Penyebab dan Cara Mengatasi Android Lemot Hingga Tuntas

Jellykom - Penyebab dan Cara Mengatasi Android Lemot | Android merupakan sistem operasi Smarthphone yang saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna dari seluruh dunia. Dengan segala kelebihannya, mulai dari sekedar browsing, memutar musik, fotografi dapat dilakukan dengan mudah. Namun dibalik banyaknya fitur tersebut, terkadang malah membuatnya menjadi lemot.

Lambtnya respon dari gadget saat sobat beraktifitas tentunya akan sangat mengganggu bukan? Sampai jempol terasa kriting tetapi layar tidak mau berubah. Terkadang untuk membuka aplikasi bisa menghabiskan kopi satu gelas baru bisa terbuka karna saking lamanya. Tapi tenang sobat, tak ada masalah tanpa adanya solusi jika kita mau berusaha.

Baca juga : Bahaya Menghubungkan Aktif Speaker/Salon ke HP Terlengkap

Pada dasarnya penyebab lemotnya gadget android kebanyakan disebabkan karna pengguna itu sendiri sobat. Kenapa bisa begitu? jawabannya simpel. Tiap gedget saat baru pertama kali dipakai (open box) nggak ada yang lemot. Kecuali jika memang spesifikasinya jelek gak ketulungan hehe..
Oke, disini ada beberapa tips yang mungkin bisa sobat terapkan di gadget sobat agar bisa menjadi lebih ringan dan lanjay.

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Lemot


1. Tutup Aplikasi yang Tidak Sedang Digunakan
Tips nomor satu biasanya merupakan kebiasaan buruk dari sobat sendiri. Buka aplikasi banyak, tapi tak pernah ingat untuk meng-close/menutupnya. Kalau diibaratkan, buka pintu tapi gak ingat nutupnya, ya bakalan banyak ayam masuk terus eek dirumah sob.

Baca juga : 5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Android Tanpa Root

Tiap aplikasi yang sobat buka sebelumnya meskipun sobat telah pindah ke aplikasi yang lain sebenarnya masih tetap berjalan dibelakang (backstreet) yang tentunya akan memakan memori dan sumberdaya yang lainnya. Efeknya, gadget sobat bakalan lemot, terlebih kalau spek pas-pasan hehe..

Untuk tips yang satu ini, biasakan setiap membuka aplikasi, dan setelah aplikasi tersebut tidak dipakai langsung diclose ya sob.




2. Hapus Aplikasi Tak Terpakai/Gak Penting-Penting Amat
Gadget sobat memang bisa untuk diinstal banyak aplikasi ataupun game. Tapi usahakan jangan menginstllnya hanya untuk gaya-gayaan yang sifatnya aplikasi itu hanya sesekali pakai.

Jangan ikut-ikutan anak jaman now yang suka gaya ya sob. karna pada dasarnya semakin banyak aplikasi yang diinstal maka akan semakin banyak memori yang akan digunakan. Dan jika space dari memori gadget sobat tinggal sedikit, maka performa gadged juga akan semakin menurun n lemot.



Dan rupa-rupanya, data aplikasi itu masih tersimpan di app drawer yang akan membuat kinerja gadget jadi ngos-ngosan karena memakai sumber CPU dan berjalan di background dan terkadang sobatpun gak sadar.

Solusi terbaik, Uninstall aplikasi ataupun game yang sobat jarang gunakan. So, bijaklah sebelum menginstall apapun ya sob.


3. Hapus Data yang Gak Penting
Bagi sobat yang suka males bersih-bersih, udah gak heran jika gadgenya jadi lemot n susah dapet gebetan. Kalau mau nabung duit gak papa sob, kalu sampah jangan ya..
Jika memori pada gadget sobat hanya tinggal sedikit, nantinya akan mempengaruhi performa gadget sobat sendiri. Rutinlah melakukan bersih-bersih dari data yang sobat rasa sudah tidak digunakan, terutama di penyimpanan internal.

Kalau sobat merasa sayang atau bingung untuk menghapus data sobat seperti film ataupun file lagu, sobat bisa memindahkannya ke memori external ataupun mentrasfernya ke leptop sobat. Namun jika memang tidak terpakai, alangkah bijaknya jika sobat hapus saja.



4. Bersihkan Cache
Cache sebenarnya memiliki fungsi untuk mempercepat gadget sobat dalam membuka sebuah aplikasi karna sebagian data bisa dengan cepat diakses. Akan tertapi terkadang data yang duigunaka oleh cache malah terlalu besar dan menghabiskan free memori internal dari gadget sobat.

Jika data pada caache sudah terlalu banyak, sobat bisa sesekali melakukan Clear Cache untuk membersihkannya sehingga memori sobat bisa sedikit lega.


Oh iya, sobat bisa membersihkan data cache dari aplikasi secara langsung. Caranya yaitu, masuk ke Setting, pilih Applications, lalu pilih Application Manager dan pilih aplikasi yang ingin sobat dibersihkan dosanya.


5. Pastikan SD Card OK
Sebenarnya untuk kasus ini, semuanya tergantung dari dari saat sobat memilih SD Card. Untuk gadget saat ini, spesifikasi minimum SD Card adalah Class 10 dan Speed Minimal 48 MB/S (recomend admin 80 MB/S).

Penyebab lemotnya gadget terakadang juga dipengaruhi oleh SD Card sobat. Bila source dari SD Card telah terpakai penuh, maka akan menyebabkan gadget jadi patah-patah dan lemot. jika terjadi hal demikian, sobat bisa meemformatnya untuk memastikan jika SD Card berfungsi dengan normal.

Sebelum melakukan format pada SD Card sobat, sebaiknya sobat backup dulu karna nantinya semua data yang tersimpan akan musnah.


Oh iya, Jika usia SD Card sobat sudah lebih dari 2th ada baiknya sobat menggantinya dengan yang baru. Terlebih jika sobat sering melakukan download dan menyimpan file berukuran besar di SD Card. Karna, semakin tua usia SD Card, semakin lambat kecepatan aksesnya. terkadang file yang tersimpan juga sering corrupt.


6. Factory Reset/Kembali Kepengaturan Pabrik
Jika langkah-langkah diatas masih tidak manjur, langkah terahir yang bisa sobat coba adalah dengan melakukan factory reset.

Tapi yang perlu sobat ingat, jika sobat melakukan factory reset, maka seluruh data di memori sobat akan hilang total babar blas, termasuk seluruh aplikasi dan data account yang tersimpan. Kemudian gadget sobat akan seperti baru lagi. Oleh karena itu,sebelum melakukan factory reset jangan lupa backup dulu sobat


Untuk melakukan fatory reset, sobat dapat masuk ke Setting. Kemudian pilih menu Backup & Reset dan lalu Factory Data Reset.

Sekiap tips yang bisa admin bagi ke sobat
Selamat mencoba...

Tag: Mengatasi Lemot, Android Lemot, Mempercepat Android

Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser