Mengkoneksikan Database MySql di Delphi

Jellykom | Mengkoneksikan Database MySql di Delphi - Dalam dunia programming, penggunaan database merupakan suatu hal pokok yang tak bisa dipisahkan, tak terkecuali Delphi. Penggunaan database bisa mempermudah programmer untuk menyimpan data-data penting dengan aman dan mudah. Salah satu Data Base Management System (DBMS) yang sering digunakan yaitu MySql.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Folder (Super Aman)

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang digunakan untuk mengkoneksikan database MySql dengan Borland Delphi 7. Terdapat 3 tahapan pertama, yaitu membuat database MySql, tahapan kedua mengkonfigurasi ODBC Connector, tahap ketiga menghubungkan ODBC Connector ke Form Delphi. Untuk softwarenya, silahkan unduh dibawah ini:

Database MySQL (Pilih Satu): [Download MySQL] [Download Xampp] [Download Wamp]

ODBC Connector [Download ODBC Connector]


Mengkoneksikan Database MySql di Delphi


Tahap 1, Membuat Database MySQL


1. Buat sebuah database MySQL, misalnya "belajar"



2. Buat Tabel dan field yang sobat inginkan, lalu tentukan masing-masing fieldnya



Tahap 2, Mengkoneksikan database MySQL Pada ODBC Connector


1. Aktifkan ODBC Connector melalui Run Program (Win+R), lalu ketikan "ODBCAD32"

2. Setelah muncul jendela ODBC Data Source Administrator, buat Data Source Baru dengan mengklik "ADD", lalu pilih MySQL ODBC ANSI Driver



3. Isikan konfigurasinya seperti pada gamber dibawah ini. Pada bagian "User", isikan user yang sobat gunakan pada user MySQL. Bila belum pernah mengubahnya, maka gunakan "root" dan kosongkan password. Tekan "Test" untuk menguji apakah database sudah terhubung.



Tahap 3, Menghubungkan MySQL ke form delphi


1. Buat sebuah form pada delphi. Lalu masukan juga komponen-komponen berikut
- ADO Connecion1
- ADO Query1
- Data Source1
- DBGrid1


2. Klik ganda ADO Connectio1, lalu klik "Build". Setelah muncul link properties, pilih "OLE DB Provider for ODBC Drivers" lalu klik Next. Isikan nama Data Source yang sebelumnya telah dibuat pada ODBC Conncetor (contoh: belajar). Klik Test untuk ujicoba.


3. Seting Komponen lain dengan konfigurasi dibawah ini:


4. Finish...


Sekian yang bisa saya bagikan dengan sobat sekalian. Apabila sobat belum paham dengan tutorial diatas, sobat bisa menanyakannya langsung dengn saya. Semoga bermanfaat.

Good Luck...

Artikel Menarik Lainnya: