Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Mudah Uninstall dan Hapus Aplikasi di Windows 10 Sampai Bersih

Jellykom.com - Tidak berbeda jauh dari versi sebelumnya, Windows 10 juga menawarkan beberapa cara bagi sobat untuk menghapus perangkat lunak atau aplikasi yang tidak diinginkan, tetapi sebenarnya ada juga beberapa aplikasi pihak ke-3 yang membuat proses uninstall lebih bersih dibandingkan cara biasa.

Jika sobat memiliki aplikasi yang jarang atau tidak pernah lagi sobat gunakan, mungkin sekaranglah saatnya menyingkirkan aplikasi tersebut untuk mem-uninstallnya dari pada hanya memakang memori hardisk atau hanya membuat start menu sobat terlihat berantakan.

Secara default Windows 10 telah menyertakan opsi uninstall yang bisa sobat akses melalui menu Start dan melalui layar di Pengaturan atau Settings, dan bisa juga melalui Control Panel.

Setelah melakukan uninstall dengan aplikasi bawaan windows 10 cobalah lihat di folder instalan sebelumnya dan lihat juga entry Registry, pasti seringkali meninggalkan sisa sampah (ampas) dalam bentuk folder dan file sisa serta entri Registry. Dan sisa atau jejak tersebut terkadang membuat aplikasi yang membutuhkan crack tidak bisa diaktivasi kembali karna kurang clean. Itulah sebabnya sobat mungkin butuh bantuan dari uninstaller pihak ketiga misalnya saja Revo Uninstaller, IObit Uninstaller, ataupun Ashampoo UnInstaller yang dapat admin jamin mampun sepenuhnya menghapus seluruh aplikasi dengan bersih, tanpa meninggalkan jejak.

Cara standar uninstall aplikasi di windows 10

Cara Standar yaitu melakukan uninstall aplikasi menggunakan aplikasi bawaan windows, caranya sangat mudah karna tidak memerlukan aplikasi tambahan, hanya saja kurang bersih karna terkadang masih meninggalkan sisa file, folder atau entry pada registry.

Uninstall aplikasi Melalui Menu Startup



Cara pertama bisa kita lakukan uninstall aplikasi dari Start Menu Windows 10. Yang perlu sobat lakukan yaitu klik tombol Start dan cari aplikasi yang ingin sobat uninstall atau hapus, sobat bisa melakukannya baik di daftar All Apps sebelah kiri atau tiled yang muncul di sebelah kanan. Setelah itu Klik kanan aplikasinya, dan jika aplikasi tersebut dapat dihapus dengan cara ini, sobat akan melihat opsi untuk mengunistallnya setelah tampil menu pop-up. Klik Uninstall, lalu konfirmasi bahwa sobat ingin menghapus instalannya..

Uninstall aplikasi Melalui Settings



Selanjutnya meenggunakan cara kedua. Untuk lebih mempermudah sobat melihat semua aplikasi yang dapat sobat uninstall,buka Settings > Apps > Apps & features. Setelah itu akan tampil aplikasi Windows Universal dan aplikasi desktop standar, jadi sobat harus menemukan setiap aplikasi diinstal pada PC sobat di sini. Gulir ke bawah daftar untuk menemukan aplikasi yang ingin sobat hapus. Klik dan pilih Uninstall.


Baca Juga

Uninstall aplikasi Melalui Control Panel



Jika sobat lebih suka menggunakan Control Panel seperti pada windows versi sebelumnya, sobat masih bisa menggunakan opsi tersebut di Windows 10. Caranya yaitu, Buka Control Panel > Program and Features. Silahkan sobat pilih aplikasi yang ingin sobat uninstall atau hapus, kemudian tinggal klik kanan dan pilih Uninstall atau pilih Uninstall yang ada pada bagian atas list program setelah sobat mememilih aplikasinya.

Cara uninstall aplikasi di windows 10 Menggunakan Aplikasi Tambahan

Sebenarnya Uninstaller standar Windows (bawaan) memang bisa mengunistall aplikasi yang sobat mau, tetapi... sebagian aplikasi yang diuninstall tidak bersih atau clean. Sebagian aplikasi yang sobat install terkadang sering memperbanyak file/folder di seluruh sistem sobat, entah di folder document, AppData, termporary atau tempat-tempat lain dan pasti juga akan membuat entry Registry yang terkadang sulit dilacak.


Nah, uninstaller bawaan Windows ini kebanyakan tidak bisa menghapus semua file dan pengaturan yang menjadi 'file sisa' ini karna tidak menganggap bagian dari aplikasi yang telah sobat uninstall. Maka dari itu, bila sobat ingin ingin bersih-bersih windows, menggunakan uninstaller pihak ketiga adalah solusinya.

Revo Uninstaller

Revo Uninstaller dapat mengunistall aplikasi jauh lebih bersih dibandingkan dengan uninstaller bawan windows, dan bahkan dapat menghapus ekstensi yang ada browser jika sobat menggunakan versi berbayar atau pro.

Revo Installer ini memiliki tampilan atau antarmuka yang bersahabat sehingga sobat lebih mudah dalam menemukan aplikasi yang ingin diuninstall. Dan pada tahan uninstall juga akan menampilkan prosesnya yang memungkinkannya sobat memantau seluruh proses instalasi sehingga lebih akurat di masa mendatang.

Cara Menggunakan Revo Uninstaller



Untuk menggunakan Revo UnInstaller caranya dengan mengklik dua kali aplikasi yang ingin sobat hapus, atau bisa juga dengan klik kanan lalu pilih Uninstall. Nah, kelebihan aplikasi Revo Uninstaller ini yaitu dia pertama-tama akan menciptakan pemulihan (restore point) di mana sobat dapat mundur atau membatalkannya jika ternyata aplikasi yang sobat uninstall bisa membuat sistem tidak seimbang (imbalance).

Pada saat melakukan uninstall menggunakan Revo Uninstaller nantinya aplikasi tersebut akan memindai Registry untuk mencek pengaturan sisa dan bertanya apakah sobat ingin menghapusnya. Disini, sobat dapat memilih dari tiga mode — Safe, Moderate, atau Advanced (Aman, Sedang, atau Lanjutan) — akan menentukan seberapa agresif Revo Uninstaller dalam membersihkan file dan Registry. Sobat bisa memilih safe demi keamanan.

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar