Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Apa itu Baterai LiFePO4 (LPO) Dan Kelebiannya Dibanding Baterai Lithium Lain

Halo sobat, setelah cukup lama tidak posting di blog jellykom.com, kali ini kita akan membahas sedikit mengenai dunia perbateraian karena penulis cukup tertarik karena memiliki project yang berhubungan dengan baterai. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah jenis baterai yang naik daun karena perkembangan mobil listrik, yaitu baterai LFP. Baterai LiFePO4 adalah jenis baterai lithium yang dapat diisi ulang kembali (rechargeble) yang dibuat atau diproduksi dari bahan iron phosphate pada katodanya. LiFePO4 ini juga biasa disebut dengan LFP atau “lithium ferrophosphate”.
Dan bagi sobat yang masih kurang akrab dengan sebutan baterai diatas, mungkin sobat lebih mengenal dengan jenis baterai Lithium Polymer (Li-Po) dan Lithium Ion (Li-Ion). Ya, Jenis baterai diatas hampir sama, hanya beda bahan penyusuh saja sehingga memiliki karakteristik yang berbeda dan sobat dapat menemukan kedua jenis baterai tersebut di semua jenis smartphone yang ada saat ini, termasuk smartphone yang sobat pakai sekarang.
Karena jenis baterai ini memiliki banyak kelebihan, maka LifePO4 ini sekarang menjadi salah satu jenis baterai yang sedang naik daun. Selain dari durabilitas atau masa pakai baterai yang lebih tinggi, baterai ini juga memiliki keamanan yang lebih baik karna diklaim tidak akan bisa meledak seperti baterai Lipo/LiIon. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat simak lagi dibawah ini.

Baterai LiFePO4 vs. Baterai Lain



Sekarang setelah kita mengetahui apa itu baterai LiFePO4, mari kita bahas apa yang membuat LiFePO4 lebih baik daripada baterai lithium ion dan baterai lithium lainnya.
Meskipun baterai LiFePO4 bukan yang terbaik untuk perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan (berkat kepadatan energi yang lebih rendah dibandingkan dengan baterai lithium-ion lainnya), baterai ini ternyata menjadi yang terbaik sejauh ini, untuk hal-hal seperti sistem panel surya, RV, mobil listrik, sepeda motor listrik dan aplikasi serupa. Mengapa?
Nah, untuk satu, siklus hidup atau lifecycle baterai LiFePO4 lebih dari 4x baterai lithium ion lainnya dan 10x lipat dibanding baterai asam timbal (aki).
Ini juga merupakan jenis baterai lithium teraman di pasaran, lebih aman daripada lithium ion dan jenis baterai lainnya.
Tidak hanya itu sobat, baterai lithium juga memiliki siklus hidup yang lebih lama daripada baterai timbal-asam alias aki/accu. Baterai LiFePO4 juga bisa bertahan sangat lama. Baterai lifepo4 yang berkualitas baik bisa disiulang sekitar 3000 siklus, pada siklus pengisian / pengosongan 100% penuh. Jika sobat melakukannya setiap hari, itu berarti bisa bertahan selama lebih dari 8 tahun! Dan, Lifepo4 bahkan dapat bertahan lebih lama lagi bila digunakan dalam siklus kurang dari-100%, atau bila dijabarkan dengan hubungan linier: siklus pengosongan 50% berarti dua kali siklus, siklus pengosongan 33% dan Anda dapat mengharapkan tiga kali siklus jika sobat membandingkan dengan pengisian penuh 100%.
Inilah mengapa baterai LiFePO4 lebih baik daripada tidak hanya lithium ion, tetapi jenis baterai lain secara umum. Lebih detilnya beberapa hal dibawah ini bisa sobat simak lebih dalam lagi.

Komposisi Kimia yang Aman dan Stabil



Keamanan baterai lithium penting. Baterai laptop/hp/powerbank terbuat dari lithium-ion yang memungkinkan "meledak" jika terjadi failur atau kegagalan sistem
Baterai LifePO4 memiliki bahan kimia lithium paling aman. Itu karena lithium iron phosphate memiliki stabilitas termal dan struktural yang lebih baik. Ini berarti tidak mudah terbakar dan dapat menahan suhu tinggi tanpa terdegradasi. LifePO4 juga tidak rentan terhadap thermal runaway atau panas diluar kendali sehihngga akan tetap dingin pada suhu ruangan.
Jika Sobat membuat baterai LiFePO4 terkena suhu yang tinggi atau kejadian berbahaya (seperti korsleting, tertusuk atau tabrakan), baterai tidak akan memicu kebakaran atau meledak. Maka dari itu baterai ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk jenis kendaraan sperti mobil maupun motor listrik karena lebih aman bagi pengendaranya.

Keamanan Lingkungan

Baterai LiFePO4 sudah menjadi anugerah bagi planet kita karena dapat diisi ulang yang nantinya bisa mengurangi limbah. Tapi keramahan lingkungan mereka tidak berhenti di situ. Tidak seperti aki, baterai lithium asam timbal dan nikel oksida, baterai ini tidak beracun dan tidak akan bocor. Sobat juga dapat mendaur ulangnya. Dan kaerena Sobat tidak perlu sering melakukannya karena LiFePO4 bertahan 5000 siklus. Itu berarti Sobat dapat mengisi ulang mereka (setidaknya) 5.000 kali. Sebagai perbandingan, baterai asam/aki timbal hanya bertahan 300-400 siklus.



Efisiensi dan Kinerja Luar Biasa

  • Sobat menginginkan baterai yang aman dan tidak beracun. Tetapi Sobat juga menginginkan baterai yang berkinerja baik. Statistik ini membuktikan bahwa LiFePO4 memberikan semua itu dan lebih banyak lagi:
  • Efisiensi pengisian daya: baterai LiFePO4 akan terisi penuh dalam 2 jam atau kurang (tergantung spesifikasi). 
  • Tingkat self-discharge saat tidak digunakan: Hanya 2% per bulan. (Dibandingkan dengan 30% untuk baterai asam timbal). 
  • Waktu guna (runtime) lebih tinggi dari baterai asam timbal / baterai lithium lainnya. 
  • Daya yang konsisten: jumlah arus listrik yang sama bahkan ketika masa pakai baterai di bawah 50%. 
  • Tidak diperlukan perawatan tambahan.

Kecil dan Ringan

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan untuk membuat baterai LiFePO4 lebih baik. Berbicara tentang penimbangan–mereka benar-benar ringan. Bahkan, mereka hampir 50% lebih ringan dari baterai lithium mangan oksida. Beratnya hingga 70% lebih ringan dari baterai asam timbal atau aki yang bisa sobat temukan di motor atau mobil..
Saat Sobat menggunakan baterai LiFePO4 di dalam kendaraan, ini berarti penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit, dan kemampuan manuver yang lebih baik. Mereka juga kompak, membebaskan ruang pada sepeda listrik, motor listrik ataupun mobil listrik yang sekarang makin populer.

Kekurangan LifePO4

Tidak adil rasanya jika kita dari tadi hanya membahas mengenai kelebihannya saja bukan, karna memang lebih banyak kelebihan yang bisa kita bahas dibanding kekurangnnya. Salah satu kelebihan terbesar mungkin dari sisi harga saja sob.
Mengapa LiFePO4 begitu mahal? Baterai LiFePO4 biasanya lebih mahal di bagian depan alias pas pertama kali beli, tetapi lebih murah untuk jangka panjang karena tahan lama dan minim perawatn. Harganya lebih mahal di muka karena bahan yang digunakan untuk membuatnya lebih mahal, tetapi orang masih memilihnya daripada baterai lain karena banyak keunggulan yang dimiliki LiFePO4 dibandingkan baterai lain. Misalnya, jauh lebih ringan daripada asam timbal dan banyak jenis baterai lainnya, jauh lebih aman, lebih tahan lama, dan tidak memerlukan perawatan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar