Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Mengatasi Pesan Memori Penyimpanan Internal Penuh (Internal Storage Running Out)

Cara Mengatasi Pesan Memori Penyimpanan Internal Penuh (Internal Storage Running Out) pada Android.

Punya ponsel keren tapi menyebalkan adalah ketika sobat lagi enak-enak mau download tiba-tiba muncul notifikasi bahwa ruang penyimpanan internal hampir habis. Damn!

Berbeda dari notifikasi pesan, jika sobat mencoba untuk menutup notifikasi yang muncul dengan menggesernya seperti biasa, notifikasi tersebut tidak akan mau hilang. Jika sobat mengalami hal tersebut, santai sobat. Disini kita akan share bagaimana cara mengatasi masalah ruang penyimpanan internal hampir habis.


Solusi yang paling mudah adalah menyembunyikan notifikasi yang muncul, tetapi itu bukan solusi yang tepat karna notifikasi tersebut pastinya bakalan sering nongol di ponsel sobat. Untuk itu sobat harus mengatasi sampai ke akar masalahnya. Dan masalahnya pada dasarnya adalah ponsel sobat kehabisan memori internal. Hal ini sering terjadi pada ponsel yang memori internalnya 16GB atau kurang, tapi tidak menutup kemungkinan memori yang besarpun juga mengalami hal tersebut, contohnya saja mimin. Intinya, semua ponsel ber OS Android membutuhkan setidaknya 500MB-1GB ruang internal yang kosong (bebas) untuk berfungsi dengan normal.

Untuk memperbaikinya, sobat perlu memberikan ruang pada penyimpanan internal sobat. Setelah sobat melakukannya, notifikasi akan hilang secara otomatis. Berikut ini beberapa cara untuk melakukannya.

Cara Mengatasi Pesan Memori Penyimpanan Internal Penuh


BERSIHKAN CACHE (CLEAR CACHE)

Langkah 1: Buka Setting di ponsel sobat dan masuk ke Storage.


Langkah 2: Di bawah Storage, cari menu Chaced Data. Lalu tekan, nah sobat akan mendapatkan konfirmasi yang muncul. lalu tekan pada Ok.


CATATAN: Menghapus cache hanya akan menghapus file sementara di perangkat sobat. Hal tersebut tidak akan menghapus data penting apa pun.

Oh iya, dari Android 8.0 Oreo dan versi terbaru, Google menghapus opsi untuk menghapus cache perangkat. Namun, sobat tetap bisa melakukannya meski sedikit ribet. Yang perlu sobat lakukan adalah menghapus cache satu per satu untuk setiap aplikasi yang sobat instal.

Untuk melakukannya, pada menu Setting, buka Apps and notifications. Kemudian tekan pada setiap aplikasi dan tekan Storage. Di bawah Storage, tekanpada Clear Cache.


Baca Juga

NONAKTIFKAN BLOATWARE

Sebagian besar smartphone yang ada di pasaran, selain yang terinstall Android aplikasi stock (bawaan android), terkadang juga banyak aplikasi tambahan dari produsen ponsel atau bisa saja dari pihak distributor yang biasa disebut bloatware. Misalnya nih ya, mimin beli ponsel baru dari Lazadut. Tebak apa yang akan terjadi? Ponsel baru itu memiliki aplikasi Lazadut yang sudah terinstall, padahal kan tidak penting.

Nah, aplikasi seperti ini yang disebut bloatware dan pastinya memakan space memori sobat. Masalahnya, terkadang kita tidak dapat menuninstallnya tanpa melakukan root, maka solusi termudah adalah menonaktifkannya. Caranya?

Langkah 1: Buka Setting dan tekan Apps and notifications > App Manager > Installed Apps.


Langkah 2: Ketuk nama aplikasi yang ingin sobat nonaktifkan. Pada layar berikutnya, sobat akan mendapatkan opsi untuk menonaktifkannya (disable).


Namun terkadang sobat mungkin menemukan tombol Uninstall updates dan bukan pilihan disable. Jadi hapus instalasi pembaruan terlebih dahulu lalu nonaktifkan aplikasi.

HAPUS DATA YANG TIDAK PENTING
Jika sobat sering menggunakan aplikasi chat atau sosmed semacam WhatsApp, maka dipastikan ponsel sobat pasti sudah menyimpan banyak sekali video, foto, dan file lainnya entah dari chat atau terkadang dari grup. Mungkin juga sobat lupa menonaktifkan opsi download otomatis untuk grup WhatsApp. Jika demikian, ponsel sobat akan memiliki data yang tidak digunakan dari aplikasi lain juga. Jadi, lebih baik menghapus file seperti itu secara teratur.

Untuk melakukan itu, sobat memerlukan aplikasi seperti File Explorer. Buka folder dan subfolder seperti Media, Audio, Video, dll kemudian hapus data yang sekiranya tidak penting atau simpan pada PC jika ada.

Periksa juga folder Unduhan/Download biasanya di folder tersebut akan ada banyak file yang tidak digunakan.

GUNAKAN APLIKASI UNTUK MENEMUKAN FOLDER TERBESAR

Meskipun mudah untuk mengidentifikasi WhatsApp dan aplikasi media untuk mengambil ruang, tetapi sulit untuk mengetahui aplikasi atau folder lain mana yang memiliki banyak ruang.


Untuk mempermudah menyortir folder yang memmakan ruang penyimpanan, sobat bisa menggunakan aplikasi DiskUsage. Silahkan cari dan download di PlayStore.

BERALIH KE APLIKASI VERSI LITE (RINGAN)

Jika sobat memiliki perangkat dengan penyimpanan internal 16GB atau kurang dari itu, sobat sebaiknya mencoba beralih ke versi aplikasi Lite atau Go. Sebagian besar aplikasi populer sekarang memiliki versi lite yang memiliki ukuran lebih kecil dibanding versi utamanya.


Contoh:
Facebook Lite , Messenger Lite , Maps Go , Youtube Go dll. Cukup cari nama aplikasi yang diikuti oleh kata "Lite atau Go" di Google Play Store. Kekurangan dari aplikasi yang versi Lite atau Go yaitu, aplikasi ini akan memiliki beberapa fitur yang dihilangkan.

NONAKTIFKAN NOTIFIKASI

Jika sobat ingin mengabaikan notifikasi memori yang hampir penuh karna merasa hal tersebut baik-baik saja, solusinya yaitu dengan cara menyembunyikan notifikasi yang mucnul.

Untuk menonaktifkan notifikasi, tekan lama (tahan) pada notifikasi yang ingin disembunyikan/dinonaktifkan. Kemudian tekan Info App. Di layar berikutnya, sobat akan mendapatkan opsi Show notifications lalu hapus ceklisnya.

SINGKIRKAN SAMPAH FILE TIDAK PENTING!
Itulah beberapa cara terbaik untuk melegakan penyimpanan internal dan menghilangkan pesan memori penuh. Dari semua cara termudah adalah menghapus file atau data yang tidak sobat perlukan.

Artikel Menarik Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar