Cara Mudah Menggunakan Fitur Autofill Android 8.0 Oreo

Jellykom.com - Selain beberapa fitur baru di Android 8.0 Oreo yang telah admin posting sebelumnya, kali ini admin akan membahas lebih dalam mengenai fitur autofill atau pengisi otomatis.

Fitur autofill Android 8.0 Oreo adalah terobosan bagi hal yang paling merepotkan, yaitu: mengisi password. Fitur Google yang satu ini memungkinkan aplikasi untuk bertindak sebagai pengisi otomatis kolom akun pada tingkat sistem. Jadi, bukannya membuka password manager lalu menyalin password sobat, aplikasi yang sobat gunakan dapat mengotentikasi langsung dan mengisi informasi akun secara otomatis. Fitur ini memerlukan beberapa pengaturan, tapi gak ribet kok sob.

Autofill dalam versi Android Oreo menggunakan layanan aksesibilitas, yang memungkinkan aplikasi untuk menggunakan input teks dan blok. Google Smart Lock yang telah dikembangkan di Android 7.0 Nougat sebenarnya bekerja sedikit lebih baik, tetapi sebagian besar pengembang/develop tidak menambahkan dukungan yang lebih lanjut. Jadi, fitur autofill itu dirancang untuk membuat manajer password pada android sobat lebih mudah digunakan.

Tidak semua aplikasi password manager bekerja dengan fitur ini, tetapi sebagian besar develop aplikasi besar telah mengumumkan dukungan. 1Password , Dashlane , dan LastPass memiliki dukungan untuk Oreo yang dapat sobat coba sekarang ini, tapi masih teknis dalam versi beta untuk LastPass sob, masih butuh beberapa waktu lagi. Jika sobat tidak menggunakan password manager pihak ketiga, sobat mungkin masih dapat menggunakan fitur autofill dengan layanan autofill Google sendiri dari Chrome Browser.

Cara menggunakan fitur autofill (isi otomatis) OreoFitur autofill Oreo ini dinonaktifkan secara default, dan untuk mengaktifkannya sobat perlu masuk ke pengaturan.

Untuk mengaktifkan autofill, silahkan sobat masuk ke pengaturan sistem utama atau Setting lalu masuk ke System > Language & input > Advanced > Autofill service. sobat hanya perlu mengaktifkan sekali saja, karena "Autofill Google" dibangun langsung ke dalam OS. Setiap aplikasi lain yang telah diinstal dengan dukungan fitur autofill juga akan muncul dalam menu ini.

Contoh penggunaan autofill android
Ini adalah contoh bagaimana sobat akan menggunakan Google dan LastPass untuk login ke aplikasi Arlo.


Opsi Google mengambil username dan password dari Chrome. Itu berarti sobat sebenarnya sudah memiliki akses ke banyak akun di Android jika sobat sudah melakukan hal yang broser Chrome yang ada di PC sobat. Pertama kali sobat membuka sebuah aplikasi dengan kolom login asli (bukan frame web), maka akan muncul sebuah jendela yang meminta sobat untuk mengkonfirmasi akun Google sobat sehingga akun login dapat ditemukan. Sebuah daftar berupa drop-down login akan membiarkan sobat memilih di antara beberapa account yang cocok.

Jika sobat memilih aplikasi pihak ketiga seperti LastPass, langkah otentikasi berbeda. Aplikasi ini sedikit lebih aman berdasarkan pada penggunaan awal. Misalnya, LastPass meminta sobat mengkonfirmasi identitas sobat dengan sidik jari (jika diaktifkan di app) atau sandi LastPass sebelum akan melakukan autofill di aplikasi lain. Kemudian aplikasi ini akan menampilkan menu drop-down di mana sobat dapat memilih dari semua account yang cocok sebelum mengisi username dan password.

Meskipun ada sedikit pengaturan yang diperlukan, tetapi sobat tidak perlu khawatir tentang password yang kompleks dan panjang pada Android lagi. Jadi, sekarang sobat tidak perlu mengetik password/sandi dengan tangan karena akan otomatis terisi dengan fitur autofill.

Artikel Menarik Lainnya: