Cara Mengatasi Layar Sentuh Kurang Sensitif dan Responsif

Sudah umum saat ini jika hampir semua ponsel cerdas memiliki atau menggunakan layar sentuh untuk pengoperasiannya. Namun, adakalannya layar sentuh atau touchscreen pada ponsel sobat menjadi tidak responsif atau malah sama sekali tidak bisa untuk dioperasikan karena beberapa alasan tertentu.

Ingat sob, saat menggunakan ponsel pastikan tangan sobat bersih dan kering. Jika layar sentuh masih belum ada reaksi, cukup ikuti panduan untuk mengatasi touchscreen yang tidak bermasalah.

1. Lingkungan luar menyebabkan layar menjadi kurang sensitif.

● Magnet bisa mempengaruhi ponsel sobat sehingga layar sentuh sobat menjadi tidak berfungsi dengan benar. Oleh karena itu, jauhkan ponsel sobat jauh dari medan magnet. Kalau membeli flip case atau tas untuk ponsel, usahakan jangan yang ada magnetnya.

● Keringat, dan minyak di tangan sobat juga dapat mengakibatkan ponsel tidak merespons sentuhan jari sobat. Pastikan tangan sobat bersih dan kering dan bebas dari minyak sebelum menyentuh layar lagi.

● Pengaruh medan listrik. Cabut ponsel sobat dari sumber listrik saat melakukan pengisian. Biasanya saat ponsel terhubung pada komputer juga dapat menyebabkan layar sentuh menjadi tidak sensitif.

● Ponsel pada suhu tinggi atau sangat rendah juga sering mengalami layar sentuh yang tidak responsif. Bila ponsel sobat panas juga terkadang membuat tangan berkeringat sob, jadi jangan gunakan ponsel sobat dalam situasi ini.

● Anti gores dapat mengurangi tingkat sensitivitas pada layar sentuh


2. Aplikasi bermasalah menyebabkan layar sentuh ponsel tidak berfungsi.

Bisa saja aplikasi tertentu membuat layar sentuh tidak responsif, ada tiga situasi yang menyebabkan aplikasi membuat layar sentuh tidak berfungsi:

● Aplikasi berbahaya menginfeksi sistem ponsel sobat, yang menyebabkan layar sentuh yang tidak responsif. Oleh karena itu, uninstall atau hapus aplikasi yang mungkin juga itu adalah virus untuk memperbaiki ponsel sobat .

● Ukuran aplikasi terlalu besar yang tidak terjangkau untuk sistem ponsel sobat sehingga akan memperlambat kecepatan sistem, atau bahkan menyebabkan layar tidak merespons tindakan apapun yang sobat lakukan. Solusinya uninstall aplikasi agar ponsel sobat berfungsi dengan baik.

● Aplikasi mungkin tidak mendukung fitur layar sentuh, jadi sobat tidak dapat menggunakan aplikasi dengan ponsel layar sentuh.

Baca Juga

3. Pengaturan personalisasi membuat gangguan sistem.

Beberapa pengaturan personalisasi pada sistem bisa saja menyebabkan layar sentuh tidak bereaksi. Jika layar sentuh ponsel benar-benar tidak responsif melakukan factory reset dapat membantu:

● Tekan lama tombol power untuk mematikan ponsel cerdas;

● Tekan dan tahan tombol power + tombol volume atas pada saat bersamaan (beberapa ponsel terkadang menggunakan tombol power + volume bawah);

● Setelah itu, lepaskan tombol setelah ikon Android muncul di layar;

● Gunakan tombol volume untuk memilih "wipe data / factory reset" lalu tekan tombol power untuk konfirmasi. Pilih "Yes - delete all user data" dan konfirmasi, lalu pilih opsi "Reboot system now".

NOTE! factory reset akan menyebabkan semua data di ponsel sobat hilang, termasuk foto, pesan, aplikasi, kontak, dll. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan jelas sebelum menggunakan metode ini sob.

4. Masalah pada firmware menyebabkan layar ponsel tidak berfungsi.

Ponsel yang mengalami kegagalan saat sedang diupdate karena terputusnya internet atau masalah lainnya, bisa menyebabkan sistem corrupt dan ponsel tidak bisa menggunakan layar sentuh. Jika demikian, sobat bisa mengulangi proses update firmware atau mem-flash ponsel sobat.

5. Benturan menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi.

Untuk benturan yang tidak menyebabkan layar sobat retak atau rusak sobat dapat melakukan "factory reset" karna percaya tidak percaya, ada beberapa ponsel teman yang ternyata bisa kembali normal setelah melakukan metode ini.


Jika layar sentuh tidak kembali normal setelah mencoba metode diatas, mungkin layar sentuh sobat memang sudah benar-benar rusak. Sobat bisa membawanya ke tukang servis untuk memperbaiki ponsel sobat atau juga langsung dibawa ke service center tapi tetap akan dikenakan biaya karna ponsel jatuh termasuk human error yang tidak bisa sobat klaim garansi.

Artikel Menarik Lainnya: