10 Trik Mouse Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Jellykom.com - Kebanyakan pengguna komputer hanya tahu tentang trik menggunakan keyboard saja, misalnya shortcut/hotkey. Namun, sebenarnya tidak beda jauh dengan keyboard, mouse pun juga memiliki trik yang pastinya akan semakin mempermudah sobat dalam menggunakan komputer sehari-hari.

Baca juga : 11 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui dan Dihafalkan

10 Trik Mouse Yang Tidak Banyak Diketahui Orang


Shift + Klik pada Mouse

Banyak teks editor dan program entah itu office sampai photoshop yang memungkinkan sobat untuk mem-blok/mem-blok semua atau bagian dari teks maupun gambar dengan menggunakan tombol Shift dan klik pada mouse.

Sebagai contoh, klik di awal teks dalam kotak teks di bawah ini. Tahan tombol Shift, kemudian gulir ke bawah, dan klik pada akhir teks untuk mem-blok/mem-blok semua teks yang ada.

Praktek



The Power of roda gulir alias scroll

Saat ini, mungkin semua orang sudah akrab dengan roda gulir mouse yang punya kemampuan untuk menggulir ke atas dan ke bawah pada halaman. Namun, roda scroll ini juga dapat melakukan fungsi lain yang jauh lebih banyak loh sob, di bawah ini adalah beberapa contoh.

Baca juga : Pantau Suhu Laptop Secara Real Time (CPU GPU HDD)

Roda mouse tidak hanya roda biasa macem roda becak sob. roda scroll ini ternyata juga dapat digunakan sebagai tombol. Menekan roda akan berfubgsi layaknya tombol mouse ketiga. Tombol roda ini dapat digunakan untuk membuka halaman web di tab dengan mengklik roda pada link dan juga dapat digunakan untuk menutup tab dengan mengklik roda pada setiap tab yang terbuka. Nah loh.. baru tahu kan...

Zoom + dan Zoom - pada halaman web, ms word, excel, dll dengan menekan tombol Ctrl dan scroll mouse sobat ke atas untuk memperbesar dan bawah untuk memperkecil halaman.

Tahan tombol Shift lalu scroll ke bawah pada sebagian besar browser Internet dapat digunakan untuk kembali ke halaman web sebelumnya. Tapi ada juga browser yang tidak support sob.

Beberapa roda scroll mouse dapat dapat digunakan untuk mendorong kiri atau kanan untuk juga bergerak kembali dan maju antara halaman webd yang ditandai dengan panah empat arah.

Fungsi double dan triple klik

Setiap kata pada suatu dokumen atau halaman dapat dipilih atau diblok dengan mengklik dua kali. Jika sobat ingin mem-blok seluruh paragraf atau kalimat, klik kiri mouse tiga kali pada kata apapun dengan cepat.

Cobalah sekarang pada paragraf ini dengan mengklik tiga kali cepat pada setiap kata dalam paragraf yang ada. wow.. simpel kan

Tip bonus: Jika sobat klik dua kali dan kemudian tarik mouse sobat, itu akan mem-blok satu kata pada suatu waktu.

Rahasia klik kanan mouse

Menu klik kanan digunakan untuk menampilkan opsi dari setiap sobat mem-blok teks atau ingin melihat properti dari suatu objek. Misalnya, jika sobat mem-blok file atau teks, sobat bisa mengklik kanan item yang diblok, copy, dan kemudian klik kanan di tempat lain untuk mempastenya.

Tip bonus: Jika sobat mem-blok atau memilih suatu file atau teks dan kemudian klik dan drag sambil tetap menahan tombol kanan mouse, ketika sobat melepaskan maka akan muncul pilihan untuk memindahkan atau menyalin file tersebut.

Baca juga : 7 Aplikasi MP3 Player dan Video Player Portable Terbaik

Tip bonus: Sementara saat sobat sedang di browser, menekan dan menahan Ctrl dan kemudian mengklik setiap link yang ada akan membuat sobat membuka link tersbut pada tab baru.

Ctrl + klik mouse atau blok

Sambil menekan tombol Ctrl, sobat dapat mengklik kiri untuk memilih beberapa objek atau memblok beberapa bagian dari teks. Misalnya, dalam kotak pilihan di bawah, jika sobat ingin mem-blok lebih dari satu item/menu yang ada, sobat bisa menahan Ctrl kemudian pilih setiap item/menu yang ingin pilih.

Gunakan tombol samping mouse (hanya untuk mouse tertentu)

Banyak mouse komputer khusus seperti mouse game yang memiliki tombol di sisi mouse. Tombol-tombol pada mouse ini dapat diprogram untuk melakukan fungsi tertentu. Namun, secara default, tombol kiri-ibu jari dapat digunakan untuk kembali atau back pada halaman web.

Menggunakan tombol yang ada di ibu jari membuat browsing internet lebih efisien karena sobat tidak perlu untuk memindahkan kursor ke tombol back di browser untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Mengaktifkan Fitur Snap (Select Otomatis)

Windows Snap merupakan fitur yang secara otomatis akan memindahkan mouse sobat ke tombol yang muncul di kotak dialog. Misalnya, jika sobat menghapus file atau menutup jendela program, sobat mungkin akan menerima notifikasi yang menanyakan apakah sobat yakin sobat ingin melakukan tugas terntu, "Yes" atau "No" misalnya.


Dengan mengaktifkan fitur Snap, maka kursor mouse akan secara otomatis bergerak ke tombol Yes, sehingga yang harus sobat lakukan adalah hanya mengklik tombol kiri mouse jika sobat setuju. Hal ini tentunya akan menghemat waktu karena tanpa harus memindahkan kursor mouse ke tombol Yes dan kemudian mengkliknya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Mouse properties pada Control Panel dan ceklis kotak "Snap To" di bawah tab Pointer Options.

Mengelola window/jendela yang terbuka dengan mouse

Klik dua kali pada bagian atas jendela/window untuk memaksimalkan (maximize) jendela yang ada atau, jika sudah dalam posisi maximize, maka double klik akan mengubah ukurannya ke jendela yang lebih kecil (minimize).

Menggerakkan mouse dengan keyboard

Alih-alih menggunakan mouse yang ada pada komputer sobat, sobat juga dapat mengatur agar komputer sobat dapat menggerakan kursor mouse menggunakan num-pad/numlock loh..

Mengcustom mouse

Terahir, jika sobat memiliki mouse dengan lebih dari dua tombol (hanya mouse tertentu), sobat dapat menginstal aplikasi bawaan mouse yang telah disediakan sehingga memungkinkan sobat untuk mengcustom tombol yang ada.

Misalnya, jika sobat tidak ingin menggunakan tombol samping yang secara default digunakan untuk bergerak maju mundur dalam halaman web, sobat dapat mengubahnya menjadi fungsi yang lebih sering digunakan, misalnya beralih di antara jendela yang terbuka atau membuka kalkulator.

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser