5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Android Tanpa Root

Jellykom.com - Dengan banyaknya jumlah aplikasi musik baik online dan offline - maka mendengarkan musik bisa dibilang adalah kegiatan sehari-hari yang tak pernah terlewatkan. Tetapi lebih sering daripada tidak, sebagian dari kita hampir tidak memperhatikan mengenai pengaturan audio yang menyebabkan audio lagu menjadi kurang berkualitas.

Dan seperti halnya dengan banyak trik oprek, sebagian besar dari mode audio yang terkunci hanya untuk android yang sudah root.

Tapi selama bertahun-tahun, ponsel tanpa root juga memiliki beberapa trik yang dapat meningkatkan kualitas audio di ponsel Android dengan sekejap.

Berikut adalah 5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Android Tanpa Root

1. Cari App Equalizer yang bagus

Tidak diragukan lagi, kunci untuk audio yang baik di Android terletak pada aplikasi equalizer. Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa sebagian besar aplikasi musik atau aplikasi video yang tidak memiliki kontrol pro untuk menyesuaikan bass atau meningkatkan treble.


Aplikasi yang membantu dalam menghilangkan masalah ini adalah aplikasi Equalizer & Bass Booster. Di App ini juga dilengkapi dengan equalizer dan modulator audio yang dapat meningkatkan kualitas setiap lagu yang diputar di ponsel sobat.


2. Aktifkan Mono Audio Untuk Headphone

Jika sobat cukup sering mendengarkan lagu di headphone, sobat harus menyadari perbedaan volume dan kualitas setelah sobat pasang di telinga. Android Nougat memiliki opsi bagus untuk saluran audio kanan dan saluran audio kiri untuk memutar auido paralel di kedua sisi telinga, sehingga memungkinkan sobat menikmati lagu menjadi lebih baik.


Pengaturan ini dapat ditemukan di bawah pengaturan aksesibilitas. Jadi, yang harus sobat lakukan adalah mengaktifkan pilihan pemutaran audio Mono ke On.


3. Putar Lagu Streaming di Kualitas Tinggi

Sejak munculnya aplikasi seperti Spotify atau Google Play Music, banyak dari kita telah beralih ke online streaming daripada men-download lagu secara offline. Meskipun kedua metode memiliki pro dan kontra, yang menjadi tolak ukur adalah kualitas audio.


Sebagian besar aplikasi seperti Spotify, Google Music menyeting kualitas pemutar di Automatic. Di sini, kualitas otomatis kira-kira sekitar 128-160 kbps, yang menghasilkan suara lagu yang cukup layak didengar. Tergantung pada keinginan sobat, sobat dapat mengatur kualitas untuk yang Normal atau tinggi bahkan ekstrim.


4. Gunakan Kualitas Format Audio Tinggi

Dalam tips sebelumnya,admin sebutkan cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi online streaming. Tetapi jika sobat adalah salah satu yang mendengarkan lagu offline, usahakan mencari bit rate lagu yang tinggi. Meskipun ukuran file jadi lebih besar, tapi ukuran tidak menipu kualitas sob.

"Jika sobat suka MP3, cobalah untuk download lagu dengan bitrate 320 kbps atau cari lagu dengan format FLAC"

Baca juga : 5 Aplikasi Support FLAC pada Android Gratis!


5. Lubang Speaker Mungkin Tertutupi?

Tidak semua speaker ponsel terletak di bagian bawah ponsel. Beberapa smartphone seperti Samsung Galaxy A5 (2017) memiliki letak speaker di tepi. Hal ini memungkinkan audio mengalir bebas bukannya teredam oleh tangan. Jadi, ketika sobat menggunakan ponsel, pastikan lubang speaker tidak tertutup sob.

Dan yang terahir, jika sobat pengguna headset, sebaiknya kumpulkan dana untuk membeli headset yang berkualitas dengan keluaran suara yang jernih dan juga memiliki busa/karet headset yang baik.

Artikel Menarik Lainnya: