Cara memperbaiki Sendal Jepit Yang Putus (Dijamin Awet!)

Halo sobat, untuk posting kali ini kita akan memulai project DIY selagi saya di kampung. Project ini dimulai karena saya menemukan cukup banyak limbah sendal jepit bekas yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Ngomongin soal sendal, sepertinya sendal jepit ini adalah jenis sendal yang paling merakyat. Dari presiden sampai rakyat jelata pun pasti pernah memakainya.
Umumnya orang akan menganggap sendal jepit yang sudah putus talinya atau srampatnya pasti tidak bisa digunakan lagi. Yap, jika talinya putus memang tidak bisa digunakan lagi normalnya, jika sobat masih bisa pakai, berarti sobat masuk diantara orang tidak normal hehehe...

Dan kebanyakan sendal jepit yang saya temukan, kebanyakan alasnya masih bagus dan tebal. Cukuplah buat nimpuk orang. Dan dari situ kita bisa tahu, bahwa tolak ukur sendal jepit adalah tali atau srampatnya. Jika tali srampatnya tidak putus maka masih dianggap berharga meskipun alasnya sudah setipis daun. Sebaliknya, jika srampatnya putus, meskipun alasnya masih setebal bakpau akan tetap tidak berharga karna tidak bisa dipakai.

Seperti yang kita ketahui, sampah berupa karet atau plastik akan sangat sulit terurai meskipun terkubur didalam tanah selama puluhan hingga ratusan tahun. Dan jika pun dibakar, asapnya juga akan mencemari lingkungan, maka dari itu sobat, sebisa mungkin kita manfaatkan barang yang terbuat dari plastik/karet tersebut. Entah diperbaiki kembali jika masih bisa, atau digunakan untuk hal lain yang penting jangan dibuang jika masih bisa diolah kembali.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan memperbaiki tali srampat sendal jepit. Trik ini sudah saya uji dan alhamdulillah lulus sensor.


Cara memperbaiki Sendal Jepit Yang Putus Paling Awet


Alat (Tools)
Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah sendal jepit yang tali srampatnya sudah putus dan tali tambang 10cm yang besarnya sebesar srampat yang putus dengan tujuan kenyamanan saat dipakai.

Bahan (Materials)
Sedangkan alatnya yaitu solder untuk melubangi tali srampat sendal (jika tidak punya, gunakan paku atau obeng juga bisa), korek api, dan pisau atau alat pemotong.


Langkah-Langkah (Steps)

1. Siapkan sendal jepit yang tali srampatnya putus. Kemudian potong sisa tali srampat yang putus tersebut

2. Lubangi tali srampat menggunakan solder (bisa pakai obeng kecil) hingga tali tambang bisa dimasukan. Masukan juga tali tambang ke lubang pada alas sendal jepit.


3. Ikat simpul pada bagian alas kaki seperti pada gambar. Intinya agar tali tidak lepas.

4. Pakai sendal jepit tersebut. Sobat bisa menentukan panjangnya tali tambang pengganti srampat sesuai dengan kenyamanan sobat. Jika sudah pas, ikat simpul pada tali.


5. Potong sisa tali tambang pada bagian atas srampat dan sisakan sekitar 1cm. Bakar sisa tali tersebut menggunakan korek api hingga seperti pada gambar. Tujuannya agar rapi dan tidak mudah lepas.


6. Selesai.

Awal-awal mungkin agak sedikit mengganjal, tapi yakinlah sobat.. lama-lama akan terbiasa juga. Dan sobat juga berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan.

Sebenernya memperbaiki sendal jepit bisa juga dilakukan dengan cara menyambungkan tali srampat yang putus dengan cara dibakar kedua ujungnya lalu disatukan. Akan tetapi, trik seperti itu tidak awet.


Dibawah ini adalah beberapa sendal jepit butut yang barhasil saya perbaiki di waktu luang. Nah, yang masuk potret hanya 3 ini dan yang tadi direpair, sisa yang lain sudah di lepas di alam liar dan belum sempat terabadikan.


Sekian artikel unfaidah yang bisa saya posting dalam kategori DIY (Do It Yourself). Semoga artikel tidak penting ini bisa sedikit membuang waktu luang anda. Sekian dan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: