Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Tips Sebelum Beli Laptop Baru yang Baik dan Benar Agar Tidak Salah Beli

Jellykom.com - Memilih dan membeli laptop atau notebook baik untuk kebutuhan pribadi atau untuk urusan bisnis terkadang bisa menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat orang bimbang dalam memilih. Mengingat harga laptop/notebook dibilang cukup mahal bagi rakjel (rakyat jelata-red), maka terkadang kita takut jika salah dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak menyesal dikemudian hari.

Maka dari itu, sebelum membeli atau memilih laptop idaman pertama-tama sobat harus melakukan riset terlebih dahulu. Mau sobat gunakan untuk apa, Spesifikasi yang bagaimana, merek apa atau kriteria lain yang bisa sobat jadikan patokan. Misalnya saja sobat ingin membeli laptop/komputer untuk kebutuhan gaming, maka sobat membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding laptop untuk office/kantor. Nah, di bawah ini adalah daftar tips ketika sobat mempertimbangkan untuk laptop atau notebook.

Sesuaikan kebutuhan

Sebelum membeli laptop baru, pastikan dahulu mau sobat gunakan untuk keperluan apa laptop tersebut. Tujuannya yaitu agar speknya tepat sasaran dan tidak buang-buang duit. Karna apa, jika spek kurang, maka laptop akan loyo dan sempoyongan saat diajak kerja. Jika dipaksa maka kalau gak sobat dulu yang setres ya leptopnya yang bakal cepat rusak. Sedangkan jika spek nya terlalu tinggi, sebenarnya tidak terlalu masalah, hanya saja sedikit mubazir karna dananya bisa untuk membeli keperluan lain misalnya saja printer.

Sebelum membeli leptop baru, pastikan sobat melakukan riset terlebih dahulu.  Dibawah ini ada gambar yang admin dapat dari luar dan mungkin bisa menjadi referensi bagi sobat.


Memilih Spesifikasi

Setelah sobat menentukan kebutuhan, maka tahap selanjutnya adalah memilih spesifikasi yang tepat. Spesifikasi mencakup komponen apa saja yang menjadi inti atau bagian-bagian dari sebuah laptop atau komputer.  Secara garis besar dapat sobat lihat pada penjelasan dibawah ini

TIPS MEMILIH SPESIFIKASI


1. Prosesor


Prosesor adalah dan akan selalu menjadi pertimbangan penting saat membeli komputer/laptop karena komponen inilah yang berperan sebagai otak dari si laptop. Ada beberapa produsen CPU / Prosesor di dunia, tetapi yang lebih dominan di Indonesia adalah Intel dan AMD.

Ada beberapa cara dalam menentukan performa dari suatu processor, secara garis besar yaitu dilihat dari core (inti) dan clock speed (kecepatan-GHz). Semakin banyak core atau inti dari sebuah processor, maka semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dalam waktu bersamaan (multitasking). Sedangkan clock speed yang biasanya diberi satuan GHz dijadikan sebagai standar dari kemampuan seberapa cepat processor dalam mengolah data (makin besar GHz makin bagus).

Ada juga patokan berdasarkan segmen konsumen, ini adalah urutan performa yang biasa dipakai Intel. Intel Atom, Intel Celeron, Intel Pentium, Intel Dual Core, Intel Core 2 Duo, Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, Intel Core i9, Intel Core X-Series (urutan terbaik dari kiri ke kanan).


2. Memori (RAM)


Memori atau biasa disebut RAM biasanya menjadi pertimbangan kedua dalam memilih spesifikasi laptop/komputer. Kombinasi processor dan RAM akan sangat menentukan 'ngebut' dan 'loyo' dari sebuah komputer.

Dalam memilih RAM ada beberapa kriteria umum, yaitu jenis DDR (DDR/DDRL) besar memori (GB), Tipe (PC-xxx) dan Frekuensi RAM (GHz).

Disini kita tidak akan terlalu mengulas RAM secara lengkap karna dalam membeli laptop biasanya yang terlihat hanya jenis DDR dan berapa GB ukurannya. Point pentingnya yaitu:
  • Jenis RAM DDRL adalah jenis ram yang lebih hemat daya dibanding DDR namun lebih mahal
  • Jenis RAM DDR4 lebih baik dibanding DDR3 namun lebih mahal
  • Makin besar kapasitas (GB) semakin baik


3. Hard Drive (HDD/SSD)


Hard drive atau perangkat penyimpanan adalah bagian yang akan menentukan seberapa besar ruang penyimpanan yang bisa ditampung dan memiliki ukuran GB (Giga Byte). Saat ini ada beberapa jenis penyimpanan yang secara umum digunakan di laptop, namun mayoritasnya adalah HDD (Hard Disk), dan selanjutnya adalah SSD (Solid State Drive).

Point pentingnya yaitu:
  • Performa (kecepatan read-write) SSD jauh jauh lebih cepat dibanding HDD
  • Harga SSD jauh lebih mahal dan HDD lebih murah meriah
  • Semakin besar kapasitas (GB) semakin bagus
  • Socket/Port HDD dan SSD sama, jadi bisa dilakukan upgrade


4. Tampilan (Display/Layar)


Display atau layar pada komputer tidak berbeda jauh dengan layar pada ponsel sobat. Yang menjadi kriteria biasanya yaitu tidak jauh-jauh dari ukuran layar. Untuk tipenya sendiri umumnya adalah LCD dan LED, beberapa menggunakan layar IPS pada laptop mahal (High-End).

Untuk ukuran layar digunakan satuan (inch). Lebar layar pada laptop umumnya 14". Sobat bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan, namun untuk desain grafis/editing sebaiknya memilih yang ukuran 15,6", 17" atau lebih besar demi kenyamanan mata sobat.

Untuk tipenya, jelas kualitass LED lebih baik dibandingkan dengan LCD. Kekurangan LCD dibandingkan LED yang paling mencolok adalah jika dilihat layar dari samping kualitas gambar menurun dan juga lebih tebal, maka dari itu pilihlah layar LED.

5. Kartu Grafis (VGA Card)


Kartu grafis atau VGA adalah komponen yang menunjang dalam mengolah data grafis. Secara umum semua laptop/komputer sudah dibekali VGA (include) yang berasal dari processor yang biasa disebut vga internal. VGA standard ini sudah cukup kalau hanya digunakan untuk browsing, game ringan atau office saja.

Jika untuk kebutuhan desain/editing atau untuk gaming, sobat membutuhkan laptop yang memiliki kartu grafis external, misalnya saja NVidia atau ATI Radeon. Kedua brand tersebut adalah raja untuk VGA pada laptop di Indonesia, namun dari segi kualitas NVidia masih lebih baik.


6. Baterai


Baterai adalah sumber tenaga laptop saat sedang tidak terhubung dengan charger/adaptor. Ada dua jenis baterai pada laptop saat ini, yaitu removable (bisa dilepas) dan non-removable (baterai tanam). Kelebihan laptop dengan baterai non-removable biasanya memiliki ukuran yang lebih tipis/slim. Sedangkan kekurangannya yaitu baterai non-removable lebih sulit diganti karna harus membongkar laptop terlebih dahulu.

Kapasitas baterai laptop biasanya ditentukan dari jumlah cell baterai, ada yang menggunakan 3, 6 atau 9. Makin banyak jumlah cel baterai maka semakin besar pula kapasitas baterainya (mAH) dan makin lama pula laptop bisa dioperasikan tanpa perlu terkoneksi dengan adaptor/charger.


Baca Juga


7. Berat


Berat adalah pertimbangan penting lainnya jika sobat mempertimbangkan point portable dan fleksibilitas. Laptop pasti dipilih karna bisa dibawa kemana-mana, maka dari itu sobat harus mempertimbangkan beratnya. Jangan sampai sakit punggung karna memiliki laptop yang terlalu berat.

Berat pada laptop dipengaruhi oleh beberapa aspek dibawah:
  • Layar LED lebih tipis dibanding LCD
  • Semakin tipis laptop semakin ringan
  • Semakin kecil ukuran layar semakin ringan
  • Laptop dengan baterai tanam lebih ringan
  • Jumlah cell baterai semakin sedikit makin ringan
Jika sobat sangat mengutamakan laptop yang ringan, maka sebaiknya memilih Netbook.


8. OS (Sistem Operasi)


Sistem operasi adalah bagian dari perangkat lunak sebuah komputer. Sobat tidak perlu terlalu memusingkan sistem operasi dalam memilih laptop. Jika sobat ingin mencari laptop yang lebih murah, pilih saja yang memiliki OS linux atau DOS (tanpa OS). Untuk OS DOS, setelah deal beli biasanya akan ditanyakan "mau diinstal OS apa?" oleh penjual dengan tanpa biaya tambahan jika menggunakan windows bajakan (Hm...).

Sedangkan untuk laptop dengan OS windows asli/original biasanya memiliki stiker windows dan laptop akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal (selisih bisa ratusan ribu) dibanding OS DOS/Linux pada laptop dengan spesifikasi yang sama.

9. Merek Laptop


Saat membeli laptop pasti sobat akan kebingungan dalam memilih brand atau mereknya. Mulai dari Asus, Acer, Dell, Toshiba, Lenovo, HP, Axio dll. Semua brand tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan yang pasti tidak ada yang sempurna.

Hal yang dijadikan patokan dari merek bagus yaitu garansi dan service centernya. Semakin lama waktu garansi yang diberikan biasanya semakin baik karna brand tersebut berani menjamin jika laptop rusak sebelum tempo garansi habis akan diberikan servis gratis dan biasanya sebelum garansi habis nggak bakal rusak. Juga, jangan lupa cari yang memiliki service center resmi di kota sobat agar tidak susah dalam klaim garansi.

Cobalah mencari testimoni dari internet atau teman dekat tentang merek-merek laptop yang sobat inginkan. Kalau dari admin sendiri biasanya memilih yang familier dan gak terlalu mahal. Why? karna mimin bukan anak pejabat dan bukan horang kaya guys.

Alasan memilih brand familier/umum karna jika ada kerusakan lebih mudah mencari suku cadang atau mencari kanibalan dan tutorial perbaikan juga banyak diinternet. Selain itu, biasanya harga jual second juga tidak terlalu jebluk. Contoh brand yang biasa admin pilih yaitu Azuz atau Azer.

Cari brand dengan spesifikasi yang setara tapi memiliki harga yang lebih murah. Untuk harga biasanya Azer lebih murah dibandingkan Azuz.

Memilih brand bagus yaitu lihat brand apa yang dipakai sama teman sobat, bandingkan mana yang awet dan mana cepat rusak. Kalu bisa pinjem sekalian lalu coba-coba bentar agar tau enak dipakai apa tidak.

Dan yang terpenting, Jangan Terburu-Buru... Santuy dan selow, pikir matang-matang biar nantinya sobat tidak kecewa. Jika terlanjur salah beli terus jual lagi pada hari yang sama di toko yang sama harga laptop sobat akan turun 500rb karna dianggap barang second (ada teman yang mengalami karna salah beli katanya)

Sekian tentang artikel yang dapat sobat jadikan sebagai rekomendasi dalam memilih laptop idaman sobat. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu sobat menemukan jalan yang benar hehe... Wassalam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar