Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Mengakses Google Maps Tanpa Koneksi Internet dan Kuota

Cara Mengakses Google Maps Tanpa Koneksi Internet. dan Kuota, Google Maps, Android, Tanpa Internet. Mengakses google maps tanpa internet dan kuota dapat dilakukan dengan mudah sehingga peta dapat dibuka dalam posisi offline

Google Maps adalah salah satu layanan pemetaan / navigasi paling populer saat ini, tetapi tidak berarti tanpa kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu membutuhkan koneksi data atau kuota internet, sesuatu yang tidak selalu kita akses terlebih jika sobat berada didaerah pegunungan atau diluar kota. Tapi jangan bingung untuk mengatasinya sobat, Google Maps dapat diakses tanpa koneksi internet kok, caranya pun juga sangat mudah meskipun sobat harus sedikit "Proaktif".

Sebelum kita membahas langkah-langkah membuat google maps tanpa membutuhkan koneksi internet, kita akan mengupas terlebih dahulu cara kerjanya biar makin jelas.

Cara kerja akses offline Google Maps

Sobat harus mendownlad dahulu suatu wilayah atau lokasi sebelum dapat memanfaatkan Google Maps offline. Inilah yang admin maksud jika sobat harus sedikit "proaktif". Yaps, Area peta harus sobat download sebelum google maps dapat sobat buka tanpa koneksi internet.

Sobat bisa mendownload peta mulai dari ukuran kabupaten, kota, atau bahkan sampai seluruh wilayah Indonesia. Tapi semakin besar cakupan wilayah, semakin besar pula data yang dibutuhkan. Untuk rata-rata per kabupaten/kota biasanya hanya sekitar 10-25Mb.

Jika diringkas, untuk mengakses peta google maps offline adalah sobat tetap menggunakan koneksi internet pada tahap download peta. setelah itu baru peta dapat diakses tanpa internet


Baca Juga


Cara Mengakses Google Maps Tanpa Koneksi Internet. dan Kuota


Buka aplikasi Google Maps yang ada pada ponsel sobat
Kemudian buka menu lalu pilih pada opsi Offline Maps >> SELECT YOUR OWN MAP



Akan muncul peta dengan bingkai persegi yang nantinya peta didalam bingkai tersebut akan kita download. Sobat dapat menentukan lokasi mana dan seberapa besar cakupan peta yang akan dapat diakses tanpa internet (offline). Jika sudah selesai memilih lokasi, tekan Download >> Download Now.



Note: Semakin besar wilayah yang ditandai, semakin besar pula ukuran file yang harus didownload.

Untuk mengecek peta yang dapat diakses secara offline yaitu masuk ke menu pada Google Maps >> Offline Maps. Disana akan tampil peta yang telah terdownload.
Untuk membuka petanya Tekan tanda titik tiga >> View. Lalu tekan tampilan peta yang muncul.



Penting juga untuk dicatat bahwa peta ini kedaluwarsa setelah 1 Th. Kenapa? karna sebagian besar disebabkan oleh kenyataan bahwa dunia berubah cukup banyak setiap hari. Peta dinamis akan membutuhkan pembaruan agar data yang sobat miliki lebih valid. Apa yang terjadi ketika jalan baru ditambahkan, atau yang lama ditutup? Maka dari itu jika sebaiknya peta offline sobat rutin diupdate paling tidak sebulan sekali. Sobat tidak mau kan kalau tiba-tiba nyasar masuk hutan karna salah jalan? hehe..

Artikel Menarik Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar