Cara Mengeringkan Ponsel yang Basah dengan Cepat dan Tepat

Salah satu momen paling mengerikan dalam dunia per-ponselan adalah ketika Sobat secara tidak sengaja memasukan ponsel ke mesin cuci bersama dengan pakaian atau ketika ponsel tidak sengaja jatuh ke selokan atau toilet. Sudah dapat dipastikan dan tidak peduli bagaimanapun pasti ponsel sobat yang basah akan menyebabkan kepanikan.

Ada beberapa mitos yang beredar di internet yang 'mengklaim' dapat menghilangkan air dari ponsel yang basah. Disini kami menyarankan agar Sobat untuk melakukan salah satu tips dari metode ini dengan hati-hati, karena air dan ponsel bukanlah jodoh. Bagaikan Tom and Jerry yang tidak pernah akur.

Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas cara terbaik dan teraman untuk mengeringkan ponsel Sobat dengan cepat dan tepat dibawah ini.

Cara Mengeringkan Ponsel yang Basah dengan Cepat dan Tepat

Tempatkan di kantong beras


Meskipun ada beberapa 'klaim' di luar sana yang tidak merekomendasikan pengguna untuk meletakkan ponsel basah di dalam beras karena bubuk halus pada beras bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada ponsel sobat, namun hal ini tidak sepenuhnya benar guys.

Sebelum sobat meletakkan ponsel di dalam beras (bisa pakai wadah plastik, toples, dll), pertama-tama, kami sarankan bagi sobat untuk menyeka bagian luar ponsel dengan kain kering atau tisu. Oh iya, jangan menggunakan terlalu ditekan untuk menghindari air terdorong atau masuk lebih jauh ke dalam ponsel. Setelah bagian luar ponsel mengering, maka tempatkan smartphone sobat di dalam sekantung wadah berisi beras, gak perlu beras sekarung kok, 1kg cukup kok. Jika sobat bisa membuka casing belakang/backdoor dan melepas baterai, itu lebih bagus.

Uap air atau air yang berhasil meresap dan masuk ke dalam ponsel tidak akan cukup untuk membuat bubuk beras menjadi lembek, maka seharusnya akan menyebabkan kerusakan karena bubuk beras yang jadi lembek tadi menempel pada ponsel sobat.

Bergantung pada seberapa banyak air yang masuk kedalam komponen ponsel, Sobat harus menyimpan ponsel di dalam wadah beras antara 24 jam hingga beberapa hari untuk memastikan semua uap air benar-benar keluar dari ponsel. Sebaiknya sobat sabar dan jangan terburu-buru sebelum ponsel benar-benar kering.


Baca Juga


Gunakan Silica Gel


Menggunakan Silica Gel adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kelembapan. Biasanya gel silika ini sobat temukan didalam kardus saat membeli sendal atau sepatu baru. Jika dibandingkan dengan beras, gel silika ini bisa menjadi opsi lebih baik karena lebih bersih. Jadi jika menemukan kantong silika gel ini jangan dibuang sob, kumpulkan saja untuk berjaga-jaga.

Nah, jika Sobat memiliki beberapa bungkus Silica Gel yang menganggur, maka sobat dapat segera mengumpulkannya, makin banyak makin bagus. Setelah mengumpulkannya sebanyak mungkin, lalu masukan Silica Gel dan ponsel dalam wadah selama beberapa hari sampai ponsel benar-benar kering..

Jika Sobat tidak punya Silica Gel yang cukup, maka Sobat juga dapat membeli Silica Gel dari toko online semacam Bukalapak dll karena harganya cukup murah, kalau tidak salah 1 pak sekitar 10.000 rupiah saja.

Diatas adalah salah satu metode termudah dan tercepat untuk menghilangkan air dari smartphone yang basah basah karena air. Namun jika sobat 'MAMPU, BISA, YAKIN dan TAU TRIKNYA' untuk membongkar ponsel sobat itu lebih baik karena sobat bisa lebih yakin jika bagian dalam ponsel bisa benar-benar kering dengan sempurna.


Apa yang tidak boleh dilakukan jika ponsel basah?

Seperti yang kita bahas sebelumnya, ada beberapa trik yang dapat menghilangkan kelembapan ponsel yang basah. Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh Sobat lakukan ketika mencoba mengeringkan ponsel yang basah entah karna hujan atau masuk toilet.

1. Jangan jemur ponsel langsung dibawah sinar matahari! Memang benar panas matahari dapat cepat menguapkan air didalam ponsel, namun efek dari panas tersebut akan membuat uap air mengembun dan merusak LCD pada ponsel sobat.

2. Jangan gunakan panas pengering rambut. Menggunakan pengering rambut untuk menghilangkan air dari ponsel bukanlah ide yang baik karena panas yang berlebih dapat merusak ponsel bahkan mungkin mendorong air lebih jau ke dalam ponsel.

3. Salah satu trik paling konyol yang bisa sobat temukan di internet untuk menghilangkan air dari ponsel adalah 'Merendam ponsel dengan alkohol' Trik tersebut tidak boleh dicoba karena bukan hanya tidak berguna, tapi hal itu pada kenyataannya dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan karena alkohol pada dasarnya juga merupakan cairan dan dapat merusak bagian dalam ponsel Sobat juga.

4. JANGAN mencoba membongkar ponsel Sobat sendiri jika sobat tidak tau trik dan ilmunya!. jika sobat mencoba membongkar ponsel Sobat dengan tujuan untuk menghilangkan uap air sendiri, namun tidak tau trik dan ilmunya, mungkin malah akan berakhir dengan merusak ponsel sobat jadi semakin parah. Bisa saja ada kabel yang putus saat prosedur membongkar sobat ada yang salah. Untuk sobat yang kurang memahami bongkar-membongkar ponsel, sebaiknya dibawah saja ke tukang servis untuk lebih amannya.

Itulah tips dan trik yang bisa dan tidak bisa sobat lakukan jika ponsel sobat basah karna terkena air. Namun sekali lagi, tips dan trik terbaik adalah berhati-hati dan menjaga ponsel sobat jangan sampai basah atau terkena air jika ponsel sobat tidak memiliki label tahan air.

Artikel Menarik Lainnya: