7 Cara Menghilangkan Goresan Layar HP Smartphone

Melihat layar smartphone yang kinclong adalah keinginan setiap orang. Terlebih bagi seorang perfeksionis, pasti bakalan geli kalau lihat baret atau goresan yang ada pada layar. Karna bagaimanapun goresan atau baret dapat mengganggu pandangan sobat dan juga mengurangi estetika juga.

Meskipun memang saat ini hampir semua ponsel pintar menggunakan pelindung layar seperti gorilla glass, dragontrail dan kingkong glass tapi hal tersebut tetap tidak menjamin layar ponsel pintar sobat untuk bebas dari baret.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Seperti kata pepatah lama "mencegah lebih baik dari pada mengobati". Cara yang paling sederhana dan efektif untuk menghindari goresan adalah dengan menggunakan pelindung layar tambahan.

Jika ada sedikit dana lebih, pasang pelindung tambahan "tempered glass" ke ponsel sobat untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Selain anti gores jenis ini lebih awet dibanding yang plastik, juga lebih melindungi layar dari benturan sob. Mekipun terkadang membuat touch screen kurang responsive namun bagi sobat yang cinta keamanan pasti tidak akan rugi kok.

Tip praktis untuk menghilangkan goresan layar ponsel

Catatan : Sebelum melakukan trik ini, pastikan telepon sobat dimatikan, keluarkan baterai (jika bisa) dan tutup lubang port (usb, jack audio) telepon sobat dengan isolasi untuk mencegah kemasukan zat cair/bubuk.


Daftar Triks

1. Bersihkan layar hp smarphone dengan pasta gigi (untuk layar jenis plastik)

jangan kaget sob! Pasta gigi bisa memperbaiki goresan plastik dengan cara yang sama membersihkan gigi sobat dari 'jigong' dengan bahan-bahan abrasif. Cukup gunakan sedikit pasta gigi biasa pada kain dan oleskan ke daerah yang tergores. Pastikan menggosoknya dengan lembut sampai goresan hilang. Setelah itu, cukup gunakan kain basah untuk menghilangkan sisa-sisa pasta gigi dari layar sobat.

2. Bersihkan layar hp smarphone  dengan soda kue (baking soda) / bedak bayi

Bubuhkan soda kue / bedak bubuk dalam air dengan menggunakan perbandingan 2 : 1 untuk membentuk adonan kue pasta yang kental. Oleskan beberapa pasta ke kapas lalu gosok sepanjang permukaan layar dengan lembut. Bersihkan sisa dengan kain basah.

3. Bersihkan layar hp smarphone dengan produk penghapusan goresan mobil

Banyak produk penghilang goresan mobil di pasaran yang sering digunakan untuk membersihakan mika headlamp, seperti 3M Scratch atau Turtle Wax atau yang sejenisnya yang mengandung Polishing compound. Mengingat adanya kemiripan antara mika pada headlamp dan layar pada ponsel, maka produk seperti ini bisa sobat pakai untuk membersihkan goresan dan membuat layar jadi kinclong. Cukup oleskan pasta compund tersebut ke kain lembut dan kemudian gosok ke area yang terkena goresan.


Baca juga :

4. Bersihkan layar hp smarphone menggunakan minyak nabati / minyak goreng 

Untuk goresan kecil yang tampak tersembunyi, minyak nabati dikatakan bekerja dengan baik sebagai solusi 'sementara'. Satu tetes minyak nabati yang dioleskan langsung ke goresan pada layar bisa menjadi perbaikan yang cepat dan efektif. Tapi trik ini sebenarnya bukan untuk menghilangkan goresan, melainkan hanya menyamarkan saja ya sob, jadi efeknya hanya sementara. Tapi ingat sob, jangan gunakan minyak bekas gorengan ikan asin ya...

5. Bersihkan layar hp smarphone dengan body lotion / hand body

Produk perawatan kulit biasanya digunakan untuk melembabkan kulit sobat, tapi ternyata juga bisa menjadi cara terbaik untuk menyamarkan goresan pada layar sobat. Caranya yaitu, keringkan sepotong tisu basah dan oleskan beberapa hand body, lalu gosok goresannya sampai terlihat bersih.



6. Bersihkan layar hp smarphone dengan telur dan tawas

Sebuah tutorial online yang pernah admin baca mengatakan bahwa mencampur putih telur dan tawas (kalium aluminium sulfat (KAl(SO4) 2.12H2O) ) bisa menghilangkan goresan.

Untuk ini, sobat memerlukan kain halus, putih telur dan tawas, yang bisa dibeli di toko kimia, toko bangunan atau apalah.

Kemudian campur satu butir telur putih dan satu sendok teh tawas dalam panci. Panaskan sampai mendidih. Rendam kain halus dalam campuran telur dan tawas. Lalu jemur kain yang sudah direndam tadi sampai kering dan bilas dengan air dingin selama 20 sampai 30 detik. lalu biarkan kain kering selama 48 jam. Kemdudian gunakan kain itu untuk menghilangkan goresan. Rumit ya sob...


7. Bersihkan layar hp smarphone dengan kaca poles / compound bubuk (untuk layar kaca)

Jika ponsel sobat memiliki layar yang terbuat dari kaca, maka penggunaan bubuk cerium oxide polish layak untuk dicoba. Jika sobat bingung dengan cerium oxide polish, sobat bisa sebut saja dengan kompon bubuk ( atau compound) dan bisa sobat beli di toko alat mobil.

Untuk menggunakan trik ini yaitu campurkan satu sendok teh bubuk compound dengan air sampai tercipta bubur, pastikan pastanya cukup encer agar bisa meresap ke dalam kain. Celupkan kain poles yang halus (sebaiknya pakai kain microfiber) ke dalam campuran compound yang sudah jadi pasta, dan gosok perlahan daerah yang tergores, sering-sering untuk memeriksa kondisi goresan setiap 30 detik agar layar sobat tidak aus. Ulangi prosesnya hingga goresannya hilang lalu lap dengan kain basah.


Trik diatas bisa sobat satu persatu sampai goresan pada layar sobat hilang. Namun mencegah layar terkena goresan adalah yang paling bagus. Selalu jauhkan ponsel sobat dengan tidak menaruhnya bersamaan dengan, kunci kontak, barang-barang tajam, batu bata dll ya sob...

Artikel Menarik Lainnya: