tambaan dengan SSD tipe dan merek apapun. Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mengganti drive internal.

7. Untuk Xbox One X
Xbox One X juga mendukung drive eksternal melalui USB 3.0 dengan ukuran minimal 256GB. Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mengganti hard drive internal, dan hal tersebut akan membatalkan klaim garansi jika sobat bongkar.

Artikel Menarik Lainnya: