5 Kelebihan Snapdragon 845 Yang Akan Mempengaruhi Ponsel Flagship Masa Depan

Jellykom.com - Menurut berita baru-baru ini, Qualcomm telah meluncurkan Chip generasi terbaru, Snapdragon 845 yang pasti akan memiliki pengaruh yang sangat besar di tahun depan terutama pada kalangan produsen handset Android premium.

Pada seri sebelumnya, Snadpdragon 835 sebagian besar difokuskan pada kinerja dan kecepatan, kini Snapdragon 845 membawa perangkat tambahan untuk memproses data AI, foto, dan, tentu saja, daya tahan baterai juga akan semakin irit. Kita mungkin harus menunggu sampai Galaxy S9 untuk melihat SoC ini di ponsel Samsung, namun biasanya produsen ponsel lainnya seperti Xiaomi dan Asus lebih dulu mencicipi Soc terbaru ini.


Berikut adalah 5 kelebihan Snapdragon 845 yang berdampak pada ponsel flagship Android masa depan:


1. Kecepadan Koneksi Internet Makin Cepat


Arsitektur SD 845 sama dengan prosesor 10nm Okta-core pada SD 835, jadi mungkin Galaxy S9 atau LG V40 akan membawa banyak peningkatan kinerja diatas S8 dan V30 yang terlalu besar. Qualcomm mengatakan SD 845 akan membuat grafis 30 persen lebih cepat daripada SD 835, meskipun begitu mungkin perubahan tersebut tidak terlalu nampak jika digunakan di dunia nyata.

Kecepatan yang paling nyata akan datang dari komponen modem. SD 845 menggunakan generasi kedua modem X20 Gigabit LTE, yang mendukung kecepatan 1.2Gbps Gigabit LTE Cat 18 serta multigigabit 802.11ad Wi-Fi untuk download lebih cepat. Tentu saja, kecepatan juga masih tergantung dengan kualitas jaringan, tetapi Qualcomm mengatakan modem baru akan memungkinkan pengguna untuk men-download film 3GB dalam waktu kurang dari tiga menit lebih di mode LTE.


2. Baterai Makin Awet

SD 835 membawa peningkatan yang besar dalam daya tahan baterai yang akan mempermudah setiap orang. Qualcomm mengatakan SD 845 akan membuat 30 persen lebih efisien daripada daya di SD 835, yang bisa membuat ponsel sobat bisa bertahan tanpa dicharge lagi setelah 2 hari.

Qualcomm telah memfokuskan pada optimalisasi core chip SD 845, sehingga prosesor akan dapat menngerjakan tugas-tugas dengan cerdas berdasarkan kebutuhan daya. Akibatnya, perekaman video akan memanfaatkan tenaga 30 persen lebih sedikit. Berkat sistem Adreno Foveation baru, yang menggunakan sistem pelacakan untuk menentukan area mana dari layar untuk sepenuhnya diproses.


3. Pemrosesan Makin Pintar

Bulan lalu, Huawei merilis Mate 10 dengan Processing Unit Neural, dan Snapdragon SD 845 juga tidak akan kalah. Generasi ketiga dari mesin nural processing engine akan sepenuhnya membuat Android belajar dan memiliki kemampuan AI (Artificial Intellegence) atau kecerdasan buatan.

Qualcomm mengatakan Snapdragon 845 akan mendukung kerangka kerja AI seperti TensorFlowLite Google dan FaceBook Caffe2, serta yang dioptimalkan untuk jaringan baru. Menggunakan Prosesor Hexagon Digital Signal baru, chip akan tiga kali lebih cepat dengan kinerja AI, artinya ponsel akan lebih efisien dan menggunakan daya yang lebih kecil untuk tugas umum dan berulang-ulang. Hal ini juga akan menggunakan audio subsistem rendah daya untuk asisten digital, sehingga berbicara menggunakan telepon sepanjang hari tidak akan menghabiskan baterai sobat.


4. Kualitas Gambar dan Video Semakin Baik


Kamera pada smartphone sesungguhnya hanya melakukan sebagian dari pekerjaan ketika digunakan untuk mengambil gambar. Sebagian besar prosesnya ditangani oleh prosesor image signal. Qualcomm Spectra 280 ISP telah ditingkatkan dalam Snapdragon 845. Alih-alih meningkatkan resolusi yang telah cukup banyak dilakukan pada smartphone, chip baru berfokus pada volume warna, berarti foto akan lebih kaya, lebih dalam, dan lebih akurat dari sebelumnya.

Chip baru akan dapat mengambil foto yang lebih baik dalam cahaya minim, berkat pengurangan multi-frame, suara, auto-focus lebih cepat, dan image stabilization pun juga dipercepat. ISP juga akan memungkinkan potretan yang lebih baik dengan berbasis kedalaman pengenalan wajah atau face recognition. Di sisi video, chip akan memungkinkan ultra-HD premium video capture untuk video 4K 60-fps, serta 720p 480-fps gerak lambat video capture yang membuat pengalaman bervideo sobat makin terasa hebat.


5. Sistem Keamanan Makin Canggih


Seperti Secure Enclave Apple, Qualcomm memperkenalkan Secure Processing Unit (SPU) di Snapdragon 845 yang akan menyimpan data sobat dari jatuh ke tangan yang salah. Dengan bagian prosesor khusus tersendiri, SPU akan meciptakan "pulau aman" untuk melindungi sidik jari, iris, dan mengolah scan biometrik. Secure Chip juga akan menyimpan informasi pembayaran dan kartu SIM data untuk kemanan yang ketat.

Artikel Menarik Lainnya: