Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Mengecas Lama? Ini Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Pengisian Baterai Ponsel!

Baterai adalah komponen pada smartphone yang dayanya akan berkurang atau habis pada saat sobat menggunakannya. Maka dari itu bagi pengguna smartphone paling tidak akan mengisi ulang smartphone sehari sekali.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi lamanya waktu pengisian baterai pada ponsel, mulai dari Adaptor, Kabel hingga Ponsel yang bersangkutan. Namun, yang membuat penasaran adalah kenapa lama waktu untuk meng-charge ponsel bisa berbeda meskipun adaptor, kabel, dan ponsel yang digunakan sama. Nah, jika sobat penasaran dengan hal tersebut, maka kali ini kita akan membahas topik mengenai faktor yang mempengaruhi waktu charge ponsel.

1. Adaptor

Adaptor adalah alat yang digunakan untuk mengubah arus AC dari stop kontak PLN dan mengubahnya menjadi arus DC yang sesuai untuk mengisi daya ponsel sobat. Dalam adaptor ini, sobat akan menemukan spesifikasi yang paling umum adalah WATT dan AMPERE. Dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda namun saling berkaitan, namun pengaruhnya sama yaitu dapat berefek pada lama atau cepatnya mengisi daya ponsel.


WATT adaptor disini diartikan sebagai kemampuan adaptor dalam mengubah energi/daya. Misalnya sobat akan menemukan adaptor dengan daya 10 Watt. Maka total Ampere adaptor sobat adalah 2A. Mengapa bisa begitu? Karena standar Voltase Output charger adalah 5V. Jadi 10W/5V=2A. Begitu pula sebaliknya, jika sobat memiliki Charger 1Ampere, maka dapat dipastikan jika adaptor sobat memiliki daya 5Watt.

Adaptor Quick Charge/Fast Charging Untuk tipe adaptor yang mendukung QuickCharge 3.0 atau diatasnya, maka sobat akan menemukan beberapa voltase dan ampere sekaligus, istilah tersebut biasa disebut Adaptive Voltage. Ciri-cirinya yaitu terdapat spesifikasi kurang lebih berupa 5V/3A, 9V/2, 12V/2A.

Jika dirubah dalam Watt:
5V x 3A = 15W
9V x 2A = 18W
12V x 2A = 24W
Yang artinya, adaptor sobat memiliki daya maksimal 24 Watt karena nilai tersebut adalah yang paling besar.

Lantas bagaimana kaitan watt/ampere terhadap kecepatan charge ponsel. Simak penjelasan dibawah ini Jika kapasitas baterai ponsel 4000mAh (4Ah) , maka apabila dicas menggunakan Adaptor 2A maka daya akan terisi penuh setelah 2 Jam (4Ah/2A=2h). Jika dicas dengan adaptor 3A maka daya akan terisi penuh setelah 1,3 jam (4Ah/3A=1,3h). Gunakan rumus Wh = V x Ih

2. Kabel

Kabel adalah alat yang digunakan sebagai media transmisi yang menyalurkan daya dari adaptor menuju ponsel. Meskipun kabel memiliki bentuk yang sangat sederhana, namun dalam kaitannya terhadap kecepatan charging HP benda ini tidak dapat diremehkan sob.


Dalam hal perkabelan, sangat dipengaruhi dengan besar penampang dan panjang kabel. admin akan menjelaskan dibawah ini secara singkat, semoga tidak ruwet.

1.Makin besar kabel maka semakin sedikit hambatan, artinya tidak ada daya yang terhambat di perjalanan dari adaptor ke ponsel. Jika terdapat arus 2A dari adaptor, maka arus 2A tersebut lah yang akan dikirim kabel menuju ponsel. Tetapi jika kabel terlalu kecil/jelek, maka sebagian daya akan hilang di kabel dan dipastikan daya yang dikirimkan kabel akan kurang dari 2A.

2.Makin panjang kabel maka semakin besar hambatan, artinya semakin panjang kabel resistensinya akan bertambah yang membuat arus berkurang. Maka dari itu, jangan menggunakan kabel yang terlalu panjang untuk mencharge ponsel.


Baca Juga

3. Smartphone

Untuk hal ini, sobat dapat melihat spesifikasi pada dus box ponsel atau melihatnya di gsmarena sehingga sobat dapat memastikan spesifikasi chargging ponsel sobat.

(Fast Charging 18Watt adalah Fast Charging 3.0)

Pada Smartphone pengisian daya dipengaruhi oleh tipe USB, jika lubang charger ponsel sobat menggunakan MicroUSB maka dipastikan maksimal daya yang bisa digunakan adalah 2A atau fastcharge 2.0. Sedangkan jika ponsel sobat menggunakan USB type C maka kebanyakan ponsel suport fastcharge 3.0 atau diatasnya (Tergantung SoC yang digunakan).

Secara garis besar, dari point 1 sampai 3 dapat diringkas pada tabel dibawah ini:

Dari ketiga hal utama diatas, ada juga hal sekunder yang mempengaruhi kecepatan pengisian baterai sobat, salah satunya adalah suhu yang terlalu tinggi. Pada saat baterai dicharge, maka akan terjadi proses kimia pada sel elektrolit baterai yang akan menimbulkan panas. Jika suhu baterai terlalu tinggi, maka mekanisme perlindungan pada ponsel akan mencegah ponsel di isi daya untuk mencegah baterai cepat rusak atau bahkan terbakar dan meledak. Baca artikel Penyebab Baterai Meledak. Maka dari itu sistem akan sementara menghentikan pengisian daya sampai suhu baterai turun atau mengurangi arus yang masuk. Hal inilah yang menyebabkan pengisian ponsel sobat menjadi lama.

Untuk tipe ponsel tertentu, apabila suhu baterai 38 Celcius, maka ampere yang masuk akan menurun dan bahkan akan menghentikan pengisian jika suhu melebihi 40 Celcius. Maka dari itu pastikan ponsel sobat dingin dan jangan dioperasikan saat di charge. Menjaga suhu baterai tetap dingin juga bisa memperawet masa pakai baterai. Untuk lebih mempermudah, sobat bisa menggunakan aplikasi Battery Guru seperti dibawah ini

Sekian pembahasan kita mengenai Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Pengisian Baterai Ponsel,emoga bisa meranfaat.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar