Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Import dan Menampilkan Peta GPS Kedalam Google Maps (GPX, KML, CSV)

Google Maps adalah aplikasi pemetaan dan navigasi yang saat ini hampir dimiliki oleh semua pengguna ponsel pintar atau smartphone untuk mempermudah penggunanya dalam menemukan suatu tempat.

Disamping banyaknya fungsi yang ada pada Google Maps, mungkin ada beberapa fungsi yang jarang diketahui oleh orang, yaitu menampilkan peta track/route pada device GPS misalnya saja GPS Garmin kedalam peta Google Map.

Google maps cukup banyak mensuport tipe peta diantaranya yaitu CSV, XLSX, KML/KMX, atau GPX. Jadi, bagi sobat yang membutuhkan peta Google Maps yang lebih lengkap dan akurat bisa menggabungkan peta yang berasal dari GPS kedalam Google Maps dengan mudah.

Misalnya saja sobat dapat memasukan peta batas-batas wilayah, peta titik-titik survei perkebunan dan tidak ketinggalan pula yaitu peta jalur pendakian. Mengingat Google Maps dapat di buka secara offline atau tanpa internet, maka sobat dapat memanfaatkan trik ini dimanapun sobat berada tanpa takut tidak mendapatkan sinyal operator seluler.

Baca Juga: Cara Mengakses Google Maps Tanpa Koneksi Internet dan Kuota

Untuk menampilkan peta GPS kedalam Google Maps caranya sangat mudah. Pastikan sobat sudah memiliki file petanya (CSV, XLSX, KML/KMX, atau GPX) dan memiliki akun google (gmail). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara Mengimport Peta GPS kedalam Google Maps

1. Pastikan sobat sudah memiliki akun gmail untuk dapat login di google maps. Jika sudah memiliki akun, silahkan akses atau kunjungi website Google My Maps.

Note: jika menggunakan smartphone, aktifkan mode desktop pada browser terlebih dahulu

2. Apabile Google My Maps sudah tampil, lalu tekan tanda + (Create New Map) di pojok kanan bawah untuk menambah maps sobat.


3. Tekan pada bagian Peta tanpa judul untuk mengganti judul peta, kemudian tekan Simpan. Judul tersebut yang nantinya akan ditampilkan pada Google Maps.


4. Untuk memasukan peta yang telah sobat miliki sebelumnya, silahkan tekan tombol import

Note: Sebenarnya pada tahap ini sobat juga dapat membuat peta baru seperti marker dan line dengan memanfaatkan menu yang ada.
Sobat juga dapat membuat peta dengan membaca artikel Cara Track Record GPS Menggunakan Smartphone

5. Tekan tombol "Pilih file dari perangkat Anda" lalu cari file yang akan di-import (format yang didukung adalah CSV, XLSX, KML, atau GPX) kemudian tekan tombol Pilih.

6. Jika berhasil melakukan import, maka peta yang sobat upload tadi akan ditampilkan pada website Google My Maps seperti gambar berikut ini.


7. Untuk menampilkan peta dari GPS ke smartphone caranya yaitu buka aplikasi Google Maps atau kunjungi website Google Maps langsung. Pastikan menggunakan akun google yang sama.

8. Buka menu pada Google Maps, kemudian pilih menu Your places, lalu pilih MAPS. Disana akan tampil peta yang tadi sudah sobat upload melalui Google My Maps.

Pilih peta GPS yang akan ditampilkan. Jika berhasil maka peta gps sobat akan tampil pada tampilan peta Google Maps


Dibawah ini adalah salah satu contoh peta batas wilayah yang admin buat


Caranya sangat mudah bukan... Dengan memanfaatkan fitur tersebut maka sobat dapat menggunakan Google Maps dengan lebih baik, sehingga sobat tidak perlu menggunakan aplikasi lain lagi.

Sekian yang bisa admin share pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat, terkhusus yang membutuhkan fitur ekstra pada Google Maps. Wassalam

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar