Cara Kirim Data dari Android ke Komputer atau Sebaliknya Tanpa Kabel

Cara Kirim Data dari Android ke Komputer atau Sebaliknya Tanpa Kabel | Pertukaran data antara HH atau smartphone android dengan Laptop/komputer sudah sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk mengkopi data berupa lagu, film, dokumen ataupun file lainya. Untuk menghubungkan HH Android dengan Laptop/komputer alat atau konektifitas yang sering kita gunakan biasanya adalah berupa kabel data bukan? Udah nggak etis lagi kan, kalo harus buka casing buat ngelepas memory card buat dipasang ke card reader... itu mah jamannya emak gue..

Baca juga : Pantau Suhu Laptop Secara Real Time (CPU GPU HDD)

Selain kecepatan transfer datanya yang tinggi, saat HH tercolok kabel data, kita juga bisa sekalian mencharge HH. Namun, adakalanya kita lupa membawa kabel data, sedangkan saat itu sedang dibutuhkan. Mau transfer pake bluetooth? Iya kalau datanya kecil. Kalau besar? Mau selesai kapan? Tapi tenang gan, disini saya punya solusinya..

Seperti yang kita ketahui, sekarang hampir semua (mungkin juga semua) HH android sudah tertanam yang namanya wireless (Wi-Fi). Teknologi nirkabel yang biasanya kita gunakan untuk mengakses internet berkecepatan tinggi ini juga bisa kita gunakan sebagai media pertukaran data antara Laptop/Komputer dengan HH Android. Selain Kecepatannya lumayan tinggi (Sekitar 2-6 MB/s) jangkauanya juga lebih jauh bila dibandingkan dengan bluetooth.

Baca juga : Awas Baterai Meledak! Pantau Suhu Baterai Androidmu!

Nah, untuk menghubungkan antara HH Android dengan komputer, kita membutuhkan sebuah media berupa aplikasi kecil dan free yang kita install di Android. Nama aplikasi pihak ketiga ini yaitu "Software Data Cable". APPS inilah yang nantinya akan menjadi jembatan berupa jaringan FTP melalui wireless/ wi-fi tathering.

Untuk triknya, silahkan agan ikutin caranya dibawah ini:

1. Download aplikasi Software Data Cable [Direct Google Drive] [Playstore] atau Scan QR Code

2. Setelah selesai donlot, langsung aja install dan buka aplikasinya..


3. Buka pengaturan/setting dipojok kanan bawah


4. Pada bagian "Connection authentication", isikan username dan password yang agan mau [Ini digunakan saat akan masuk koneksi FTP]


5. Pada bagian "Set up Wi-Fi Hotspot , isi Network SSID dan Password [Ini digunakan saat kita akan mengkoneksikan hotspot HH-Komputer]


[ Note: Hilangkan ceklist pada "Save device storage" bila tidak ingin data terhapus setelah selesai disalin ]

6. Kembali ke menu utama, tekan "START SERVICE" lalu pilih "Create Network"

[Jika sudah sampai tahap 6, berarti setingan pada HH telahselesai, selanjutnya koneksikan wifi tathering pada laptop/komputer]

8. Buka My Computer, lalu isikan ftp://192.168.43.1:8888/ (Alamat FTP sesuaikan dengan yang muncul pada menu awal Software Data Cable)




9. Saat muncul jendela Login FTP Masukan username dan password agan [Cara No 4]


10. Silahkan Berbagi data....

Tambahan Info. Untuk mengakses FTP, selain bisa menggunakan jendela Explorer, agan juga bisa menggunakan aplikasi browser (Chrome, Firefox, IE dll), ataupun sofare FTP (FileZilla). Caranya tinggal masukin alamat ftp pada address bar.

Kekurangan dan Kelebihan Trik ini:

Kelebihan:
-Gak perlu ribet bawa kabel data
-Kecepatan Koneksi lumayan tinggi
-Area angkauan lebih luas

Kekurangan:
-Butuh USB Wireless pada Komputer (Coz gak kaya leptop)
-Lumayan ribet untuk seting pertama kali

Tested On:
-Asus Zenfone 4 (Android Kitkat 4.4.2 OS) With
-Notebook OS Windows XP and Windows 7

Sekian dulu tutorial yang bisa saya share kali ini, semoga bisa membantu dan menambah wawasan buat kita semua. semoga bermanfaat.
Sampai jumpa pada postingan berikutnya

Artikel Menarik Lainnya:

Oldest Post
Oldest Post