Trik Meningkatkan Performa Windows 10 Agar Tidak Lemot!

Sebenarnya sistem operasi Windows 10 sudah cukup efisien dan mempunyai performa yang baik menggunakan pengaturan default bawaan sistem. Namun, masih ada cara untuk mempercepat Windows 10 bahkan lebih lanjay lagi.

Sobat dapat mencoba salah satu trik atau lebih dari pilihan dibawah ini untuk mempercepat Windows 10.

  • Matikan shadowing and visual effects
  • Sesuaikan Windows power settings
  • Lakukan Windows System Maintenance
  • Stop / hapus TSRs dan mendisable startup programs
  • Bersihkan registri Windows

Matikan shadowing and visual effects

Windows 10 memberikan tampilan yang menarik baik dalam bentuk teks, ikon, dan tampilan lainnya. Walaupun mungkin terlihat bagus namun sebenarnya hal itu butuh sumberdaya juga. Fitur yang dikenal sebagai shadowing and visual effects, menggunakan sumber daya sistem, yang dapat menyebabkan Windows soabt berjalan lebih lambat.

Baca juga : Pantau Suhu Laptop Secara Real Time (CPU GPU HDD)

Untuk mematikannya ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Dalam kotak teks pencarian Windows, di samping tombol Start pada taskbar , masukan sysdm.cpl dan tekan Enter. atau tekan Win + R lalu masukan 'sysdm.cpl' lalu enter
  2. Pada System Properties window, klik tab Advenced.
  3. Pada tab Advanced, klik tombol Settings pada bagian Performance
  4. Pada jendela Performance Options, pilih Adjust for best performance, kemudian klik tombol OK.

Tip: Jika sobat memiliki file gambar dan ingin melihat thumbnail dari gambar tersebut sebagai icon untuk file, centang kotak Show thumbnails instead of icons.

Sesuaikan Windows power settings

Komputer apapun pasti menggunakan power alias daya. Namun, bagaimana dan di mana komputer menggunakan power bukanlah sesuatu yang umum diketahui. Secara default, sistem operasi Windows sering memanfaatkan penggunaan power yang dapat mengakibatkan kinerja komputer lebih lambat. Jika sobat memiliki komputer desktop, ataupun laptop yang terhubung ke adaptor  atau charger, sobat dapat menyesuaikan pengaturan power/daya yang digunakan oleh Windows dan meningkatkan kinerja komputer sobat.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Folder (Super Aman)

Catatan: Jika sobat memiliki laptop dan menggunakan baterai dan tidak terhubung dengan adaptor / charger, dianjurkan untuk tidak menyesuaikan power plan. Coz, baterai dapat habis lebih cepat jika sobat menyesuaikan power plan untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi pada Windows sobat.

Untuk melihat dan menyesuaikan power plan di Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka Control Panel .
  2. Cari dan klik Power Options.
  3. Di jendela Power Options, pilih High performance, kemudian tutup jendela.

Jika sobat ingin menyesuaikan atau pengaturan dari High performance, klik Change plan settings. sobat dapat menyesuaikan pengaturan daya di jendela Edit Plan Settings, atau klik Change advanced power settings untuk pengaturan lebih lanjut.

Lakukan Windows System Maintenance

Windows 10 memiliki tools utilitas untuk memaintenence atau pemeliharaan yang dapat membantu sobat menemukan dan memperbaiki masalah dalam sistem operasi sobat. Hal ini juga dapat mengidentifikasi dan menjalankan proses yang dapat membantu meningkatkan kinerja komputer jika mengalami lemot atau elor.

Untuk mengakses dan menggunakan Windows System Maintenance, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Dalam kotak teks pencarian Windows, di samping tombol Start pada taskbar , ketikan system maintenance, kemudian tekan Enter.
  2. pada jendela Security and Maintanance, klik Troubleshooting.
  3. Pada jendela Troubleshooting, di bawah bagian System and security, klik Run maintenance tasks.
  4. Klik Next untuk menjalankan Troubleshooting. Jika muncul pesan yang mengatakan 'run the Troubleshooter as an administrator', klik pilihan Try troubleshooting as an administrator
  5. Jika ada kesalahan atau masalah yang ditemukan, atau saran yang disediakan, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan untuk memperbaiki kesalahan dan masalah tersebut 


Stop / menghapus TSRs dan medisable program startup

Program dan proses yang berjalan di latar belakang atau background, yang dikenal sebagai TSRs, menggunakan memori pada komputer dan dapat menyebabkan komputer berjalan lebih lambat dari biasanya.
Beberapa program dan proses yang tidak penting pada sistem operasi Windows tersebut sebaiknya dinonaktifkan untuk mengurangi penggunaan sumberdaya baik ram ataupun prosesor.

Untuk mematikan dan menonaktifkan TSRs dan program lain pada saat startup Windows, ikuti langkah-langkah yang disediakan pada halaman web terkait di bawah ini.

Bagaimana menghapus TSRs dan startup program
Jika Anda tidak yakin program dan proses yang akan/sebaiknya dimatikan dan dinonaktifkan, kunjungi Should I Block It di bawah ini dan cari nama proses atau program yang sobat butuhkan. Situs  Should I Block It Ini dapat membantu sobat menentukan apakah proses atau program yang sebenarnya diperlukan atau tidak untuk OS Windows, atau software lain.
Should I Block It?

Bersihkan registri Windows

Registri Windows menyimpan banyak informasi tentang sistem operasi , perangkat lunak, dan file lainnya. Jika ada informasi yang bermasalah, shortcut program yang tidak benar, atau masalah lain, dapat menyebabkan komputer berjalan lambat. Masalah dalam registri juga dapat menyebabkan Eror, termasuk BSOD atau Blue Screen Of Death.

Memperbaiki masalah dalam registri dapat membantu untuk mempercepat performa komputer, membuatnya lebih efisien, dan mengatasi kesalahan. Registri sangat kompleks dan bukan sesuatu yang sobat dapat memperbaikinya secara manual, karena dapat menyebabkan masalah atau kerusakan jadi makin parah. Menggunakan aplikasi tambahan registry cleaner adalah solusi yang lebih baik.

Berikut adalah pembersih beberapa registri yang admin rekomendasikan karna bagus, gratis dan ukuranya kecil

  • CCleaner - fix masalah registry, termasuk beberapa tools tambahan untuk mempercepat komputer sobat
  • EasyCleaner - basic dalam mengatasi atau fix registry, tetapi cukup powerful 
  • Glary Utilities - registry cleaner yang powerful plus beberapa tools tambahan untuk melegakan ruang hard drive dan meningkatkan kinerja komputer sobat

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser