Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Mudah Menginput Data Excel Menggunakan Kamera Ponsel (Android/IOS)

Jellykom - Menginput atau memasukan data tabel pada excel merupakan tugas yang melelahkan,. Karna lembar kerja excel yang seperti sebuah tabel maka pasti akan lebih memakan waktu saat mengetik dibandingkan pada MS Word. Jika saja terdapat metode untuk mempermudah menginput data ke lembar kerja (spreadsheet).. pekerjaan sobat pasti bisa lebih mudah, terutama jika sobat hanya menggunakan sebuah ponsel Android ataupun IOS.

Mungkin ini adalah kabar gembira bagi sobat, saat ini Microsoft Excel pada ponsel sobat bisa melakukan hal tersebut. Sobat dapat langsung menginput data pada sebuah tabel dengan menggunakan kamera pada ponsel secara langsung.

Sebelum melakukan trik ini pastikan sobat memiliki aplikasi Microsoft Excel dan Account Microsoft (jika belum punya silahkan daftar gratis) ; bila tidak, sobat tidak akan bisa membuat spreadsheet baru ataupun mengedit data excel juga.

Cara  Mudah Menginput Data Excel Menggunakan Kamera  Ponsel (Android/IOS)


Jika sobat sudah login dengan akun sobat, selanjutnya untuklembar kerja baru dengan mengetuk ikon di sudut kanan atas aplikasi kemudian pilih tipe dokumen yang mau sobat buka.


Bila sobat mau menginput data dari kamera atau foto, sobat dapat melakukannya langsung dari aplikasi Excel. Caranya yaitu tekan ikon seperti tabel pada bottom toolbar untuk mengaktifkan kamera sobat. Fokus pada bagian yang mau sobat masukkan ke dalam lembar kerja (spreadsheet), sesuaikan data yang ingin diambil didalam kotak orange.


Setelah sobat mengambil gambar, aplikasi excel akan menampilkan pratinjau untuk memastikan apakah sobat mau melanjutkan dengan foto yang telah diambil. Ketuk Ceklis ✓ di layar untuk pindah ke langkah selanjutnya, ataupun ketuk tombol X mengulang langkah ini lagi.


Pada tahap ini sobat juga bisa memotong gambar dengan melakukan crop dengan mengklik ikon bingkai di pojok kanan atas


Pada tahap ini sobat bisa mengedit pratinjau. Aplikasi Excel akan menampilkan foto yang diambil disebelah menu pratinjau lalu akan memblok cell yang kemungkinan menunjukkan hasil yang dipertanyakan (diblok dengan corak merah). Tekan preview untuk melihat tiap item secara individual. Soba dapat mengabaikannya dengan memlilih Ignore. sobat dapat pula mengeditnya lagi dengan mengetuk 2 kali pada cell yang diinginkan.


Setelah dirasa selesai melakukan pratinjau, ketuk tombol Insert untuk chart/tabel ke spreadsheet sobat. Dan yang terakhir, sobat bisa mengyimpan (Save) atau langsung mengirimnya ke email atau media lainnya.


Informasi tambahan

Pada ujicoba menginput data excel menggunakan kamera ini ada dua mode yang digunakan, yaitu mengambil foto dari text yang ada pada kertas (print) dan mengambil foto dari layar. Kesimpulannya, hasil yang diambil dari kertas jauh lebih baik, terlebih yang backgroundnya kontras dengan text sehingga lebih mudah bagi aplikasi dalam membedakan pola baground dan text. Sedangkan jika mengambil dari layar (laptop), hasilnya kurang bagus dan butuh beberapa editing karna ada sedikit distorsi atau pantulan cahaya dari layar terlebih jika digunakan flash saat memfoto.

Tips ini sangat membantu terutama jika sobat menginput data tabel pada excel yang isinya adalah angka-angka yang butuh lebih banyak konsentrasi apabila diketik sambil melihat kertas. Selamat mencoba..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar