Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Reset Printer Epson L110-L210-L300-L350-L355 Untuk Atasi Printer Hanya Kedip

Printer merupakan kebutuhan penting untuk berbagai kalangan, mulai dari siswa sekolah yang ingin membuat makalah, mahasiswa yang akan membuat tugas akhir atau skripsi, hingga perusahaan atau instansi yang akan membuat laporan harian atau bulanan karna tidak semua laporan dapat diterima hanya dalam bentuk soft copy saja.

Seperti kebanyakan mesin, printer pun juga tidak luput dari kendala atau error. Error yang kita maksud disini adalah error pada softwarenya, dimana sebenarnya hardware printer yang kita anggap baik-baik saja dan dipastikan tinta pada tangkinya masih cukup tetapi tidak bisa digunakan untuk mencetak dan hanya memunculkan pesan error dengan dibarengi indikator yang berkedip atau blinking.


Untuk mengatasi eror karna masalah software, kebanyakan printer epson terjadi karena printer mendeteksi bila pencetakan melebihi batas yang telah ditetapkan (over print). Yang perlu ktia lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah degnan melakukan reset. Ada dua metode atau cara untuk melakukan reset pada printer epson L series (L110-L210-L300-L350-L355), yaitu dengan melakukan reset secara langsung jika hanya perlu mereset Ink Levelnya. Namun untuk melakukan reset dan maintenance lain sobat membutuhkan aplikasi resetter.


Cara Manual Reset Printer Epson L110-L210-L300-L350-L355 Langsung Tanpa Aplikasi

1. Silahkan sobat lepas atau cabut saja kabel power printer selama kurang lebih 5 menit atau lebih
2. Colokan kembali kabelnua kemudian tekan dan tahan tombol power + tombol resume (logo tinta) tahan 5 detik lalu lepas
3. Tekan dan tahan lagi selama 3 detik kemudian lepas (seperti pada tahap 2)
4. Biarkan printer selama beberapa saat, jika proses reset berhasil maka printer akan kembali normal

Note: Jika cara diatas gagal, maka reset printer dengan menggunakan software resetter

Cara Reset Printer Epson L110-L210-L300-L350-L355 Dengan Software Resetter


1. Download aplikasi Resetter Epson Adjustment Program (732kb)
2. Ekstrak kemudian jalankan file Adjprogcracked.exe. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
3. Pilih Particular adjustment mode. Kemudian pilih Model Name sesuai tipe printer sobat dan pilih Port yang digunakan (USB xxx)

4. Lalu akan muncul list fungsi pengoperasian printer. Pilih Waste Ink Pad Counter pada bagian maintenance, lalu klik Ok
5. Setelah itu akan muncul menu dialog Waste Ink Pad Counter, centang pada tulisan Main Pad Counter lalu klik check


6. Tunggu beberapa saat karna aplikasi akan menghintung jumlah total dari penggunaan printer tersebut. Jika sudah muncul jumlahnya, kemudian sobat centang lagi pada Main Pad Counter kemudian Klik Initialization. Tunggu sampa proses selesai, jika berhasil maka akan mucnul pesan untuk melakukan power off pada printer.


7.Matikan printer kemudian nyalakan kembali dan seharusnya printer dapat digunakan kembali. Lakukan tset print untuk ujicoba.

Sangat mudah bukan? dibandingkan sobat harus ribet membawanya ke tukang service dan keluar duit jauh lebih mudah melakukan reset sendiri karna di tukang service pun cara yang dilakukan juga sama. Selamat mencoba, semoga berhasil.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar