Cara Menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome dengan Mudah

Jellykom.com - Apakah sobat tahu kalau ternyata kita dapat langsung menjalankan aplikasi Android di Google Chrome? Ternyata Google telah meluncurkan tools yang disebut ARC Welder yang dirancang untuk membantu pengembang menguji aplikasi mereka di browser Chrome, yang memiliki banyak pengguna diseluruh dunia.

Tidak seperti emulator Android semacam Bluestack dan Genymotion, Arc Welder ini hanyalah sebuah addon atau extension yang bisa sobat install pada Google Chrome dengan mudah. Selain itu, ukuran addon ini juga sangat kecil, yaitu sekitar 12mb-am saja kok. Jadi gak akan membuat kuota data sobat jebol.

Baca juga: 4 Cara Duplikat Aplikasi Android dengan Mudah Tanpa Root

Untuk menjalankan aplikasi Android menggunakan ARC Welder cukup mudah, dan di bawah admin akan menunjukkan kepada sobat caranya bagaimana. Meskipun akan ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan dengan sempurna, namun gak ada salahnya kalau dicoba kok

Instal ARC Welder



Untuk menginstallnya, sobat hanya perlu ke halaman Web Store Chrome untuk ARC Welder dan klik install. Setelah proses instalasi singkat selesai, sobat akan dapat menjalankan ARC Welder dari halaman aplikasi Chrome.

Selain proses install mudah, addon ini juga support banyak OS sob termasuk Windows 10, MacOS, Chrome OS, dan Linux. Dari apa yang admin lihat, tools ini bekerja dengan baik di semua sistem operasi.

Mencari APK Android

ARC Welder dirancang untuk menjalankan file APK Android, sehingga sobat harus memiliki APK yang sudah terdownload atau, jika belum punya, sabat dapat mencari dan men-download APK pihak ketiga karena atau dari playstore. Intinya, sobat harus sudah punya file APK yang sudah terdownload.

Baca juga: 5 Situs Web yang Memprediksi Kehidupan Manusia dan Bumi di Masa Depan

Jika sobat kesulitan mencari tempat download apk tanpa playstore, sobat dapat mendownload di APKMirror, karena memiliki antarmuka mudah dipahami dan sobat dapat men-download hampir setiap versi aplikasi yang ada.

Menjalankan Apk Android di ARC Welder

Bila sobat memiliki file APK yang sudah disiapkan, cukup buka ARC Welder di Chrome, dan pilih direktori/folder dimana ARC Welder dapat membuat beberapa file-file sementara, bisa sobat taruh di Drive C atau D dll. Setelah sobat melakukan hal ini, klik untuk mencari dan menambahkan APK yang ingin sobat coba, yang kemudian akan menampilkan sebuah halaman konfigurasi. Google menyarankan untuk membiarkan pada devault value. Terahir, untuk menjalankan aplikasi, klik 'test'.


ARC Welder hanya dapat menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Jika sobat ingin membuka aplikasi yang berbeda, sobat harus menutup aplikasi yang sedang digunakan, memuat APK baru, klik untuk menghapus APK lama dari ARC Welder, dan kemudian meluncurkan aplikasi baru. Agak ribet yah sob, tapi gak papalah.. :)

Baca juga: Trik Cara Hemat Listrik dengan Mematikan Monitor Menggunakan Keyboard

Dari beberapa percobaan, aplikasi dibawah ini telah admin test dan ternyata hasilnya cukup bagus dan aplikasi dapat berjalan dengan cukup normal:

  • Twitter beban dan beroperasi dengan sempurna meskipun animasi agak lambat
  • AccuWeather memiliki beberapa masalah berkedip-kedip di awal, namun bisa terbuka meski cukup berat.
  • SpeedTest.net bekerja dengan normal jika sobat ingin melakukan beberapa pengujian kinerja jaringan internet
  • Slack bekerja dengan baik



Kekurangan ARC Welder

Kebanyakan game yang admin diuji tidak bekerja, atau hanya blang saja. Tidak aneh memang, karena pada dasarnya ARC Welder tidak dibangun untuk menangani beban kerja 3D yang kompleks dan jumlah frame rate yang banyak.

Kesimpulan

Meskipun tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi yang berat, termasuk Game, namun ARC Welder dapat berguna untuk mencoba aplikasi Android di Chrome jika sobat tidak memiliki perangkat Android ataupun hanya sekedar ingin mengetes sebuah aplikasi.

Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser