Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10, 8, dan 7 Lengkap

Mengalami Blue Screen atau Blue Screen atau lebih lengkapnya Blue Screen of Death (BSOD) pasti hal yang sangat menjengkelkan kan sob. BSOD muncul saat Windows sobat menemukan kesalahan serius yang harus segera ditangani entah itu pada Windows 7/8/10, dan umumnya terjadi karena software tingkat rendah (atau driver) eror atau hardware yang bermasalah sehingga memaksa sistem untuk melakukan restart.

Apa Penyebab Blue Screen?

Blue Screen umumnya disebabkan oleh masalah pada software komputer sobat atau masalah dengan driver yang konflik. Aplikasi biasanya tidak akan menyebabkan Blue Screen. Jika sebuah aplikasi mogok atau ngadat, aplikasi itu hanya akan memunculkan pesan stop working dan bisa diatasi dengan mematikannya melalui task manager.

Blue Screen terjadi saat Windows menemukan "STOP Error." Kegagalan kritis ini menyebabkan OS Windows eror dan berhenti bekerja. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan Windows sobat pada saat itu adalah me-restart sendiri. Efeknya ya dapat menyebabkan hilangnya data belum sempat tersimpan, karena program tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data sebelumnya.

Saat Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat suatu file "minidump" yang berisi informasi tentang kode eror yang terjadi dan menyimpannya ke hardisk sobat. sobat dapat melihat informasi tentang minidumps ini untuk membantu mengidentifikasi penyebab Blue Screen dan mencari solusinya.

Blue Screen bisa juga terjadi karena serangan virus atau malware juga sob, hal ini biasanya terjadi karena ada file sistem yang rusak/corrupt atau terhapus setelah dilakukan scaner dengan antivirus.

Baca juga : Cara Masuk God Mode Windows 7/8/10 Lengkap

Oh iya, tampilan Blue Screen juga terlihat sedikit berbeda di versi windows sob, tergantung versi Windows yang sobat pakai. Pada Windows 7 dan versi lama, Blue Screen tampak seperti layar terminal (Command/CMD) dan menampilkan segala macam informasi eror yang ada.


Sedangkan pada Windows 8 dan 10, Blue Screen jauh lebih sederhana dan nggak bikin kaget.


Cara Melihat Informasi Blue Screen

Untuk melihat informasi BSOD yang sudah terlewat setelah otomatis restart, sobat dapat menggunakan Aplikasi BlueScreenView yang dapat membaca file "minidump".


Namun jika sobat masih dalam posisi Blue Screen, sobat dapat langsung mengidentifikasi dan mencari solusi dari Blue Screen tersebut dengan browsing dengan menggunakan kata kunci dari kode eror yang tampil.



Contohnya yaitu dengan serching di google dengan kata kunci:
Cara mengatasi BSOD UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME 


Solusi Mengatasi Blue Screen

Jika sobat masih kesulitan menemukan solusi untuk memecahkan masalah sobat, jangan khawatir sob. Blue Screen dapat memiliki berbagai akar penyebab yang umumnya dapat diatasi dengan cara dibawah ini:


1. Lakukan System Restore

Gunakan System Restore untuk mengembalikan sistemnya ke keadaan sebelum windows sobat mengalami masalah. Tapi perlu diingat, apliaksi dan pengaturan sobat 'mungkin' juga akan hilang karna kembali ke pengaturan sebelumnya.

2. Scan Virus atau Malware

Virus dan Malware yang menginfeksi jauh ke dalam Windows dan merusak sistem kernel Windows pada level rendah dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. Scan komputer sobat dan pastikan bahwa sistem sobat bersih dari dosa-dosa virus.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Folder (Super Aman)


3. Periksa Driver yang Terinstall

Driver yabg tidak terinstall dengan benar atau tidak kompatibel dapat menyebabkan Blue Screen. Ingat ingat apakah sobat sebelumnya telah menginstall driver yang mungkin bisa menyebabkan Blue Screen.


4. Boot Ke Safe Mode

Jika komputer sobat mengalami Blue Screen setiap kali sobat menyalakannya, cobalah booting ke safe mode. Dalam safe mode, Windows hanya memuat driver penting saja. Jika driver yang sobat instal menyebabkan Blue Screen, pada mode Safe Mode, windows tidak mengalami Blue Screen. Nah, kemudian sobat dapat memperbaiki masalah ini dari safe mode.

5. Periksa Hardware

Blue Screen dapat disebabkan oleh Hardware yang bermasalah di komputer sobat. Cobalah memeriksa RAM komputer sobat dan juga memeriksa suhu untuk memastikan komputer sobat tidak mengalami panas berlebih ( Pantau Suhu Laptop Secara Real Time (CPU GPU HDD). Jika gagal, sobat mungkin perlu menguji hardware lain yang mungkin menjadi penyebabnya


6. Instal ulang Windows

Instal ulang Windows adalah opsi terahir sob. Jika yang bermasalah hanya pada bagian software, maka install ulang adalah solusi paling mujarab.


Artikel Menarik Lainnya: