11 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui dan Dihafalkan

Menggunakan shortcut pada keyboard tentu dapat meningkatkan produktivitas sobat, mengurangi jari cepat lelah, dan membantu sobat tetap fokus. Misalnya, untuk menyalin suatu teks, sobat dapat menyorot/memblok teks dan tekan keyboardt Ctrl + C. Menggunakan shortcut jelas lebih cepat daripada sobat harus memblok dengan mouse, memilih copy dari menu file klik kanan, dan kemudian kembali ke keyboard untuk mengetik.

Nah, Berikut adalah 11 shortcut keyboard yang wajib sobat tahu dan hafalkan.

Ctrl + A

Menekan tombol Ctrl + A digunakan untuk menyorot atau mem-blog semua text, karakter, maupun gambar yang ada di seluruh halaman atau dokumen yang ada. Kombinasi tombol ini bisa  sobat gunakan di berbagai program office maupun program lainnya.

Praktek



Ctrl + C atau Ctrl + Insert dan Ctrl + X

Kedua shortcut keyboard Ctrl + C dan Ctrl + Insert digunakan untuk menyalin atau mengkopi text yang terblok/tersorot atau item yang dipilih. Jika sobat ingin memotong item dan bukannya menyalin, tekan Ctrl + X. Hal ini digunakan untuk menghapus teks atau item dan menyimpannya di clipboard sobat.

Baca juga : Trik Meningkatkan Performa Windows 10 Agar Tidak Lemot!

Bagi pengguna komputer Apple, sobat dapat menggantikan tombol Ctrl untuk perintah (cmd) pada komputer sobat. Misalnya, menekan Cmd + C untuk menyalin teks yang disorot/blok.

Ctrl + V atau Shift + Insert

Kedua shortcut keyboard Ctrl + V dan Shift + Insert akan menyisipkan atau mempaste teks atau objek yang disimpan dalam clipboard.

Pada komputer Apple, sobat bisa menggunakan Cmd + V sebagai gantinya.

Praktek



Gunakan kolom input teks di atas untuk memblok "Cut atau Copy teks ini" teks dan tekan Ctrl + C untuk menyalin atau Ctrl + X untuk memotong teks. Setelah Potong/Salin Pindah ke kolom berikutnya dan tekan Ctrl + V atau Shift + Insert untuk menyisipkan teks.

Ctrl + Z dan Ctrl + Y

Menekan shortcut keyboard Ctrl + Z akan membatalkan perubahan apapun atau undo. Misalnya, jika sobat memotong teks, dan kemudian menekan kombinasi tombol keyboard ini akan membatalkan teks yang dipotong. Shortcut ini juga dapat ditekan beberapa kali untuk membatalkan atau mengulang beberapa perubahan. Menekan Ctrl + Y akan mengulang atau redo.

Baca juga : Pantau Suhu Laptop Secara Real Time (CPU GPU HDD)

Pada komputer Apple, silahkan gunakan Cmd + Z dan Cmd + Y untuk membatalkan dan mengulang.

Praktek



Gunakan kolom input teks di atas untuk memblok beberapa atau semua teks dan kemudian tekan Ctrl + X untuk meng-cut teks. Setelah teks menghilang, kemudian tekan Ctrl + Z untuk membatalkan teks yang dipotong.

Tip: Jika sobat melakukan contoh pertama juga (cut dan paste teks) dan sobat terus menekan Ctrl + Z, juga dapat membatalkan perubahan tersebut.

Ctrl + F

Menekan Ctrl + F membuka jendela Pencarian (Find), yang memungkinkan sobat untuk mencari teks yang sedang ditampilkan dalam setiap program yang mendukung hal tersebut. Misalnya, Ctrl + F dapat digunakan dalam Program Browser Internet sobat untuk menemukan teks pada halaman saat ini. Tekan Ctrl + F sekarang untuk membuka jendela Pencarian (Find) di browser sobat dan dan cari kata "Shortcut" untuk menampilkan setiap kali teks/kata Shortcut disebutkan di halaman ini.

Pada komputer Apple, sobat dapat menggunakan Cmd + F untuk menggunakan fitur Find.

Alt + Tab atau Ctrl + Tab

Menekan shortcut keyboard Alt + Tab digunakan untuk beralih di antara program yang terbuka. Misalnya, jika sobat memiliki jendela browser sobat yang sedang terbuka dan program lainnya yang berjalan dibackgrund/di-minimize dan kemudian sobat menekan Alt + tombol Tab untuk memilih program mana yang akan ditampilkan.




Pada komputer Apple sobat dapat menggunakan tombol Command (Cmd) sebagai gantinya. Contoh, Cmd + Tab untuk beralih program yang terbuka.

Baca juga : 7 Aplikasi MP3 Player dan Video Player Portable Terbaik

Tip bonus: Tekan Ctrl + Tab untuk berpindah antar tab dalam sebuah program. Misalnya, jika sobat memiliki beberapa tab yang terbuka di browser Internet sobat, cobalah menekan Ctrl + Tab untuk beralih antar tab browser.

Tip bonus: Windows Vista, 7, 8, dan win 10 juga dapat menekan Windows Key + Tab untuk beralih antar program yang terbuka dengan tampilan penuh.

Ctrl + Backspace dan Ctrl + Panah Kiri atau Panah kanan

Catatan: Cara pintas berikut ini untuk pengguna PC saja dan tidak work pada komputer Apple.

Menekan Ctrl + Backspace akan menghapus satu kata penuh pada satu waktu, tidak hanya menghapus satu karakter/huruf

Sedangkan Menekan tombol Ctrl sambil menekan panah kiri atau kanan akan memindahkan kursor sobat untuk satu kata pada suatu waktu, bukan satu karakter/huruf pada satu waktu. Jika sobat ingin mem-blok satu kata pada suatu waktu, tekan Ctrl + shift, dan kemudian tekan panah kiri atau kanan pada keyboard.

Praktek



Ctrl + S

Ketika bekerja pada sebuah dokumen atau file lain di hampir setiap program (word, notepad, photoshop dll), menekan tombol Ctrl + S akan membuat komputer menyimpan file tersebut. Gunakan shortcut keyboard ini jika sobat sering bekerja pada sesuatu yang penting untuk mencegah kasus mati lampu dan ternyata filenya lupa belum disimpan

Pada komputer Apple, sobat dapat menggunakan Cmd + S untuk menyimpan file.

Ctrl + Home atau Ctrl + End

Shortcut keyboard Ctrl + Home akan memindahkan kursor sobat ke awal dokumen atau paragraf, dan Ctrl + End akan memindahkan kursor ke akhir dokumen atau paragraf. Shortcut ini berfungsi pada sebagian besar dokumen, serta halaman web.

Pada komputer Apple, sobat dapat menggunakan Cmd dan panah atas untuk kembalian kursor ke awal dokumen atau teks atau Cmd dan panah bawah untuk meletakan kursor di akhir dokumen atau teks.

Ctrl + P

Ctrl + P digunakan untuk membuka print preview halaman atau dokumen yang sedang ditampilkan. Misalnya, tekan Ctrl + P sekarang untuk melihat preview cetak halaman blog ini.

Pada komputer Apple sobat dapat menggunakan Cmd + P untuk membuka print preview.

Page Up, Spasi, dan Page Down

Seperti yang bisa sobat tahu, menekan tombol Page Up atau Page Down akan memindahkan suatu halaman ke halaman berikutnya atau sebelumnya.

Ketika browsing internet, dengan menekan tombol spasi maka halaman akan bergerak ke bawah halaman seperti scrolling. Demikian pula, jika menekan Shift + spasi maka halaman akan meng-scroll ke bawah satu halaman.

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser