Fitur Instan Apps pada Android yang Wajib Kamu Ketahui: Ulasan dan Tanya Jawab

Jellykom.com - Setelah beberapa aplikasi Google Instan Apps telah diluncurkan ke Play Store, sobat dapat mencoba beberapa aplikasi yang ada disana. Meskipun untuk sementara ini hanya terbatas untuk beberapa aplikasi, kedepannya ribuan aplikasi dan game akan segera tersedia dalam bentuk instan app juga. Baca juga 6 Fitur Baru dan Keren Android 8.0 Oreo yang Bakal Bikin Iri


Apa sebenarnya yang Instan Apps? Dan bagaimana cara sobat mendapatkannya? Silahkan simak infonya dibawah ini:

Apa Itu Instan Apps?

Instan Apps adalah langkah selanjutnya bagi android dalam mengevolusi sebuah aplikasi dalam meningkatkan kecepatan dan kekuatan dari aplikasi berbasis web. Jadi, aplikasi tersebut terlihat dan beroperasi seperti salah satu aplikasi yang diinstal pada ponsel sobat, tetapi sobat tidak perlu men-downloadnya. Jadi untuk mencoba atau mengetes aplikasi tertentu sobat bisa mencobanya secara langsung tanpa perlu donwlod dulu sob, demo version lah istilahnya.

Jadi, Instan Apps tidak terinstall pada ponsel saya?
Benar. Menggunakan Instan Apps mirip dengan browsing ke halaman web. Setelah sobat menutup jendela/halaman, maka aplikasi tersebut akan menghilang.

Apakah Instan Apps memiliki keterbatasan?
Iya dan tidak. Instan Apps tidak memiliki keterbatasan teknis, dan pengembang dapat memberikan hal-hal seperti pendaftaran akun, pembelian, dan video, seperti di aplikasi biasa. Namun, Instan Apps dapat secara khusus ditargetkan, sehingga pengembang bisa memilih untuk memberikan suatu bagian tertentu dari aplikasi mereka untuk pengguna pada waktu tertentu. Yang secara efektif akan “mengunci” sebagian fitur penuh aplikasi sampai pengguna memutuskan untuk men-download versi lengkap.

Apakah perlu koneksi internet/online untuk menggunakan Instan Apps?
Seperti Progresif Web Apps, Instan Apps dapat dirancang untuk bekerja secara online, namun beberapa fitur akan diakses hanya ketika terhubung ke jaringan internet.

Dapatkah Android versi apapun menjalankannya Instan Apps?


Kurang lebih ya. Google mengatakan hampir semua ponsel Android dapat menjalankan, bahkan yang versi lama seperti Jelly Bean dapat menjalankan Instan Apps, meskipun beberapa ponsel mungkin tidak mampu menggunakannya.

Apa yang dibutuhkan untuk menggunakan Instan Apps?
Sobat harus mengaktifkan Instan Apps di akun Android sobat. Masuk ke Settings lalu cari pengaturan Akun Google sobat. Gulir ke bawah ke Instan Apps, kemudian aktifkan, dan tekan Yes I’m in pada tampilan berikutnya.

Bagaimana saya tahu saya menggunakan Instan Apps?


Nah, intinya adalah bahwa sobat tidak seharusnya tahu kapan sobat menjalankan Instan Apps. Develop akan meluncurkan seperti aplikasi pada umumnya, dan menawarkan pengalaman yang sama kok. Tetapi ada beberapa tanda-tanda. Salah satunya yaitu Instan Apps akan menyertakan link untuk men-download aplikasi tersebut secara full di bagian atas layar. Juga, jika sobat menggunakan browser ketika sobat membuka Instan Apps, address bar akan hilang ketika sobat mengklik link "Instan".

Dapatkah saya berbagi Instan Apps?
Ya, dan pada kenyataannya itu keuntungan utama dari Instan Apps. Jika sobat melihat artikel yang sobat suka dalam aplikasi Buzzfeed, misalnya, sobat dapat berbagi dengan teman dan teman sobat akan dapat menggunakannya bahkan jika sebelumnya belum diinstal.

Bagaimana cara menemukan aplikasi Instan Apps?
Sobat secara khusus mencarinya di Play Store. Sobat juga bisa mengirimkan link yang menuju ke Instan Apps, atau sobat bisa melakukan pencarian Google yang mengirim sobat ke salah satu link Instan Apps. Untuk mengujinya, ketik NYT Crossword ke browser Chrome di ponsel Android sobat dan tekan pada hasil dengan kata “Instan” di sebelahnya. Lalu buka link itu, dan sobat akan dibawa ke aplikasi New York Times Crossword secara langsung.

Bagaimana cara menemukan aplikasi Instan Apps di Play Store?


Ketika sobat mengunjungi halaman aplikasi yang memiliki fitur Instan App, akan ada tombol Try Now. Tekan dan sobat akan menuju ke aplikasi Instan Apps untuk mencobanya.

Adakah Instan Apps yang dapat dicoba sekarang?
Saat peluncuran, hanya ada beberapa aplikasi untuk mencoba, tetapi nantinya akan ada lebih banyak lagi kok. Berikut ini ada beberapa yang dapat sobat ujicoba:

(Note: Gunakan Google Chrome untuk mencoba Instan Apps diatas sob)

Dapatkah saya melihat History Instan Apps yang pernah dicoba?
Jika sobat kembali ke Instan Apps di tab setelan Akun Google sobat, sobat dapat melihat History Instan Apps yang sobat telah gunakan sebelumnya.

Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser