Filter Layarmu Agar Mata Tidak Sakit Saat Menggunakan Gadget



Jellykom - Filter Layarmu Agar Mata Tidak Sakit Saat Menggunakan Gadget | Mata adalah suatu organ penglihatan manusia yang berfungsi untuk mendeteksi adanya cahaya. Hal paling sederhana yang bisa dilakukan mata adalah untuk menentukan lingkungan sekitar apakah gelap ataupun terang, dan yang lebih kompleks lagi, yaitu sebagai organ visual.
Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting, karena hampir setiap melakukan aktifitas, kita membutuhkan bantuan mata. Tak terkecuali saat sobat mengoperasikan gadget, baik itu untuk sekedar sms, browsing ataupun bermain game.

Mungkin ada sebagian atau malah sobat sendiri termasuk orang yang bisa dikatakan sebagai maniak dalam menggunakan gadget sampai berjam-jam bahkan sampai lupa waktu. Baru bangun tidur yang pertama dilihat gedget, mau tidurpun yang terakhir dilihat juga gadget. Bila melototin gadget hanya dilakukan sehari dua hari mungkin masih belum terlalu berasa dimata sobat, namun bila sudah tiap hari dan terlalu keseringan, maka mata sobat bisa sakit dan terasa nyeri.

Penyebab mata nyeri selain karna terlalu lama menatap gadget yaitu disebabkan adanya radiasi dari backlight pada LCD gadget sobat. Radiasi dari cahaya LCD yang paling berbahaya adalah yang berwarna biru (Blue Light), yang menurut para peneliti bisa menyebabkan kebutaan bila terlalu lama terpapar ke mata. Nah loh... kalau udah kayak gitu mau gimana coba..?

Agat sobat nantinya tidak menyesal karena mengalami sakit atau gangguan pada mata, maka ada baiknya sobat mengikuti tips sederhana dibawah ini:

1. Sering-Sering Berkedip
Ketika sobat menatap gadget, otomatis frekuensi mata untuk berkedip semakin berkurang, nah disinilah yang menjadi penyebab mata pedih karena selaput mata kering.
Bila sobat menatap layar gadget, usahakan mata sobat harus berkedip minimal 2-3x lebih sering dibanding saat tidak mengoprasikan gadget. Dan apabila sobat sudah mengikuti tips ini namun tetap terasa pedih, berarti tandanya sobat memang harus beristirahat, walaupun hanya sejenak.

2. Sesuaikan Dengan Cahaya Sekitar
Cahaya sekitar sangat berpengaruh ketika sobat mengoperasikan gadget. Jadi, sesuaikan kondisi pencahayaan sekitar sobat hingga sobat merasa nyaman saat menatap layar LCD. Tujuan dari tips ini yaitu untuk mencegah sobat mengalami penyakit mata permanen yaitu degenerasi makula. Karena saat LCD gadget lebih terang dari cahaya sekitar, maka cahaya yang masuk ke mata akan menjadi lebih kuat. Dan bahayanya penyakit ini yaitu, sobat bisa mengalami kebutaan permanen.

3. Terapkan Trik 20^3
Dengan menerapkan tips ini, semoga saja bisa mencegah sobat dari yang namanya mata minus alias rabun dekat. Cara penerapannya yaitu, tiap kali sobat menatap gadget selama 20 menit, maka sobat harus mengalihkan penglihatan ke arah objek-objek yang berjarak 20M atau lebih selama 20 Detik. Dengan begitu, maka lensa optik pada mata sobat akan terjaga dan tetap elastis.

4. Gunakan Screen Filter LCD (Blue Filter)
Bagi sobat yang punya gadget Android, silahkan sobat download aplikasi Screen Filter. Tujuan aplikasi ini adalah untuk menyaring/memfilter cahaya biru yang tidak baik untuk kesehatan mata. Banyak fitur yang ada di aplikasi gratisan ini sob, mulai memfilter secara manual, berdasarkan jam yang kita atur, memfilter bedasarkan biorithym dll.
Dan yang paling ane faforitkan yaitu, adanya firur Anti Strain. Jadi, bila fitur ini diaktifkan, tiap waktu tertentu akan muncul ikon mata yang mengelilingi LCD dan membuatnya terlock. Tujuannya yaitu agar mata tidak kaku.
Bila berminat silahkan download aplikasi ini.

Download Screen Filter via Playstore





Selain melakukan tips-tips diatas, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mata dengan memakan makanan yang mengandung vitamin A sob.
Semoga tips diatas bisa membantu...



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments

Mohon berkomentar menggunakan bahasa yang sopan ya sob EmoticonEmoticon