Cara Memperbaiki UNMOUNTABLE BOOT VOLUME Windows 10 Saat Blue Screen

Blue Screen dengan kode error UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME adalah salah satu jenis error yang menyebabkan sobat gagal untuk boot ke windows 10 sobat. Untuk mengatasi masalah ini, sobat dapat mencoba metode berikut ini.

(Perhatian: sobat memerlukan DVD Windows 10 atau USB bootable sebelum sobat melanjutkan trik ini. Jika sobat belum memilikinya, sobat dapat mem-burning file master ISO Windows 10 atau membuat USB bootable dengan menggunakan komputer lain dan menggunakan aplikasi Media Creation Tool.)

Setelah sobat menyiapkan master Windows 10, lalu masukkan ke komputer sobat dan boot melalui DVD ataupun USB sesuai dengan master windows yang sobat buat sebelumnya. Kemudian silahkan sobat gunakan trik yang ada dibawah ini

INDEX TRIK

A) Mengatasi Blue Screen UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME Windows 10 dengan Automatic Record

Automatic Repair adalah cara termudah untuk memperbaiki masalah blue screen semacam ini. Caranya yaitu

Baca Juga :

1) Setelah booting dan muncul tampilan Windows Setup dan selesai memilih opsi bahasa, silahkan sobat klik tulisan 'Repair your computer' di kiri bawah.


2) Klik Troubleshoot pada tampilan berikutnya.


3) Klik Startup Repair pada tampilan Advanced Option.


4) Lalu sobat pilih Windows 10 .


5) Proses perbaikan akan segera dimulai dan silahkan sobat menunggu prosesnya selesai sambil ngopi biar tidak jenuh.


B) Mengatasi Blue Screen UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME Windows 10 dengan Memperbaiki Master Boot Record

Master Boot Record (MBR) berfungsi untuk mengidentifikasi di mana dan bagaimana OS windows 10 sobat sobat terinstall, sehingga sobat dapat mem-boot komputer sobat dengan normal. Nah, MBR yang tidak berfungsi ini dapat menyebabkan blue screen dengan kode UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME. Cara mengatasinya yaitu

1) Ulangi langkah-langkah dalam metode 1 sampai sobat melihat tampilan Advanced Option .

2) Pilih Command Prompt.


3) Lalu ketik " bootrec / fixboot " pada Command Prompt, lalu tekan Enter .


4)  Tunggu proses berjalan, dan kemudian restart komputer sobat dan semoga bisa boot dengan lancar kembali.

C) Mengatasi Blue Screen UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME Windows 10 menggunakan Check Disk (Chkdsk)

Blue Screen UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME dapat juga disebabkan karena masalah pada hardisk sobat. Masalah ini biasa terjadi karena komputer sering mati lampu / sering dimatikan paksa atau tidak sesuai prosedur / data corrupt dll. Nah, sobat dapat menggunakan perintah Checkdisk (Chkdsk) untuk memeriksa dan memperbaiki masalah pada hardisk sobat. Caranya yaitu:

Baca juga : SATA vs PCIe: Tipe SSD Mana yang Lebih Cepat dan Baik

1)  Buka Command Prompt pada tampilan Advanced Option seperti yang ditunjukkan di atas.


2)  Ketik " chkdsk / r c: " (Perhatikan bahwa " c: " di sini mengacu pada lokasi partisi boot sobat dan ganti huruf 'c'dengan huruf lain jika lokasi boot drive sobat bukan di Drive C) kemudian tekan Enter .


c)  Tunggu sampai proses selesai, lalu restart komputer sobat untuk melihat apakah komputer sobat daoat berjalan normal kembali.

D) Mengatasi Blue Screen UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME Windows 10 dengan Install Ulang (OPSI TERAHIR)

Jika sobat mencoba semua metode di atas dan komputer sobat masih tetap blue screen dengan kode UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME, maka solusi terahir sobat dapat mempertimbangkan untuk menginstal ulang Windows 10 sobat. Caranya yaitu:

1) Pada tampilan Windows Setup , setelah sobat selesai memilih opsi bahasa (language), klik Install Now.


2)  Ikuti instruksi yang ada untuk menyelesaikan proses install ulang.


Jika metode di atas masih tidak membantu memecahkan bluscreen error code UNMOUNTABLE BOOT VOLUME Windows 10 sobat, hal ini mungkin disebabkan oleh hardware sobat. bila sobat masih ragu, sebaiknya dibawa ke tukang service agar masalah dapat teratasi.

Artikel Menarik Lainnya: