Pantau Suhu Laptop Secara Real Time (CPU GPU HDD)

Jellykom - Berawal dari kebiasaan buruk admin yang sering bermain game berat tanpa jeda selama berjam-jam, akhirnya pengalaman terburuk pun terjadi pada laptop tercinta. Ya, laptop admin rusak karna kepanasan (overheat). Padahal setiap main game, admin selalu menggunakan cooling pad loh...

Usut punya usut, setelah dibawah ke tukang servis ternyata Chipset VGA yang jebol dan harus ditebus dengan mahar 750 ribu sob! Gejala atau tanda jika chipset VGA rusak atau mati adalah layar laptop blank, meskipun lampu indikator, fan dan bahkan suara start up windows bunyi saat dihidukan laptopnya tapi tampilan layar tetap hitam.

Baca juga : 5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Hard Disk dan SSD Baru

Berdasarkan riset yang admin lakukan, komponen pada laptop yang manghasilkan panas paling besar adalah CPU/Prosesor dan GPU (Kartu Grafis/Chipset VGA). Dan jika dibadingkan dari kedua komponen diatas, GPU cenderung lebih cepat panas, tapi suhu GPU lebih lama turun bila dibandingkan CPU/Prosesor karna heatsink CPU/Prosesor lebih dekat dengan Fan (Kipas).

Kemudian hasil riset kedua yaitu, setelah diamati lebih lanjut, TJunction atau toleransi suhu maksimal chipset VGA kemungkinan besar lebih rendah bila dibandingkan dengan CPU/Prosesor. Terlebih lagi bila tipe pin/socketnya PGA (Pin Grid Array) dan bukan BGA (Ball Grid Array).

Baca juga : Awas Baterai Meledak! Pantau Suhu Baterai Androidmu!

Mengantisipasi Laptop overheat dan mencegah rusaknya chipset VGA karna pengalaman pahit diatas, mulai saat itu admin selalu memantau suhu CPU/Prosesor dan GPU secara real time. Kemudian mengatur jendela peringatan bila suhu telah cukup tinggi agar kita bisa sejenak mengistirahatkan laptop biar suhunya sedikit turun.


Melihat grafik suhu laptop


Sobat bisa pantau suhu CPU, HDD, dan GPU Secara Realtime


Bisa juga melihat suhu laptop melalui widget

Melihat informasi kesehatan Hardisk (S.M.A.R.T)

Fitur lengkap Argus Monitor

-Memonitor suhu hard disk drive dan status kesehatan hard disk (SMART)
-Memperingatkan dengan probabilitas hingga 70 persen sebelum hard drive rusak/eror
-Tampilan grafis dari suhu harddisk
-Monitoring dan tampilan grafis suhu GPU
-Tampilan grafis dari suhu CPU (tiap core)
-Tampilan grafis dari frekuensi inti (total)
-HDD / SSD benchmark - mengukur waktu akses dan kecepatan transfer hardisk
-Tampilan kecepatan sistem
-Tampilan dan kontrol kecepatan kipas kartu grafis Nvidia dan ATI / AMD yang modern
DOWNLOAD ARGUSMONITOR


Artikel Menarik Lainnya: