10 Aplikasi PC Gratis Yang Harus Anda Install (Plus Link Download)

Jellykom.com - Ada jutaan proyek aplikasi gratis dan open source yang tersedia, dan tak sedikit juga yang bahkan lebih baik daripada produk yang tersedia secara komersial alias berbayar. Di bawah ini adalah daftar dari jenis aplikasi yang wajib sobat install di komputer sobat karna perannya yang cukup penting.

1. Aplikasi antivirus dan malware

Sobat pasti menyadari bahwa perlindungan pada komputer sangatlah penting untuk menjaga serangan virus dan malware. Berikut adalah aplikasi perlindungan dari virus dan malware rekomendasi kami yang pastinya gratis

-Program antivirus: Avast!
-Program perlindungan Malware dan Spyware: Malwarebytes

2. Aplikasi backup 

Ada puluhan program backup gratis dan tersedia secara komersial untuk komputer. Sayangnya, banyak dari mereka backup disimpan secara lokal alias di hardis internal, yang artinya jika diumpamakan rumah sobat tiba-tiba kebakaran, dirampok, atau jika sobat kehilangan PC sobat, maka semua data sobat juga akan hilang. Untuk menghindari hilangnya data penting, kami menyarankan agar sobat menggunakan layanan online/cloud backup

Baca juga: 10 Trik Mouse Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

-Program backup online: Mozy atau Dropbox

3. Aplikasi Browser

Meskipun broser bawaan Microsoft Internet Explorer ada pada setiap versi Windows. Namun tentunya browser bawaan tersebut masih kurang powerful bila dibanding browser populer yang telah ada saat ini.

-Internet Browser: Opera, Mozilla Firefox atau Google Chrome

4. Aplikasi kompresi

Saat men-download file di Internet tak jarang sobat akan menemukan sebuah file dengan extensi/format .zip, .rar, atau file kompresi lainnya. Untuk mengelola file dengan tipe teresebut maka sobat butuh aplikasi gratisan dibawah ini.

-File kompres/extrack: 7-Zip

5. Aplikasi Burning Disc

Memburning audio atau data kedalam CD / DVD dapat dilakukan secara bebas menggunakan rekomendasi aplikasi gratissan di bawah ini.

-CD burner utilitas: CDBurnerXP

6. Aplikasi E-mail

E-mail merupakan layanan mengirim pesan yang bisa dilakukan secara bebas. Dan sebagian besar penggunanya saat menggunakan e-mail secara online. Namun, jika sobat menggunakan klien e-mail seperti Microsoft Outlook, kami sangat menyarankan ssobat menggunakan aplikasi di bawah ini.

-E-mail client: Mozilla Thunderbird
-Online e-mail: Gmail

7. Aplikasi FTP, SFTP, dan SSH Utilitas

Jika sobat merupakan admin/develop sebuah web yang perlu meng-upload atau men-download file ke atau dari server yang pastinya harus menggunakan utilitas FTP atau klien SSH. Ada banyak program komersial mampu melakukan hal ini, tapi kami rekomendasikan aplikasi gratisan dibawah ini yang patut untuk dicoba.

Baca juga: Trik Meningkatkan Performa Windows 10 Agar Tidak Lemot!

-FTP client: Filezilla
-SSH clien: MobaXterm dan Putty

8. Aplikasi Editor gambar, drawing, dan organizer gambar

Ada banyak solusi untuk mengedit, membuat, dan mengatur foto di komputer sobat secara gratis. Meskipun ada banyak program yang mampu melakukan hal tersebut dengan key yang harganya mahal atau hasil crack, sebaiknya sibat mulai beralih ke yang lebih halal sob.

-Editor Gambar: GIMP
-Program drawing: Paint.net
-Organizer gambar: Google Photo

9. Aplikasi Multimedia

Ada puluhan program multimedia yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda dan juga keterbatasannya. Di bawah ini adalah program multimedia gratis yang bisa sobat pakai untuk menonton video dan melakukan rekaman audio.

-Editing audio: Audacity
-Editing video: Windows movie maker
-Video dan DVD Player: VLC dan Gomp

10. Aplikasi Office

Aplikasi office seperti Microsoft Office adalah salah satu program office atau perkantoran yang paling mahal, jika beli licenci tentunya. Pertanyaannya, mengapa harus menginstal program-program mahal/bajakan bila ada solusi gratis yang sama baiknya?

Baca juga : 11 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui dan Dihafalkan

-Office suite: OpenOffice
-PDF Reader: Adobe Acrobat Reader
-Notepad dan Source Code Editor: notepad ++

Artikel Menarik Lainnya: