Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Mudahnya Menggabungkan Banyak Gambar Menjadi Satu PDF di Windows 10 Tanpa Aplikasi

Mudahnya Menggabungkan Banyak Gambar Menjadi Satu PDF di Windows 10 Tanpa Aplikasi, PDF, gambar, Windows 10, Menggabungkan Cara mudah menggabungkan gambar menjadi sebuah file PDF pada windows 10 tanpa aplikasi apapun, hanya mengandalkan fitur bawaan yang sudah tersedia

 Menyimpan atau mencetak suatu dokumen menjadi PDF adalah pilihan yang sangat tepat saat ini, dimana file PDF tersebut lebih kompatibel dibanding file.doc dan dapat dibuka hampir di sebagian besar platform dan bahkan di smartphone yang sobat gunakan saat ini. Jadi saat membuat PDF dari dokumen (.doc MS Word) atau membuat kombinasi beberapa file dokumen cukup mudah. Contohnya saja jika Sobat memiliki banyak halaman yang berasal dari file JPG atau scan yang ingin Sobat gabungkan menjadi satu PDF untuk dikirim ke atasan atau orang lain?

Jika Sobat menggunakan Windows 10, maka selamat karna sobat akan lebih mudah membuatnya karena Microsoft telah menambahkan fitur ini sebagai fitur asli ke sistem operasi terbaru, jadi sobat tidak perlu meningstallnya lagi. Namun, kami juga akan merekomendasikan beberapa alat pihak ketiga jika sobat masih menggunakan

Oh iya, ada juga aplikasi Office Lens besutan Microsoft yang tersedia secara free untuk Android dan iOS yang dapat mengubah smartphone Sobat menjadi scanner portabel yang fungsinyapun cukup banyak seperti men-scan dokumen, kartu nama, tanda terima, papan tulis, dan sebagainya. Kemudian sobat menggunakan fitur terintegrasi Window 10 untuk menggabungkan semuanya.


Menggabungkan banyak gambar ke dalam satu PDF pada Windows 10

Proses yang akan kita coba disini menggunakan format gambar yang kompatibel (jpg,png,bmp dll), termasuk hasil scan, slide, dan sebagainya. Sebelum kita lanjutkan, pastikan gambar Sobat diberi nama sesuai urutan, bisa diberi nomor 1,2,3,dst atau sesuai abzad yang Sobat inginkan agar muncul dalam PDF.


Cara Ubah nama file secara berurutan di Windows

Sobat tidak perlu menggabungkan aplikasi apa pun untuk melakukan penggantian nama file banyak sekaligus (batch). Sebagai gantinya, Sobat dapat memilih/memblok semua file yang ingin Sobat ubah, klik kanan yang pertama dalam daftar, pilih Rename (atau gunakan F2), dan ketik namanya. Maka secara otomatis akan mengubah semua file lain dengan nama utama yang sama dengan akhiran: (1), (2), dst.

Jika tahap diatas sudah selesai, Sobat dapat memilih atau memblok semuanya, klik kanan pada file pertama lalu pilih Print untuk mulai menggabungkan gambar ke dalam file PDF. Pastikan pada opsi Printer sobat memilih Microsoft Print to PDF



Baca Juga


Untuk tambahan, dengan memilih pengaturan default yang kami gunakan (yang termasuk "Fit picture to frame") mungkin akan ada beberapa gambar yang kehilangan sedikit kualitas namun resolusi tetap cukup untuk tampilan fullscreen, tapi jika file berupa dokumen/teks tidak akan terpengaruh.


Nah, mudah sekali bukan untuk menggabungkan beberapa file menjadi file PDF. untuk contoh diatas kami menggunakan file gambar, namun jika menggunakan file dokumen caranya tidak berbeda jauh kok. Sedangkan jika sobat menggunakan Windows 10 kebawah (Window 8,7), silahkan menggunakan aplikasi tambahan dibawah. Dan caranya sama seperti diatas, karna nantinya juga akan muncul pada menu Print, sobat hanya perlu mengganti pada menu Printer saja.

PDFCreator | doPDF | Pencipta PDF24 | pdfFactory | Bullzip PDF Printer

Selamat mencoba....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar