Tutorial Hosting File HTML, CSS, JS di Github dan Raw Git

Bagi sobat yang sering membuat sebuah project untuk aplikasi maupun blog yang membutuhkan hosting gratis, Github merupakan solusi yang paling baik dan hostingan gratis paling populer mengingat hosting di Google Drive yang kini tidak bisa diakses lagi.

Dengan mendaftar di Github, sobat dapat menyimpan berbagai file seperti HTML, CSS, Javascript secara langsung. Untuk masalah kecepatan dan batasan akses, Server MaxCDN baik hati kok sob. Sobat tidak akan terkena limit dan kecepatan loading pun cukup bagus baik untuk blog ataupun aplikasi berbasis web.

kalau sobat ingin menghosting HTML, CSS, Javascript dll di Github dan membuat Raw file sekalian, silahkan sobat simak tutorialnya dibawah ini

Cara Hosting File HTML, CSS, JS di Github

1. Silahkan sobat masuk ke akun github sobat, kalau sobat belum mendaftar, silahkan daftar dulu di DISINI

Baca Juga : 
Cara Pasang Unit Iklan Page Level Ads Pada Blogger AMP HTML (Sticky Ads)Cara membuat Custom Domain Blogger menjadi HTTPS Mengunakan SSL Gratis Dari BloggerMencari Gambar Bebas Hak Cipta Untuk Artikel dan Blog

2. Setelah selesai mendaftar dan masuk ke akun Github sobat, klik tanda plus (+) di pojok kanan atas, kemudian klik New Repository.


3. Setelah sampai pada halaman seperti gambar di bawah. kemudian silahkan isi:

  1. Isi Judul Repository
  2. Masukan Deskripsi Repository (gak wajib di isi, tapi sebaiknya di isi sob)
  3. Pilih Public 
  4. Ceklis "Initialize this repository with a README"
  5. Klik Create repository


4. Setelah itu, klik Upload Files atau Drag File untuk meng-upload file yang ingin sobat hosting (HTML, CSS, Javascript, Dll) .


5.Setelah file tersimpan, lalu klik kanan pada file yang baru sobat upload, kemudian pilih Copy link Location


6. Langkah terahir yaitu melakukan raw file dari Github, silahkan sobat masuk ke RawGit
dan paste URL dari Github tadi, lalu copy URL seperti gambar di bawah.


Kenapa perlu melakukan Raw file dari github? 

Karna dengan melakukan raw ke server MaxCDN akan membuat file yang sobat hosting lebih cepat diakses oleh user yang membutuhkan. Misalnya user dari indonesia akan mengakses file HTML hostingan sobat, maka server MaxCDN akan mengambil data dari server CDN yang ada di indonesia. Dan jika ada user dari jepun akan mengakses file HTML hostingan sobat, maka server MaxCDN akan mengambil data dari server CDN yang ada di jepun. Cara kerjanya kurang lebih seperti itu sob.

Artikel Menarik Lainnya: