Rilis Android 8.0 Oreo dan Ponsel yang Kompatibel

Jellykom.com - Google telah merilis sistem operasi terbaru Android, Android 8.0 Oreo yang menambahkan sejumlah fitur baru yang berguna untuk ekosistem Android. Tapi seperti biasa, tidak setiap perangkat akan dapat update ke sistem operasi terbaru sob.

Kali ini Google membuat peluncuran OS Android 8.0 Oreo yang cukup mengesankan yang bertepatan dengan Gerhana Matahari yang melintasi di beberapa bagian Amerika Serikat.

Android O membawa beberapa fitur baru yang keren seperti integrasi Picture-in-Picture view, autofill, aplikasi instant dan banyak lagi. update Android 8.0 Oreo tidak hanya membawa fitur baru tapi juga beberapa tweak yang penting yang diklaim dapat membuat perangkat dua kali lebih cepat dari pada Android Nougat, dan fitur lain membantu dalam meminimalkan aktivitas latar belakang dari aplikasi yang paling sedikit digunakan. Meminimalkan aktivitas latar belakang dari aplikasi, juga memastikan kinerja baterai ditingkatkan yang dapat menghemat batreai. Selain itu, Google juga membawa emoji didesain ulang baru dengan update O Android terbaru loh. 6 Fitur baru Android 8.0 Oreo

Daftar Perangkat yang Kompatibel dengan Android Oreo

Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel, Pixel XL, Pixel C dan semua tipe Nexus juga akan kompatibel untuk menerima program Beta Android O. Google telah menyebutkan bahwa perangkat yang mengikuti program ini akan menerima update.

Selain itu, semua perangkat flagship terbaru dan beberapa smartphone mid dari produsen ponsel seperti Esensial, Nokia (HMD Global), Huawei, HTC, LG, Sony, Motorola, Samsung, Sharp Kyocera dan General Mobile juga akan menerima Android pembaruan Oreo.

Jika sobat ingin mencoba fitur Android Oreo sebelum resmi dirilis oleh operator atau produsen smartphone secara resmi, sobat dapat bergabung dengan program Android Beta. Tapi itu hanya mungkin jika sobat memiliki salah satu ponsel yang kompatibel yang tercantum di atas.

Kapan Android Oreo Bisa Didapat?

Pixel, Nexus 5X dan Nexus 5P pemilik perangkat akan menerima update 'prioritas', seperti yang disebutkan oleh Google. Proses build ini telah memasuki pengujian pada Pixel C dan Nexus Player. Karna pixel dan nexus memang mendapat dukungan penuh dari googole, maka sangat wajar bila ponsel tersbut lebih dahulu mendapatkan update.

Google telah membuat Android Open Source Project (AOSP) yang bisa digunakan semua develop. Nah, ini berarti perusahaan maupun develop dapat mulai menyesuaikan Android 8.0 Oreo sesuai dengan styling UI perangkat mereka, entah itu Xiaomi, Asus Oppo dll. Begitu juga dengan pengembang ROM seperti Multi ROM, Lineage OS juga sob.

Kabar baiknya, menurut Google, sobat dapat mengharapkan update Android Oreo pada ponsel sobat oleh produsen ponsel yang sobat miliki pada akhir tahun ini. Tapi sekali lagi, itu semua tergantung dari masing-masing produsen ya sob. Kalau belum kebagian, sabar dulu ya..

Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser