Pengertian Deep dan Dark Web Serta Cara Mengaksesnya dengan Aman

Jellykom.com - Sobat mungkin selama ini telah mendengar mengenai tempat misterius yang ada di Internet atau yang biasa disebut 'Deep Web'. Ya, Deep Web adalah tempat dimana tersebarnya data yang tidak bisa sobat temukan melalui mesin pencari semacam mbah google, bing dll.

Tapi apa sih sebenarnya deep web? Baik sebenarnya itu bukan benar-benar 'tempat' melainkan sebuah web yang tidak terindeks dan dapat diakses melalui link oleh mesin pencari. Deep web sebenarnya beberapa kali lebih besar dibandingkan jumlah web yang diindeks, dan didalamnya kebanyakan mencakup kegiatan ilegal

Surface Web, Deep Web, Dark Web

Dalam istilah sederhana, Surface Web (Berselancar/Searching) adalah suatu kegiatan yang mesin pencari dapat menemukan dengan merayapi link (crawled) dan mengidentifikasi konten online yang ada disana. Sedangkan Deep Web adalah suatu web yang mesin pencari tidak dapat temukan dengan cara biasa. Dan kemudian, Dark Web di sisi lain hanya mewakili sebagian kecil dari web pada deep web yang telah sengaja disembunyikan dan hanya dapat diakses melalui web browser khusus.

Sebagai contoh, deep web dapat mencakup hal-hal seperti database akademik, yang pada dasarnya dapat diakses melalui browser normal tetapi tidak diakses oleh mesin pencari.

Baca juga : Trik Cara Hemat Listrik dengan Mematikan Monitor Menggunakan Keyboard

Hal ini juga termasuk konten dalam situs utama yang memang diatur untuk tidak dapat diakses melalui mesin pencari. Sebagai contoh konten yang diposting di Facebook yang hanya dapat dilihat oleh teman-teman sobat, dan tidak dapat dibuka oleh orang lain (publik).

Mengakses Dark Web

Tor Browser adalah tools/browser yang paling umum dikenal di mana konten dark web dapat diakses. Jaringan anonim ini terdiri dari ribuan server yang berlokasi di seluruh dunia dam dijalankan oleh relawan dan pendukung privasi online. Nama dari relawan pendukung privasi online ini adalah 'The Onion Router' yang mengacu pada teknik routing, yang dapat menciptakan line melalui server Tor secara acak, sebelum mencapai situs apa pun yang sobat kunjungi. Selama proses ini paket data yang terselubung dalam lapisan/layer secara berturut-turut hingga paket data tersebut nantinya dapat "terkelupas" pada setiap node hingga mencapai tujuan. Hasilnya adalah "hampir" tidak mungkin bagi siapa pun untuk melacak lalu lintas yang sobat lakukan.

Sedangkan untuk menemukan konten di dark web dapat memakan waktu dan banyak kesabaran, secara teknis, dark web menggunakan Tor Browser adalah cara paling mudah. sobat hanya perlu men-download dan menginstal Tor browser baik untuk Windows, MacOS, dan Linux. caranya pun tidak berbeda dari menginstal software lain dan juga sangat mudah karena Tor tersebut hanya versi modifikasi dari Firefox.


Menjaga keamanan

Jika sobat sangat memperhatikan mengenai keamanan saat megnakses dark web, sebaiknya sobat melakukannya secara terpisah dari komputer dan koneksi internet utama sobat. Tails OS adalah sistem operasi bootable yang kusus dikonfigurasikan untuk memaksimalkan privasi/keamanan yang dapat dijalankan dari USB/flesdis.

Baca juga : 5 Situs Web yang Memprediksi Kehidupan Manusia dan Bumi di Masa Depan

JIka sobat masih asing dengan OS ini, mungkin sobat perlu menonton film Hacker dengan judul "Snowden" yang diperankan Joseph Gordon (pemeran Robin) , karna OS ini menerima banyak pers ketika diungkapkan bahwa Edward Snowden menggunakannya untuk menghindari intaian dari NSA. Satu-satunya tujuan adalah untuk menjaga privasi dan anonimitas ketika online dengan mengandalkan jaringan Tor dan tools lain untuk menjaga rahasia aktivitas sobat di deep/dark web.

VPN yang rekomended untuk lebih menjaga keamanan sobat

Browser yang rekomended untuk menjaga keamanan sobat


Kalau perlu gunakan Tail OS

Apa yang dapat sobat cari di dark web?

Hampir semua jenis produk dan layanan legal maupun kontroversi dapat ditemukan di dark web. Salah satu contoh yang paling menonjol adalah Silk Road, pasar online di mana sobat bisa membeli obat-obatan terlarang dan dapat dikirimkan kepada sobat, menyewa pembunuh bayaran, membeli paspor dan informasi kartu kredit /CC, senjata dan lain-lain

Tapi, meskipun teknologi seperti Tor digunakan untuk memfasilitasi kegiatan ilegal, teknologi itu sendiri tidak bisa dikatakan sebagai baik atau buruk. Bahkan, sobat mungkin akan terkejut mengetahui bahwa Tor diciptakan dengan dukungan finansial dari pemerintah AS sebagai alat untuk membina demokrasi di rezim represif. Hal teresebut bahkan pernah menjadi populer dikalangan wartawan, aktivis dan bahkan warga negara biasa yang menghargai privasi dan kebebasan berekspresi.

Dimana dapat menemukan konten setelah memasuki Deep dan Dark Web?

Menemukan konten di dalam deep web atau dark web mengingatkan pada hari-hari awal munculnya world wide web sebelum mesin pencari seperti Altavista dan Google membantu pengguna menemukan suatu konten lebih mudah. Untuk dark/deep web sendiri sobat dapat mengakses direktori link seperti OnionDir dan The Hidden Wiki mengenai daftar situs yang berisi berbagai kategori meliputi blog, hosting, forum, warez, hacking, dll.

Baca juga : Bahaya! Facebook dan Situs Populer Terancam Serangan Exploit ROBOT

Ada juga beberapa mesin pencari seperti DuckDuckGo yang sobat dapat mencari beberapa petunjuk Deep dan Dark Web atau sobat bisa juga memasuiki forum terkait di reddit.

Direktori deep/dark web yang bisa sobat gunakan

Tidak ada yang aman 100% alias Anonymous

Meskipun browser Tor melindungi sobat dengan melakukan routing lalu lintas melalui berbagai lokasi IP yang berbeda, dan Tails OS dapat melakukan enkripsi, tidak ada yang 100% aman atau anonim. Tor dan Tails OS memberikan rekomendasi agar tetap menjadi anonim sebaik mungkin, dengan menggunakan HTTPS versi website, menghindari memasang plugin browser atau melakukan torrenting, dan yang paling penting, tidak memberikan informasi pribadi di situs-situs yang sobat kunjungi karna bisa saja sobat dapat terlibat hal berbahaya tanpa sobat sadari.

Jaringan anonim sendiri sebenarnya telah lama menjadi target instansi pemerintah seperti NSA dan FBI, yang telah berhasil meng de-anonim penjahat sebelumnya. Jadi sudah jelas, jika sobat berniat untuk melakukan sesuatu yang ilegal sobat dalam terjerat dalam masalah hukum sekalipun dalam deep/dark web.

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser